5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Borussia Dortmund di Bundesliga

Nuri Sahin hingga Christian Pulisic!

Borussia Dortmund merupakan salah satu klub yang berkompetisi di Bundesliga. Klub dengan ciri khas warna kuning ini dikenal sebagai penghasil pemain muda berbakat. Tak sedikit pemain muda yang tampil bersama Dortmund di berbagai kompetisi termasuk Bundesliga.

Di kompetisi kasta teratas liga Jerman tersebut, pelatih-pelatih Die Borussen tak ragu menampilkan pemain muda yang masih belasan tahun. Pemain-pemain yang diberi kesempatan debut pun tak menyia-nyiakan dengan tampil sebaik mungkin. Lantas siapa saja pemain termuda yang debut bersama Borussia Dortmund di Bundesliga? Berikut ulasannya. 

1. Nuri Sahin

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Borussia Dortmund di Bundesligaespn.com

Pemain termuda yang debut bersama Borussia Dortmund di Bundesliga adalah Nuri Sahin. Pemain berkebangsaan Turki ini menjalani debut bersama Die Borussen pada 6 Agustus 2005. Saat itu Sahin membela Dortmund menghadapi dengan Wolfsburg.

Dalam pertandingan tersebut, pemain gelandang ini masih berusia 16 tahun, 11 bulan dan 1 hari. Hingga saat ini Sahin telah membela beberapa tim Eropa seperti Liverpool hingga Real Madrid. Di ajang Bundesliga sendiri, pemain yang kini berusia 31 tahun tersebut telah tampil dalam 259 pertandingan. Ia sukses menorehkan 22 gol serta 44 assist dari penampilannya tersebut

2. Ibrahim Tanko

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Borussia Dortmund di Bundesligabundesliga.com

Sebelum Nuri Sahin, pemain Borussia Dortmund termuda yang debut di Bundesliga adalah Ibrahim Tanko. Pemain berkebangsaan Ghana ini menjalani debut pada 24 September 1994. Saat itu Tanko membela Dortmund saat berhadapan dengan Stuttgart.

Dalam laga tersebut, pemain berposisi second striker ini masih berusia 17 tahun, 1 bulan dan 30 hari. Selain membela Dortmund, Tanko juga membela klub Bundesliga lainnya, Freiburg. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2007 ini telah tampil sebanyak 109 pertandingan di Bundesliga. Dari penampilannya tersebut, Tanko hanya mampu mencetak 6 gol dan 4 assist. 

3. Giovanni Reyna

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Borussia Dortmund di Bundesligagoal.com

Pemain ketiga dalam daftar ini masih menjadi andalan Borussia Dortmund saat ini. Pemain tersebut yakni Giovanni Reyna yang juga menjadi salah satu pemain Dortmund termuda yang debut di Bundesliga. Reyna merupakan pemain kelahiran Amerika Serikat pada 13 November 2002. Sama seperti Sahin, Reyna juga pemain yang berposisi sebagai gelandang.

Reyna menjalani debut bersama Die Borussen saat menghadapi Augsburg. Pada laga yang digelar 18 Januari 2020 tersebut, Reyna masih berusia 17 tahun, 2 bulan dan 5 hari. Memiliki talenta istimewa, sejauh ini Reyna telah tampil dalam 19 laga Bundesliga dengan torehan 1 gol dan 5 assist. Reyna bisa saja menjadi pemain muda selanjutnya yang menjadi bintang Dortmund. 

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Debut di LaLiga Dua Dekade Terakhir, Potensial!

4. Jude Bellingham

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Borussia Dortmund di Bundesligaskysports.com

Pada musim 2020/2021 ini Borussia Dortmund juga masih mengandalkan beberapa pemain muda. Salah satunya yaitu Jude Bellingham yang baru direkrut dari Birmingham pada musim panas ini. Pemain berkebangsaan Inggris ini pun telah debut di Bundesliga dan menjadi salah satu debutan termuda Dortmund.

Bellingham tampil perdana di Bundesliga pada 19 September 2020. Tepatnya saat Die Borussen menghadapi Borussia Monchengladbach di pekan perdana Bundesliga musim ini. Dalam laga tersebut, pemain gelandang ini masih berusia 17 tahun, 2 bulan dan 21 hari. Sejauh ini ia telah tampil di Bundesliga dalam 4 pertandingan dengan 1 assist. 

5. Christian Pulisic

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Borussia Dortmund di Bundesligabundesliga.com

Tak hanya Reyna, pemain Amerika Serikat lainnya yang pernah menjadi debutan termuda Borussia Dortmund di Bundesliga ada Christian Pulisic. Penyerang sayap tersebut tampil perdana bersama Die Borussen saat berusia 17 tahun 4 bulan 12 hari. Kala itu, Dortmund berlaga menghadapi FC Ingolstadt di pekan 19 Bundesliga musim 2015/2016, tepatnya pada 30 Januari 2016. 

Pulisic sendiri telah membela Dortmund dari tim muda. Sejak Januari 2016 ia tampil bersama tim utama Dortmund. Selama di Bundesliga, Pulisic tampil dalam 90 laga Bundesliga dengan mengoleksi 13 gol dan 18 assist. Saat ini pemain berusia 22 tahun tersebut telah meninggalkan Dortmund sejak musim 2018/2019 dan hijrah ke Chelsea.

Reyna dan Bellingham adalah dua dari sejumlah pemain utama Dortmund di musim ini. Permainan Dortmund pun diwaspadai klub-klub Bundesliga musim ini. Bisakah Bellingham memenuhi ekspektasi usai hengkang dari Birmingham City?

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Debut di Timnas Brasil Sejak Pergantian Abad

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya