Comscore Tracker

5 Pemain Termuda Timnas Spanyol di Piala Eropa, Pedri Pecahkan Rekor!

Pedri membela Spanyol di Piala Eropa 2020 

Spanyol adalah salah satu negara dalam sejarah Piala Eropa. Timnas Spanyol sudah pernah menjadi juara di Piala Eropa sebanyak 3 kali, tepatnya pada edisi 1964, 2008 dan terakhir 2012. Pada gelaran kali ini, timnas Spanyol mengandalkan pemain-pemain yang terbilang muda. Salah satu pemain mudanya pun telah dimainkan pada pertandingan pertama melawan Swedia.

Bahkan, Pedri mencatatkan rekor baru sebagai pemain termuda timnas Spanyol yang pernah bermain di Piala Eropa. Sebelumnya, Spanyol sudah beberapa kali mengandalkan pemain muda di Piala Eropa. Siapa saja pemain termuda timnas Spanyol dalam sejarah Piala Eropa? Berikut ulasannya.

1. Pedri

5 Pemain Termuda Timnas Spanyol di Piala Eropa, Pedri Pecahkan Rekor!Pedri (barcablaugranes.com)

Pedri menjadi pemain termuda timnas Spanyol yang tampil di Piala Eropa. Ia menjalani debut di Piala Eropa bersama timnas Spanyol pada edisi tahun 2021 ini. Ia tampil perdana di Piala Eropa pada 14 Juni 2021 lalu, tepatnya saat timnas Spanyol menjalani pertandingan babak grup menghadapi Swedia.

Dalam laga tersebut, Pedri masih berusia 18 tahun, 6 bulan, dan 20 hari. Pemain Barcelona tersebut hingga kini sudah membela timnas Spanyol dalam 4 pertandingan. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini tentu saja digadang-gadang bisa jadi andalan masa depan timnas Spanyol.

2. Miguel Tendillo

5 Pemain Termuda Timnas Spanyol di Piala Eropa, Pedri Pecahkan Rekor!Miguel Tendillo (transfermarkt.com)

Pemegang rekor pemain termuda timnas Spanyol di Piala Eropa sebelum dipecahkan Pedri adalah Miguel Tendillo. Mantan pemain Real Madrid ini menjalani debut di Piala Eropa pada 12 Juni 1980. Saat itu, Spanyol menjalani pertandingan menghadapi Italia. 

Dalam laga tersebut, Tendillo masih berusia 19 tahun, 4 bulan, dan 11 hari. Hingga gantung sepatu pada tahun 1993, ia telah membela El Matador dalam 28 pertandingan. Tendillo sendiri adalah pemain yang berposisi sebagai bek tengah. 

Baca Juga: Tampil Apik, 5 Pemain Ini Tak Dipanggil Timnas Spanyol di Euro 2020

3. Fernando Torres

5 Pemain Termuda Timnas Spanyol di Piala Eropa, Pedri Pecahkan Rekor!Fernando Torres (skysports.com)

Fernando Torres juga menjadi salah satu pemain yang bersinar sejak usia muda. Pemain berposisi striker ini pertama kali membela timnas Spanyol di Piala Eropa pada edisi tahun 2004. Laga pertamanya terjadi pada saat menghadapi Rusia dalam babak grup.

Pada pertandingan yang digelar 12 Juni 2004 tersebut, Torres masih berusia 20 tahun, 2 bulan, dan 23 hari. Mantan pemain Liverpool, Chelsea hingga Atletico Madrid ini cukup banyak mendapat kesempatan tampil bersama timnas Spanyol. Pemain yang telah gantung sepatu itu mencatatkan 110 caps dengan torehan 38 gol.

4. Cesc Fabregas

5 Pemain Termuda Timnas Spanyol di Piala Eropa, Pedri Pecahkan Rekor!Cesc Fabregas (beinsports.com)

Berikutnya juga tak kalah populer dengan nama-nama sebelumnya. Cesc Fabregas menjadi salah satu pemain Spanyol yang cukup sukses. Ia tampil perdana bersama timnas Spanyol di ajang Piala Eropa pada 10 Juni 2008.

Saat usianya masih 20 tahun, 1 bulan dan 6 hari, Fabregas diturunkan timnas Spanyol menghadapi Rusia dalam pertandingan babak grup. Bersama timnas Spanyol, pemain yang kini membela AS Monaco ini menciptakan 15 gol dari 110 penampilan.

5. Gerard Lopez

5 Pemain Termuda Timnas Spanyol di Piala Eropa, Pedri Pecahkan Rekor!Gerard Lopez (mundodeportivo.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Gerard Lopez yang telah gantung sepatu pada tahun 2011. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu menjalani debut bersama timnas Spanyol di Piala Eropa 2000, tepatnya pada 25 Juni 1996. Saat itu, Spanyol menjalani pertandingan menghadapi Prancis.

Dalam laga tersebut, Gerard Lopez masih berusia 21 tahun, 3 bulan, dan 12 hari. Sebelum gantung sepatu, mantan pemain Barcelona tersebut telah tampil dalam 6 pertandingan bersama timnas Spanyol dengan catatan 11 gol.

 

Rekor yang dipecahkan Pedri tampaknya akan bertahan lama. Tak muda bagi pemain muda untuk memecahkan rekor ini. Pedri saja memecahkan rekor ini setelah 40 tahun lebih.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Sepanjang Sejarah Piala Eropa, Bellingham Terbaru!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya