Comscore Tracker

6 Pemain Termuda yang Bakal Memperkuat Timnas Italia di Euro 2020

Tumpuan Gli Azzurri di masa mendatang

Italia merupakan salah satu negara yang cukup berprestasi dalam sepak bola. Namun dalam beberapa tahun terakhir, mereka seperti tertidur karena kurang mampu bersaing di beberapa turnamen.

Regenerasi mungkin menjadi salah satu masalah yang menyebabkan mereka menurun. Pada gelaran Euro 2020 yang dihelat pada 2021 ini, timnas Italia mencoba melakukan regenerasi.

Dalam daftar pemain yang sudah dirilis, ada beberapa pemain muda yang diberi kesempatan untuk memperkuat Gli Azzurri di Euro mendatang. Pemain muda ini dikolaborasikan dengan pemain senior yang sarat pengalaman. Berikut daftar pemain termuda yang bakal memperkuat timnas Italia di Euro 2020.

1. Moise Kean

6 Pemain Termuda yang Bakal Memperkuat Timnas Italia di Euro 2020Moise Kean (fifa.com)

Moise Kean menjadi salah satu pemain termuda yang bakal memperkuat timnas Italia di Euro 2020 mendatang. Penampilan gemilangnya bersama Paris Saint-Germain membuatnya sangat layak dipanggil timnas. Pemain yang kini berusia 21 tahun itu kembali menemukan ketajamannya bersama PSG setelah menurun saat berseragam Everton.

Bersama timnas Italia, Kean telah menjalani debut pada 20 November 2018. Sejak debutnya, ia memang digadang-gadang bakal menjadi andalan di lini depan Gli Azzurri. Hingga saat ini, Kean telah mencatatkan 8 caps dan telah mencetak 2 gol.

2. Giacomo Raspadori

6 Pemain Termuda yang Bakal Memperkuat Timnas Italia di Euro 2020Giacomo Raspadori (sempreinter.com)

Pemain kedua ini juga menjadi penyerang masa depan timnas Italia. Giacomo Raspadori saat ini menjadi bagian tim Serie A, Sassuolo. Sebagai produk akademi Sassuolo, ia telah dikontrak tim utama sejak musim 2018/19.

Pada musim ini, Raspadori mendapat menit bermain yang cukup dan telah menorehkan beberapa gol. Hal itulah yang membuatnya dipanggil Roberto Mancini untuk memperkuat Gli Azzurri pada Euro 2020 mendatang. Uniknya, pemain 21 tahun itu sama sekali belum menjalani debut bersama timnas senior hingga saat ini. 

3. Alessandro Bastoni 

6 Pemain Termuda yang Bakal Memperkuat Timnas Italia di Euro 2020Alessandro Bastoni (inter.it)

Tak hanya dari lini depan, lini belakang Italia juga memiliki masa depan cerah. Salah satu bek tengah muda yang juga dipanggil timnas Italia untuk ajang Euro 2020 ada Alessandro Bastoni.

Pemain yang saat ini berusia 22 tahun itu menjadi pilar utama Inter Milan hingga meraih Scudetto musim ini. Bastoni sendiri telah mencatatkan 4 caps bersama timnas senior Italia. Ia menjalani debut bersama Gli Azzurri pada 11 November 2020 lalu.

Baca Juga: 7 Pemain Skuad Timnas Italia di Piala Dunia 2006 yang Menjadi Pelatih

4. Gianluigi Donnarumma 

6 Pemain Termuda yang Bakal Memperkuat Timnas Italia di Euro 2020Gianluigi Donnarumma (bleacherreport.com)

Di posisi penjaga gawang, Gianluigi Donnarumma tampaknya akan menjadi pilihan utama di skuad timnas Italia. Meskipun masih berusia 22 tahun, kualitas Donnarumma tak perlu diragukan lagi. Kiper yang kini membela AC Milan itu telah menjalani karier di level senior saat usianya 16 tahun.

Tak heran, jika ia digadang-gadang bakal menjadi penerus Gianluigi Buffon. Bersama Gli Azzurri, Donnarumma telah menjalani debut pada 1 September 2016 saat usianya masih 17 tahun. Hingga saat ini, ia telah mencatatkan 25 caps dengan catatan 11 kebobolan dan 14 clean sheet.

5. Manuel Locatelli

6 Pemain Termuda yang Bakal Memperkuat Timnas Italia di Euro 2020Manuel Locatelli (goal.com)

Dari lini tengah ada nama Manuel Locatelli yang menjadi salah satu pemain muda di skuat timnas Italia. Pemain 23 tahun itu memang tampil luar biasa bersama Sassuolo. Tak heran, jika dirinya dikaitkan dengan banyak klub elit yang dirumorkan mengincarnya.

Locatelli telah menjalani debut bersama timnas Italia sejak 7 September 2020 di bawah asuhan Roberto Mancini. Hingga saat ini, ia telah mencatatkan 8 caps dengan torehan 1 gol.

6. Federico Chiesa 

6 Pemain Termuda yang Bakal Memperkuat Timnas Italia di Euro 2020Federico Chiesa (bleacherreport.com/Soccrates Images/Getty Images)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Federico Chiesa yang juga berusia 23 tahun. Chiesa kerap disebut sebagai penerus Andrea Pirlo. Ia pun akan menjadi pesaing Manuel Locatelli di lini tengah Gli Azzurri.

Dengan usianya yang masih cukup muda, ia bisa menembus tim utama Juventus musim ini. Dibandingkan dengan Locatelli, Chiesa sudah cukup berpengalaman di level timnas. Ia telah menjalani debut pada 23 Maret 2018 dan hingga kini telah mencatatkan 24 caps.

 

Para pemain tersebut diharapkan bisa menjadi tumpuan timnas Italia di masa mendatang. Bisa saja mereka akan menjadi pemain kunci di skuad Gli Azzurri di Euro 2020 nanti.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Timnas Italia, Deretan Legenda!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya