5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Timnas Jerman di Abad 21

Mario Gotze hingga Lukas Podolski!

Jerman menjadi salah satu negara dengan sepak bola yang cukup maju. Baru-baru ini mereka mengumumkan nama-nama pemain yang dipanggil Timnas Jerman. Dari nama-nama tersebut, cukup banyak pemain-pemain yang masih cukup muda. Hal tersebut menjadi perhatian tersendiri bagi pencinta sepak bola.

Padahal, Jerman juga pernah memainkan pemain-pemain yang masih berusia belasan tahun khususnya pada abad 21. Namun tampaknya rekor tersebut bakal segera pecah, karena ada pemain yang dipanggil dengan usia lebih muda seperti Jamal Musiala dan Florian Wirtz. Lalu siapa saja pemain termuda yang jalani debut bersama timnas Jerman di abad ke-21? Berikut daftarnya.

1. Mario Gotze

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Timnas Jerman di Abad 21bundesliga.com/Martin Rose/Getty Images

Pemegang rekor pemain termuda dalam sejarah timnas Jerman di abad ke-21 adalah Mario Gotze. Pemain berposisi gelandang serang ini menjalani debut pada 17 November 2010. Saat itu Timnas Jerman menjalani laga persahabatan menghadapi Swedia. Dalam pertandingan tersebut, Gotze masih berusia 18 tahun, 5 bulan dan 4 hari.

Meskipun kariernya sempat bersinar bersama Borussia Dortmund dan Bayern Munchen, penampilannya terus menurun dan kini bermain di Eredivisie. Hingga saat ini, Gotze telah mencatatkan 63 caps dengan torehan 17 gol. Salah satu gol paling berkesan tentu saat menjadi penentu kemenangan Jerman di Final Piala Dunia 2014.

2. Max Meyer

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Timnas Jerman di Abad 21goal.com

Pemain berikutnya juga merupakan gelandang serang yakni Max Meyer. Pemain lulusan akademi Schalke 04 tersebut menjalani debut bersama Timnas Jerman pada 13 Mei 2014. Saat itu timnas Jerman menjalani laga menghadapi Polandia dalam laga persahabatan. Dalam pertandingan tersebut, Meyer masih berusia 18 tahun, 7 bulan dan 25 hari.

Selain laga tersebut, Meyer telah membela Jerman dalam tiga pertandingan lainnya. Pemain yang kini berusia 25 tahun tersebut kini membela FC Koln setelah sebelumnya membela Schalke dan Crystal Palace.

3. Julian Draxler

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Timnas Jerman di Abad 21twitter.com/draxler_fans

Kualitas Julian Draxler tentu saja sudah tidak diragukan lagi bahkan sejak ia masih belasan tahun. Pemain gelandang ini debut bersama timnas Jerman saat menghadapi Swiss dalam laga persahabatan. Pada pertandingan yang digelar 26 Mei 2012 tersebut, Draxler masih berusia 18 tahun, 8 bulan dan 6 hari.

Hingga kini pemain 27 tahun tersebut telah membela timnas Jerman dalam 56 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya, ia menorehkan 7 gol dan berseragam Paris Saint-Germain.

Baca Juga: 5 Pemain Top Jerman yang Tak Mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2022

4. Lukas Podolski

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Timnas Jerman di Abad 21instagram.com/poldi_official

Sebelum pemain-pemain tersebut, Lukas Podolski lebih dulu mencatatkan diri sebagai pemain termuda yang debut bersama timnas Jerman di abad 21. Penyerang berpengalaman ini tampil pertama kali bersama timnas Jerman saat laga persahabatan menghadapi Hungaria.

Pada laga yang digelar 6 Juni 2004 tersebut, Podolski masih berusia 19 tahun dan 2 hari. Saat ini pemain 35 tahun tersebut sudah tak lagi menjadi andalan timnas Jerman. Podolski telah mencatatkan 130 caps dengan torehan 49 gol. Saat ini ia masih aktif bermain dengan membela Antalyaspor.

5. Marko Marin

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Timnas Jerman di Abad 21goal.com

Pemain termuda kelima yang tampil bersama timnas Jerman adalah Marko Marin. Gelandang serang tersebut menjalani debut pada 27 Mei 2008 saat timnas Jerman menghadapi Belarusia. Dalam laga persahabatan tersebut, Marin masih berusia 19 tahun, 2 bulan dan 14 hari.

Secara total, pemain yang kini berusia 32 tahun tersebut telah membela timnas Jerman dalam 16 pertandingan. Dari penampilannya tersebut Mari  berhasil mencetak 1 gol. Sama seperti Lukas Podolski, Marin sudah tak lagi menjadi andalan timnas Jerman. Saat ini ia membela klub Arab Saudi, Al Raed.

Itulah lima pemain termuda yang debut bersama timnas Jerman di abad ke-21. Tak semua pemain dalam daftar ini bersinar dalam karier sepak bolanya.

Baca Juga: 5 Pemain di Premier League yang Dipanggil Timnas Jerman

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya