Comscore Tracker

5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Juventus Sedekade Terakhir

Bakat muda di tengah gemilangnya pemain bintang!

Keperkasaan Juventus di ajang domestik sudah tak perlu diragukan lagi. Dalam sepuluh tahun terakhir, tim berjuluk Si Nyonya Tua ini berhasil meraih 17 trofi termasuk gelar Serie A musim ini. Di antaranya ada 4 trofi Coppa Italia, 4 trofi Super Cup dan 9 trofi Serie A. Keperkasaan Juve tersebut tak lepas dari para pemainnya yang berlabel bintang.

Sebut saja Cristiano Ronaldo yang saat ini menjadi andalan La Vecchia Sinyora. Namun di tengah gemerlapnya pemain bintang tersebut, ada beberapa pemain yang juga mendapat kesempatan debut. Pemain-pemain ini bahkan masih berusia belasan tahun dan tentu saja potensial. Berikut daftar pemain termuda yang debut bersama Juventus dalam sedekade terakhir.

1. Moise Kean

5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Juventus Sedekade Terakhirbleacherreport.com

Moise Kean sempat menjadi pemain yang digadang-gadang akan bersinar bersama Juventus. Pemain berposisi striker ini mendapat kesempatan debut pada 19 November 2016. Tepatnya saat Juve menghadapi Pescara dalam lanjutan Serie A. Saat diturunkan dalam laga tersebut, Kean masih berusia 16 tahun, 8 bulan dan 23 hari.

Menunjukkan penampilan apik sebagai pemain akademi, Kean mendapat kontrak profesional pada tahun 2017. Pemain berkebangsaan Italia ini membela Juventus dalam 21 laga dengan torehan 8 gol. Pada awal musim ini ia harus hijrah ke Inggris bersama Everton.

2. Fabrizio Caligara

5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Juventus Sedekade Terakhirtwitter.com/ScoutedFtbl

Setelah cukup sukses mengorbitkan Kean, Juventus kembali memainkan salah satu pemain akademi yaitu Fabrizio Caligara. Pemain asal Italia ini jalani debut pada 12 September 2017. Saat itu Si Nyonya Tua menghadapi Barcelona dalam ajang Liga Champions. Pada laga tersebut, Caligara masih berusia 17 tahun 5 bulan.

Laga tersebut menjadi satu-satunya pertandingan yang dimainkan pemain gelandang ini bersama skuat utama Juve. Belum mendapat kontrak profesional bersama tim utama, Caligara dijual Juve ke Cagliari. Pemain yang kini berusia 20 tahun tersebut membela Venezia dengan status pinjaman dari Cagliari.

3. Mattia Vitale

5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Juventus Sedekade Terakhirredbull.com

Pemain berikutnya juga berposisi sebagai gelandang, yakni Mattia Vitale. Pemain berkebangsaan Italia ini menjalani debut bersama skuat utama Juventus saat menghadapi Parma dalam lanjutan Serie A. Pada pertandingan yang digelar 11 April 2015 tersebut, Vitale masih berusia 17 tahun, 6 bulan dan 11 hari.

Sempat mendapat kontrak profesional bersama Juve, Vitale lebih banyak dipinjamkan ke tim lain. Pemain yang kini berusia 22 tahun tersebut hanya tampil dalam 2 laga bersama skuat utama La Vecchia Sinyora. Kini Vitale membela Frasinone dengan status pinjaman dari SPAL.

Baca Juga: Termasuk Buffon! Inilah 7 Pemain Termahal yang Pernah Dibeli Juventus

4. Matteo Liviero

5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Juventus Sedekade Terakhircalciomercato.com

Jauh sebelum pemain-pemain tersebut, Matteo Liviero lebih dulu mendapat kesempatan debut. Pemain bek kiri ini juga merupakan pemain yang lulus dari akademi Juventus. Liviero mendapat kesempatan tampil perdana bersama skuat utama Juve saat RB Salzburg dalam ajang Europa League. Pada pertandingan yang digelar 4 November 2010 tersebut, Liviero masih berusia 17 tahun, 6 bulan dan 22 hari.

Momen langka tersebut menjadi satu-satunya pertandingan yang dimainkan pemain Italia ini bersama tim utama Juve. Ia lebih banyak dipinjamkan ke tim lain hingha akhirnya resmi pindah pada tahun 2016. Diusianya yang kini 27 tahun, Liviero membela klub kasta ketiga yaitu Vicenza.

5. Paolo Gozzi

5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Juventus Sedekade Terakhirjuventusnews24.com

Paolo Gozzi merupakan pemain berkebangsaan Italia yang berposisi sebagai bek tengah. Sama seperti pemain lainnya, Gozzi juga merupakan pemain akademi Juventus. Saat ini ia masih tergabung dengan tim muda Juve, namun ia mendapat kesempatan debut bersama tim utama pada 13 April 2019.

Tepatnya saat Si Nyonya Tua menghadapi SPAL dalam lanjutan Serie A. Pada pertandingan tersebut, Gozzi baru menginjak usia 17 tahun, 11 bulan dan 19 hari. Sejauh ini ia belum mendapat kesempatan tampil kembali setelah laga tersebut. Dengan usianya yang baru 19 tahun, Gozzi bisa menjadi bek masa depan La Vecchia Sinyora. 

Meskipun memiliki segudang pemain potensial dari akademinya, Juventus sepertinya belum mampu memaksimalkan pemain-pemain tersebut. La Vecchia Sinyora lebih mengandalkan pemain bintang, sehingga para pemain mudanya kurang jam terbang. 

Baca Juga: 5 Pemain Juventus yang Paling Sering Bermain di Era Max Allegri

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya