Comscore Tracker

5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Liverpool di Premier League

Harvey Elliott hingga Michael Owen!

Liverpool akhirnya meraih trofi Premier League musim ini untuk pertama kalinya. Dalam usahanya menjadi juara kasta teratas liga Inggris tersebut, The Reds mampu bersaing di papan atas klasemen. Tak hanya mengandalkan pemain berlabel bintang, Liverpool juga beberapa kali mengorbitkan pemain muda ke skuat utama mereka.

Tak sedikit pemain muda yang diberikan debut menjadi bintang lapangan hijau meskipun tidak bersama Tge Reds. Lalu siapa saja pemain termuda yang debut bersama Liverpool di Premier League? Berikut ulasannya. 

1. Jack Robinson

5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Liverpool di Premier Leagueliverpoolfc.com

Pemain termuda yang pernah membela Liverpool di Premier League adalah Jack Robinson. Pemain berkebangsaan Inggris ini menjalani debut bersama Liverpool pada 9 Mei 2010. Saat itu Robinson masih tergabung dengan tim muda, namun ia mendapat kesempatan tampil menghadapi Hull City dalam pekan terakhir Premier League.

Dalam laga tersebut, pemain lulusan akademi Liverpool ini masih berusia 16 tahun, 8 bulan dan 7 hari. Karier Robinson bersama The Reds tak berjalan mulus, ia kerap dipinjamkan ke tim lain hingga akhirnya resmi dilepas ke QPR pada musim 2014/2015. Ia hanya tampil dalam 11 laga bersama Liverpool. Saat ini pemain berusia 26 tahun tersebut membela Sheffield United. 

2. Harvey Elliott 

5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Liverpool di Premier Leagueinstagram.com/harveyelliott07

Berikutnya merupakan pemain yang debut bersama Liverpool pada musim ini. Dia adalah Harvey Elliott yang membela The Reds di Premier League untuk pertama kalinya pada 2 Januari 2020. Tepatnya saat Liverpool menghadapi Sheffield United dalam lanjutan pekan 21 Premier League. Saat itu Elliott masih berusia 16 tahun, 8 bulan dan 29 hari.

Saat ini penyerang sayap tersebut masih tergabung dalam skuat muda The Reds. Meskipun demikian Elliott dipercaya tampil bersama skuat utama dalam beberapa laga. Pemain muda asal Inggris ini membela tim utama Liverpool dalam 8 pertandingan di semua kompetisi. 

3. Ben Woodburn

5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Liverpool di Premier Leagueliverpoolfc.com

Ben Woodburn juga menjadi pemain muda yang masih membela Liverpool. Sebagai lulusan akademi m,Woodburn membela skuat utama Liverpool pada 26 November 2016. Tepatnya saat The Reds menghadapi Sunderland dalam pekan 13 Premier League. Pemain berkebangsaan Wales ini masih berusia 17 tahun, 1 bulan dan 11 hari saat menjalani laga tersebut.

Dikontrak skuat utama pada Januari 2017, Woodburn kerap dipinjamkan ke tim lain. Hingga saat ini pemain gelandang tersebut baru membela The Reds dalam 11 pertandingan di semua kompetisi dengan catatan 1 gol. Bersama tim utama, pemain 20 tahun ini terikat kontrak hingga Juni 2022. 

Baca Juga: 6 Pemain Muda Terbaik yang Didatangkan Arsenal Saat Era Arsene Wenger

4. Raheem Sterling 

5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Liverpool di Premier Leaguestandard.co.uk

Nama Raheem Sterling mungkin sudah tak asing lagi bagi penggemar sepak bola. Penyerang asal Inggris tersebut saat ini menjadi andalan di lini depan Manchester City. Sebelum bergabung dengan The Cityzens, Sterling merupakan produk akademi Liverpool. Ia menjalani debut di Premier League bersama The Reds saat menghadapi Wigan Athletic dalam pekan 30.

Pada laga yang digelar 24 Maret 2012 tersebut, Sterling masih berusia 17 tahun, 3 bulan dan 16 hari. Sterling membela Liverpool hingga musim 2014/2015 sebelum akhirnya hijrah ke City. Selama berseragam Si Merah, pemain 25 tahun ini tampil dalam 129 penampilan di semua kompetisi dengan catatan 23 gol dan 25 assist.

5. Michael Owen 

5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Liverpool di Premier Leagueeurosport.com

Nama terakhir dalam daftar ini juga sudah cukup familier, yakni Michael Owen. Pemain asal Inggris ini produk akademi Liverpool dan menjalani debut di Premier League pada 6 Mei 1997. Saat itu Liverpool menghadapi Wimbledon FC dalam lanjutan pekan ke-26. Owen masih berusia 17 tahun, 4 bulan dan 22 hari saat tampil dalam laga tersebut.

Tujuh musim membela skuat utama The Reds, Owen kemudian bergabung dengan Real Madrid. Bersama Liverpool, pemain berposisi striker ini tampil dalam 297 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut, Owen sukses mencetak 158 gol serta 32 assist. Ia memutuskan gantung sepatu pada tahun 2013.

Siapa pemain muda Liverpool yang paling bersinar saat membela tim utama The Reds? 

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Chelsea di Premier League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya