Comscore Tracker

5 Pemain Termuda yang Debut di Liga Top Eropa Abad 21, Berani Bersaing

Deretan pemain berbakat! 

Liga top Eropa bisa dibilang sebagai kiblatnya sepak bola dunia. Hampir pesepak bola dari penjuru dunia memiliki mimpi untuk tampil di salah satu liga top Eropa. Liga top Eropa sendiri terdiri dari Premier League, Serie A, LaLiga, Bundesliga dan Ligue 1. Di setiap kompetisi tersebut terdapat banyak bintang yang tampil. Hal tersebut membuat pertandingan di kompetisi liga top Eropa menyajikan pertarungan yang menarik.

Di tengah gemerlapnya bintang sepak bola, ada beberapa pemain muda yang mendapat kesempatan tampil di liga top Eropa. Pemain-pemain ini berani bersaing dengan pemain senior lainnya yang tentunya kaya pengalaman. Lantas siapa saja pemain termuda yang debut di liga top Eropa abad 21? Berikut kami sajikan daftarnya.

1. Luka Romero (Real Mallorca)

5 Pemain Termuda yang Debut di Liga Top Eropa Abad 21, Berani Bersainggoal.com

Pemain termuda yang debut di liga top Eropa pada abad 21 adalah Luka Romero. Bahkan pemain Real Mallorca ini tercatat sebagai pemain termuda dalam sejarah LaLiga. Momen tersebut terjadi saat Mallorca menghadapi Real Madrid di pekan 31 LaLiga musim 2019/2020. Pada laga yang digelar 24 Juni 2020 lalu ini, Romero masih berusia 15 tahun, 7 bulan dan 5 hari.

Momen berharga tersebut tentu saja tak terlupakan bagi gelandang serang Argentina ini apalagi menghadapi tim sekelas Real Madrid. Masih menjadi bagian akademi Mallorca, laga tersebut menjadi satu-satunya pertandingan LaLiga yang dimainkan Romero bersama tim utama hingga kini.

2. Pietro Pellegri (Genoa)

5 Pemain Termuda yang Debut di Liga Top Eropa Abad 21, Berani Bersaingbleacherreport.com

Pemain berikutnya berasal dari Serie A, yakni Pietro Pellegri. Pemain Genoa ini tercatat sebagai pemain kedua termuda dalam sejarah Serie A. Momen tersebut terjadi saat Genoa menghadapi Torino di pekan 18 Serie A musim 2016/2017. Pada laga yang digelar 22 Desember 2016 lalu ini, Pellegri masih berusia 15 tahun, 9 bulan dan 5 hari.

Momen berharga tersebut tentu saja tak terlupakan bagi striker asal Italia ini. Pada Januari 2018 lalu, pemain yang kini berusia 19 tahun tersebut hijrah ke Ligue 1 bersama AS Monaco. Selama bermain di Serie A, Pellegri hanya mencatatkan 9 pertandingan dengan torehan 3 gol.

3. Eddie Salcedo (Genoa)

5 Pemain Termuda yang Debut di Liga Top Eropa Abad 21, Berani Bersaingeurocalciomercato.net

Genoa tampaknya menjadi klub Serie A yang gemar mengandalkan pemain muda di abad 21. Setelah Pietro Pellegri, Genoa kemudian mengorbitkan salah satu pemain akademinya, yakni Eddie Salcedo. Penyerang tengah ini menjalani debut pada 20 Agustus 2017 lalu, di mana usianya baru menginjak 15 tahun, 10 bulan dan 20 hari.

Saat itu Genoa menghadapi Sassuolo pada pekan pertama musim 2017/2018. Saat ini ia membela klub Serie A lainnya yakni Hellas Verona dengan status pinjaman dari Inter Milan. Hingga kini, pemain berusia 19 tahun tersebut telah menjalani 22 laga Serie A dengan hanya mencetak 1 gol. 

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Sukses Catatkan Penampilan di Premier League

4. Valeri Bojinov (Lecce)

5 Pemain Termuda yang Debut di Liga Top Eropa Abad 21, Berani Bersaingcalciolecce.it

Pemain termuda berikutnya yang debut di liga top Eropa abad 21 ada Valeri Bojinov. Pemain asal Bulgaria tersebut menjadi pemain muda yang juga debut di Serie A. Pemain berposisi striker ini debut bersama Lecce pada 27 Januari 2002. Hal tersebut terjadi saat klub yang dibelanya tersebut menghadapi Brescia.

Dalam pertandingan tersebut, Bojinov masih berusia 15 tahun, 11 bulan dan 12 hari. Usai debut karier Bojinov sempat naik dengan membela beberapa tim elite seperti Juventus hingga Manchester City. Pemain yang saat ini berusia 34 tahun tersebut membela klub lokal Bulgaria, Levski Sofia. Sementara selama di Serie A, ia 157 laga dengan mencetak 34 gol dan 13 assist.

5. Youssoufa Moukoko (Borussia Dortmund)

5 Pemain Termuda yang Debut di Liga Top Eropa Abad 21, Berani Bersainggoal.com

Youssoufa Moukoko belum lama ini mengukir rekor baru sebagai debutan termuda dalam sejarah Bundesliga. Pemain berkebangsaan Jerman tersebut mendapat kesempatan tampil bersama skuat utama Borussia Dortmund pada 21 November 2020. Tepatnya saat pekan 8, di mana Dortmund bertandang ke markas Hertha Berlin.

Dalam pertandingan tersebut, Moukoko baru berusia 16 tahun dan 1 hari. Lulusan akademi Dortmund ini memang sudah sangat produktif di tim muda Die Borussen dan tentu saja calon bintang selanjutnya. Bukan tidak mungkin ia akan menjadi incaran klub-klub elite Eropa lainnya.

Serie A yang dikenal sebagai tempatnya pemain senior justru cukup banyak debutan termuda setidaknya di abad 21. Pemain-pemain dalam daftar ini tentu saja memiliki potensi luar biasa hingga mendapat kesempatan tampil bersama klub liga top Eropa. Akankah rekor tersebut akan terpecahkan?

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Tampil di Premier League Awal Musim Ini 

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya