6 Pemain Termuda yang Debut Bersama Manchester City Sedekade Terakhir

Bagaimana kabarnya saat ini?

Manchester City menjelma menjadi tim raksasa dalam sepuluh tahun terakhir. Hal tersebut tak terlepas dari pemilik baru yakni taipan asal Uni Emirates Arab, Syeikh Mansour. Dengan pemilik yang memiliki dana segar, The Citizens merekrut pemain-pemain berkualitas untuk meraih prestasi. Nama-nama seperti Kevin De Bruyne hingga Sergio Aguero didatangkan ke Etihad Stadium.

Para pelatih yang ditunjuk pun lebih memilih pemain-pemain tersebut sebagai pemain utama. Di tengah gemerlapnya pemain bintang tersebut, ada beberapa pemain muda yang mendapat kesempatan berharga. Berikut daftar pemain termuda yang debut bersama Manchester City sedekade terakhir. 

1. Karim Rekik

6 Pemain Termuda yang Debut Bersama Manchester City Sedekade Terakhirskysports.com

Karim Rekik menjadi pemain termuda yang debut dalam sedekade terakhir sekaligus dalam sejarah Manchester City. Pemain asal Belanda ini menjalani debut bersama The Citizens pada 21 September 2011. Saat itu City menghadapi Birmingham pada ajang Piala Liga.

Pada pertandingan tersebut, Rekik masih berusia 16 tahun, 9 bulan dan 19 hari. Pemain bek tengah ini menjadi bagian City hingga musim 2014/2015, namun ia lebih sering dipinjamkan ke tim lain. Rekik membela klub asal Manchester tersebut hanya dalam 3 pertandingan. Saat ini pemain 25 tahun tersebut membela Hertha Berlin.

2. Rony Lopes

6 Pemain Termuda yang Debut Bersama Manchester City Sedekade Terakhirtheathletic.com

Berikutnya ada pemain berkebangsaan Portugal, yakni Rony Lopes. Pemain sayap kanan ini pertama kali mendapat kesempatan tampil membela Manchester City yaitu saat menghadapi Watford dalam ajang Piala FA. Pada laga yang digelar 5 Januari 2013 tersebut, Lopes masih berusia 17 tahun 8 hari.

Lopes resmi meninggalkan City pada musim panas 2015 ke AS Monaco. Namun sebelumnya ia juga sempat dipinjamkan ke Lille pada musim 2014/2015. Selama membela The Citizens, Lopes tampil dalam 5 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan 2 assist. Saat ini ia sudah berusia 24 tahun dan membela Sevilla. 

3. Brahim Diaz

6 Pemain Termuda yang Debut Bersama Manchester City Sedekade Terakhirmancity.com

Brahim Diaz sempat menjadi pemain potensial yang dimiliki Manchester City. Pemain asal Spanyol ini debut bersama City pada 21 September 2016. Tepatnya saat City menghadapi Swansea City dalam ajang Piala Liga. Pada laga yang dimenangkan City tersebut, Diaz masih berusia 17 tahun, 1 bulan dan 18 hari.

Sebenarnya Diaz masih menjadi bagian tim muda City, namun dengan potensi yang dimiliki membuatnya mendapat kesempatan berharga tersebut. Gelandang serang ini juga tampil dalam 5 pertandingan City. Hingga akhirnya pada musim 2019/2020, ia direkrut raksasa Spanyol Real Madrid dengan harga 17 juta euro. 

Baca Juga: 5 Pemain dengan Kartu Merah Terbanyak Sepanjang Masa di Premier League

4. Adrian Bernabe

6 Pemain Termuda yang Debut Bersama Manchester City Sedekade Terakhirmancity.com

Adrian Bernabe hingga saat ini belum dikontrak oleh tim utama Manchester City. Namun pada 25 September 2018, pemain asal Spanyol ini mendapat kesempatan tampil bersama tim utama City. Saat itu The Citizens menjalani laga menghadapi Oxford United dalam ajang Piala Liga.

Pada pertandingan tersebut, Bernabe masih berusia 17 tahun, 3 bulan dan 30 hari. Total pemain gelandang serang ini tampil dalam 4 pertandingan bersama tim utama. Saat ini ia berusia 19 tahun dan tergabung dengan tim muda Manchester City. 

5. Cameron Humphreys

6 Pemain Termuda yang Debut Bersama Manchester City Sedekade Terakhirmancity.com

Berikutnya ada pemain berkebangsaan Inggris, yakni Cameron Humphreys. Sama seperti beberapa pemain lainnya, Humphreys menjalani debut bersama tim utama Manchester City meskipun masih tergabung dengan skuat muda. Tepatnya pada 30 Januari 2016 saat City menghadapi Aston Villa dalam ajang Piala FA.

Pada laga tersebut Humphreys masih berusia 17 tahun, 5 bulan dan 8 hari. Selain laga tersebut, bek tengah ini juga ditampilkan City dalam 1 pertandingan lain. Belum pernah dikontrak tim utama City, Humphreys hengkang ke Zulte Waregem dan bertahan hingga saat ini. 

6. Phil Foden 

6 Pemain Termuda yang Debut Bersama Manchester City Sedekade Terakhirgoal.com

Phil Foden menjadi pemain produk akademi Manchester City yang diandalkan Pep Guardiola saat ini. Pemain berkebangsaan Inggris ini menjalani debut pada 21 November 2017. Tak tanggung-tanggung, Foden diberi kesempatan tampil perdana saat City menghadapi Feyenoord dalam ajang Liga Champions.

Pada pertandingan tersebut, pemain gelandang ini masih berusia 17 tahun, 5 bulan dan 24 hari. Foden menjadi salah satu pemain terbaik produk akademi City. Sejauh ini ia telah membela The Citizens dalam 69 pertandingan dengan catatan 14 gol dan 12 assist. Masih berusia 20 tahun, Foden dikontrak Manchester City hingga Juni 2024.

Meskipun diperkuat oleh banyak pemain bintang, namun Manchester City juga tak ragu memberi kesempatan debut kepada pemain muda potensial. Phil Foden menjadi salah satu contoh pemain asli akademi City yang menjadi andalan hingga saat ini. 

Baca Juga: 8 Pemain Manchester City dengan Pendapatan Tertinggi Musim 2019/2020

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya