Comscore Tracker

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Timnas Indonesia Sedekade Terakhir

Penggemar timnas harus tahu nih! 

Sepak bola menjadi salah satu olahraga terpopuler di Indonesia hingga saat ini. Namun sepak bola Indonesia masih belum mampu berprestasi di kancah internasional. Meskipun demikian, tak sedikit anak-anak di negeri ini bercita-cita menjadi pesepak bola. Harapan mereka tentu cuma satu, yaitu bisa membela tanah air dengan lambang garuda di dada.

Dalam beberapa tahun terakhir, PSSI sebagai induk sepak bola Indonesia mencoba mengembangkan pemain-pemain muda. Hal tersebut membuat beberapa pemain muda sudah menjadi andalan timnas. Berikut lima pemain termuda yang jalani debut bersama timnas Indonesia dalam sedekade terakhir. 

1. Asnawi Mangkualam Bahar

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Timnas Indonesia Sedekade Terakhirinstagram.com/asnawi_bhr

Asnawi Mangkualam Bahar merupakan pemain kelahiran Makassar pada 4 Oktober 1999. Ia tercatat sebagai pemain termuda yang debut bersama timnas dalam sedekade terakhir. Momen tersebut terjadi pada 21 Maret 2017, tepatnya saat laga antara Indonesia menghadapi Myanmar.

Di mana timnas harus menyerah 1-3 dari sang tamu. Pada laga persahabatan tersebut, Asnawi masih berusia 17 tahun, 5 bulan dan 27 hari. Kini Asnawi lebih sering membela timnas kelompok umur. Saat ini pemain serba bisa ini membela klub tanah kelahirannya yaitu PSM Makassar. 

2. Egy Maulana Vikri

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Timnas Indonesia Sedekade Terakhirinstagram.com/egymaulanavikri

Pemain berikutnya pasti sudah tidak asing lagi bagi penggemar sepak bola Indonesia. Egy Maulana Vikri digadang-gadang menjadi bintang masa depan Indonesia. Pemain berposisi penyerang ini menjalani debut bersama timnas senior saat laga Indonesia menghadapi Islandia.

Pada laga yang digelar 14 Januari 2018 tersebut, Egy masih berusia 17 tahun, 6 bulan dan 7 hari. Pemain kelahiran Medan, 7 Juli 2000 ini telah memiliki caps sebanyak tiga kali. Saat ini Egy bermain untuk tim kasta teratas liga Polandia, Lechia Gdansk. 

3. Saddil Ramdani

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Timnas Indonesia Sedekade Terakhirinstagram.com/saddilramdanii

Tak hanya Asnawi Mangkualam yang debut saat laga Indonesia menghadapi Myanmar. Ada beberapa pemain muda yang tampil pada laga tersebut karena saat itu Indonesia menurunkan pemain muda. Salah satunya yaitu Saddil Ramdani yang juga menjadi pemain muda berbakat.

Pada laga tersebut, Saddil masih berusia 18 tahun, 2 bulan dan 19 hari. Hingga kini Saddil telah membela timnas senior dalam 9 laga. Pemain kelahiran Raha, 2 Januari 1999 tersebut sempat bermain di liga Malaysia. Namun tahun ini ia kembali ke Indonesia dan membela Bhayangkara FC. 

Baca Juga: Selalu Dipanggil Timnas, Inilah 15 Pemain dengan Caps Terbanyak

4. Gian Zola

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Timnas Indonesia Sedekade Terakhirgoal.com

Gian Zola juga menjadi salah satu pemain muda yang bermain pada laga Indonesia menghadapi Myanmar. Gian Zola merupakan pemain gelandang kelahiran Bandung, 5 Agustus 1998. Pemain Persib Bandung ini menjalani debut pada laga tersebut saat berusia 18 tahun, 7 bulan dan 16 hari.

Hingga kini Zola telah memiliki 3 caps bersama timnas senior. Meskipun sempat menjadi bagian timnas, karier Zola saat ini tak terlalu cemerlang. Ia masih belum mampu menembus skuat utama Persib Bandung. 

5. Osvaldo Haay

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Timnas Indonesia Sedekade Terakhirinstagram.com/valdo_haay

Pemain muda terakhir dalam daftar ini adalah Osvaldo Haay. Penyerang muda Indonesia ini juga menjalani debut saat timnas menghadapi Myanmar. Saat itu pemain asal Papua ini menginjak usia 18 tahun, 10 bulan dan 4 hari.

Bersama timnas senior, Osvaldo telah bermain dalam 5 laga. Kariernya pun terus meningkat hingga saat ini. Pemain kelahiran 17 Mei 1998 tersebut kini menjadi andalan di lini depan Persija Jakarta. 

Banyaknya pemain muda yang debut bersama timnas membuat mereka memiliki pengalaman lebih. Pemain-pemain tersebut menjadi tumpuan timnas Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Siapa pemain muda yang bakal menjadi bintang di timnas? 

Sumber 

https://www.transfermarkt.co.uk/indonesien/juengsteaelteste/verein/13958

Baca Juga: Ketua Satgas Timnas Indonesia Minta Shin Tae-yong Patuhi Arahan PSSI

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya