Comscore Tracker

5 Pemain Termuda yang Dimainkan Sir Alex Ferguson Saat Melatih MU

Siapa pemain yang paling bersinar? 

Kehebatan Sir Alex Ferguson selama melatih Manchester United sudah tak perlu diragukan lagi. Pelatih asal Skotlandia ini meraih berbagai gelar bergengsi bersama United. Ferguson menangani Setan merah sejak musim 1986/1987 hingga akhir kariernya pada musim 2012/2013.

Tak hanya mengandalkan pemain berlabel bintang yang sudah teruji, ia juga dikenal sebagai pelatih yang jago memoles pemain muda potensial. Tak sedikit pemain muda yang debut bersama United menjadi bintang sepak bola ternama. Lalu siapa pemain termuda yang debut bersama United di era Sir Alex Ferguson? Berikut ulasannya.

1. Ryan Giggs 

5 Pemain Termuda yang Dimainkan Sir Alex Ferguson Saat Melatih MUtwitter.com/premierleague

Ryan Giggs tercatat sebagai pemain termuda yang debut bersama Manchester United di bawah asuhan Sir Alex Ferguson. Pemain yang kemudian menjadi legenda Setan merah ini menjalani debut pada 2 Maret 1991. Tepatnya saat MU menghadapi Everton di divisi utama Liga Inggris. Pada laga tersebut, pemain Wales ini masih berusia 17 tahun, 3 bulan dan 1 hari.

Sepanjang kariernya, Giggs hanya membela United dan gantung sepatu pada tahun 2014. Selama membela United, Giggs tentu saja telah meraih berbagai gelar. Ia mencatatkan 927 pertandingan di semua kompetisi. Pemain gelandang ini menorehkan 161 gol dan 248 assist

2. Gary Neville

5 Pemain Termuda yang Dimainkan Sir Alex Ferguson Saat Melatih MUsportbible.com

Pemain berikutnya juga merupakan seorang legenda Manchester United. Pemain tersebut yaitu Gary Neville yang berposisi sebagai bek kanan. Neville merupakan pemain satu angkatan dengan Giggs. Pemain asal Inggris ini menjalani debut bersama United pada 16 September 1992. Saat itu Setan Merah melawan Torpedo Moscow pada ajang UEFA Cup.

Pada laga tersebut, Neville masih berusia 17 tahun, 6 bulan dan 29 hari. Sama seperti Giggs, Neville juga hanya membela United sepanjang kariernya. Ia memutuskan gantung sepatu pada tahun 2011 dan tentu saja telah meraih berbagai gelar bersama Setan merah. Neville membela United dalam 599 laga dengan catatan 7 gol dan 47 assist

3. Lee Sharpe

5 Pemain Termuda yang Dimainkan Sir Alex Ferguson Saat Melatih MUmanutd.com

Sebelum Ryan Giggs dan Gary Neville, Lee Sharpe lebih dulu tercatat sebagai debutan termuda di bawah asuhan Ferguson. Sharpe menjalani laga pertamanya bersama United pada 26 Desember 1988. Pada laga melawan Nottingham Forest tersebut, pemain Inggris ini masih berusia 17 tahun, 6 bulan dan 29 hari. Sharpe membela Setan merah hingga musim 1995/1996.

Setelah meninggalkan United, karier Sharpe semakin menurun hingga akhirnya mengakhiri karier pada tahun 2011. Selama berseragam Manchester United, Sharpe mencatatkan 165 penampilan di semua kompetisi. Sebagai pemain gelandang, ia mencetak 24 gol dan 27 assist

Baca Juga: 5 Debutan Termuda Manchester United Setelah Era Sir Alex Ferguson

4. Federico Macheda

5 Pemain Termuda yang Dimainkan Sir Alex Ferguson Saat Melatih MU90min.com

Federico Macheda juga menjadi salah satu pemain termuda yang debut di bawah asuhan Ferguson. Pemain asal Italia ini direkrut Manchester United dari tim muda Lazio. Macheda menjalani laga pertamanya bersama United saat menghadapi Aston Villa. Pada laga yang digelar 5 April 2009 tersebut, Mancheda masih berusia 17 tahun, 7 bulan dan 14 hari.

Sebagai striker, Macheda digadang-gadang akan menjadi bintang di lini depan United. Namun ia gagal tampil konsisten dan sering dipinjamkan ke tim lain. Selama berseragam United, Macheda hanya tampil dalam 36 laga dengan catatan 5 gol dan 6 assist. Saat ini ia membela klub Yunani, yakni Panathinaikos. 

5. Joshua King

5 Pemain Termuda yang Dimainkan Sir Alex Ferguson Saat Melatih MUexpress.co.uk

Pemain kelima ini juga seorang penyerang yaitu Joshua King yang berasal dari Norwegia. King menjalani debut di bawah asuhan Ferguson saat usia 17 tahun, 8 bulan dan 8 hari. Tepatnya pada 23 September 2009 saat United menghadapi Wolves. Sama seperti Macheda, karier King bersama Setan merah tak berjalan mulus.

Ia kerap dipinjamkan ke tim lain hingga akhirnya resmi dilepas ke Blackburn Rovers pada tahun 2013. Selama menjadi bagian United, King hanya tampil dimainkan 2 kali. Saat ini Joshua King menjadi andalan di lini depan Bournemouth dan juga timnas Norwegia. 

Itulah lima pemain termuda yang debut bersama Manchester United di era Sir Alex Ferguson. Siapa pemain debutan paling sukses di bawah asuhan Ferguson? 

Baca Juga: 10 Pemain Terbaik yang MU Datangkan Setelah Era Sir Alex Ferguson

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya