Comscore Tracker

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Arsenal di Era Arsene Wenger

Ada pemegang rekor pemain termuda Arsenal lho!

Arsene Wenger menjadi sosok yang lekat sekali dengan salah satu klub elite Premier League, yakni Arsenal. Pria asal Prancis tersebut menjadi pelatih yang cukup lama menangani The Gunners. Di mana Wenger menjadi juru taktik klub London tersebut sejak musim 1996/1997 hingga akhir karier kepelatihannya di musim 2017/2018.

Banyak pemain telah diandalkan Wenger saat membesut Arsenal hingga meraih berbagai prestasi. Wenger dikenal sebagai pelatih yang gemar mengorbitkan pemain muda potensial. Tak sedikit pemain muda yang diberi kesempatan tampil oleh Wenger saat melatih Arsenal. Berikut daftar pemain termuda yang debut bersama Arsenal di era Arsene Wenger. 

1. Cesc Fabregas

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Arsenal di Era Arsene Wengerpremierleague.com

Pemain termuda yang debut bersama Arsenal di era Arsene Wenger adalah Cesc Fabregas. Gelandang asal Spanyol ini juga menjadi pemain termuda yang debut bersama Arsenal sepanjang sejarah. Pemain yang kini membela AS Monaco tersebut menjalani debut di di bawah asuhan Arsene Wenger pada 28 Oktober 2003.

Saat itu The Gunners menghadapi Rotherham di Piala Liga dan Fabregas masih berusia 16 tahun, 5 bulan dan 24 hari. Meskipun cukup lama berseragam Arsenal, Fabregas lebih sukses saat membela Barcelona dan Chelsea. Pemain gelandang ini mencatatkan 304 penampilan bersama The Gunners dengan torehan 57 gol dan 92 assist.

2. Jack Wilshere

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Arsenal di Era Arsene Wengertheshortfuse.sbnation.com

Pemain berikutnya yaitu Jack Wilshere yang menjadi pemain termuda Arsenal yang debut di Premier League. Pemain berkebangsaan Inggris ini tampil perdana membela The Gunners pada 13 September 2008. Saat itu Wilshere membela Arsenal saat menghadapi Blackburn Rovers.

Dalam laga tersebut, pemain gelandang ini masih berusia 16 tahun, 8 bulan dan 12 hari. Selama menjadi bagian The Gunners, Wilshere tampil dalam 198 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut ia menorehkan 14 gol dan 30 assist. Saat ini pemain 28 tahun ini berstatus tanpa klub.

3. Jermaine Pennant

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Arsenal di Era Arsene Wengermirror.co.uk

Sebelum kedua pemain tersebut, Jermaine Pennant lebih dulu tercatat sebagai pemain termuda yang debut bersama Arsenal di era Arsene Wenger. Tepatnya pada 30 November 1999 pemain berkebangsaan Inggris ini membela Arsenal saat menghadapi Middlesbrough di ajang Piala Liga.

Dalam laga tersebut, Pennant masih berusia 16 tahun, 10 bulan dan 15 hari. Sepanjang kariernya, ia hanya membela The Gunners dalam 26 pertandingan di semua kompetisi. Pemain sayap kanan ini harus mengakhiri karier pada tahun 2018.

Baca Juga: Mesut Ozil Terdepak dari Skuat Arsenal di Liga Inggris

4. Ryan Smith

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Arsenal di Era Arsene Wengerarsenal.com

Pemain berikutnya ini juga tak terlalu bersinar saat berseragam Arsenal meskipun sudah debut sejak usia belasan tahun. Pemain tersebut yaitu Ryan Smith yang diberi kesempatan tampil perdana oleh Arsene Wenger pada 28 Oktober 2003. Sama seperti Fabregas, Smith juga tampil perdana bersama The Gunners saat menghadapi Rotherham di Piala Liga.

Saat itu pemain asal Inggris ini masih berusia 16 tahun, 11 bulan dan 18 hari. Selama menjadi bagian Arsenal, pemain sayap kiri ini hanya tampil dalam 6 pertandingan. Saat ini ia berstatus tanpa klub sejak tahun 2013.

5. Gedion Zelalem

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Arsenal di Era Arsene Wengermlssoccer.com

Pemain terakhir dalam daftar ini yaitu Gedion Zelalem yang berasal dari Amerika Serikat. Pemain gelandang ini sebenarnya belum pernah mendapat kontrak profesional bersama Arsenal. Namun ia diberi kesempatan tampil oleh Arsene Wenger saat menghadapi Coventry City di ajang Piala FA.

Pada laga yang digelar 24 Januari 2014 tersebut, Zelalem masih berusia 16 tahun, 11 bulan dan 29 hari. Bersama tim utama The Gunners, Zelalem tampil dalam 4 pertandingan. Pemain yang saat ini berusia 23 tahun tersebut bermain di MLS dengan membela New York City.

Semua pemain tersebut saat ini tidak ada yang berseragam Arsenal. Terbukti bahwa penilaian Arsene Wenger tidak salah untuk pemain-pemain muda di atas. Siapa pemain muda terbaik yang pernah membela Arsenal saat dilatih Arsene Wenger?

Baca Juga: 10 Rekrutan Terbaik Arsene Wenger Selama di Arsenal, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya