Deretan Pemain Ternama yang Gantung Sepatu pada 2022, Termasuk Pique!

Mantan bintang top Eropa

Tahun 2022 cukup spesial bagi sepak bola dunia, terutama dengan adanya gelaran pesta sepak bola dunia, Piala Dunia 2022 Qatar. Meski begitu, banyak juga momen menarik lain bagi insan sepak bola selama 2022.

Selama 2022, ada beberapa pesepak bola yang memilih mengakhiri kariernya. Beberapa di antaranya merupakan pemain-pemain yang sebelumnya cukup dikenal publik. Lantas, siapa saja pemain ternama yang gantung sepatu pada 2022?

1. Gerard Pique 

Deretan Pemain Ternama yang Gantung Sepatu pada 2022, Termasuk Pique!Gerard Pique (fcbarcelona.com)

Salah satu pemain yang gantung sepatu pada 2022 adalah Gerard Pique. Pemain yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi dan dikenal sebagai bek tangguh. Pique merupakan pemain berkebangsaan Spanyol yang memiliki karier cukup mentereng.

Menimba ilmu di akademi Barcelona, Pique sempat membela Manchester United. Ia kembali berseragam Barca sejak 2008 hingga gantung sepatu. Pria berusia 35 tahun itu telah menjalani laga terakhir sebagai pemain pada 16 November 2022.

Selama kariernya di level klub, ia telah memainkan 667 pertandingan dengan catatan 58 gol dan 16 assist. Pique juga telah meraih berbagai gelar bergengsi, baik bersama klub maupun Timnas Spanyol.

2. Franck Ribery

Deretan Pemain Ternama yang Gantung Sepatu pada 2022, Termasuk Pique!bundesliga.com

Berikutnya ada Franck Ribery yang mengakhiri karier sepak bolanya bersama klub Italia, Salernitana. Sebelumnya, pemain asal Prancis itu telah malang melintang bersama klub top Eropa, di antaranya Olympique Marseille, Fiorentina, dan Bayern Munchen sebagai klub terlama yang ia bela.

Sama seperti Pique, Ribery juga telah meraih berbagai gelar bergengsi. Sebelum mengumumkan pensiun pada 21 Oktober 2022, ia telah memainkan 632 pertandingan di level klub. Beroperasi di lini depan, ia menorehkan 151 gol dan 224 assist.

Baca Juga: 5 Fakta Perjalanan Karier Franck Ribery sebelum Akhirnya Pensiun

3. Gonzalo Higuain

Deretan Pemain Ternama yang Gantung Sepatu pada 2022, Termasuk Pique!Gonzalo Higuain (twitter.com/G_Higuain)

Gonzalo Higuain juga menjadi nama yang sudah dikenal publik sepak bola dunia. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, karier Higuain mulai menurun. Pemain asal Argentina itu mengumumkan gantung sepatu pada 3 Oktober 2022.

Klub Amerika Serikat, Inter Miami, menjadi klub terakhir yang ia bela. Sebelumnya, pemain 34 tahun ini pernah jadi andalan klub top Eropa, seperti Real Madrid, Napoli, Juventus, AC Milan, dan Chelsea. Selama kariernya di level klub, penyerang ini mengoleksi 710 laga dengan gelontoran 335 gol dan 113 assist.

4. Carlos Tevez

Deretan Pemain Ternama yang Gantung Sepatu pada 2022, Termasuk Pique!Carlos Tevez (twitter.com/__CarlitosTevez)

Sama seperti Higuain, Carlos Tevez juga lama tak terdengar kiprahnya di sepak bola Eropa. Pada 2015/2016, Carlitos, panggilan Tevez, kembali ke klub masa kecilnya, yakni Boca Junior.

Sempat menjajal sepak bola Asia bersama Shanghai Shenhua, Tevez akhirnya gantung sepatu di Boca Junior. Ia mengumumkan mengakhiri kariernya pada 4 Juni 2022. Sepanjang kariernya, Carlitos pernah berseragam West Ham United, Manchester United, Manchester City, hingga Juventus.

Di level klub, pria 38 tahun itu mencatatkan 642 pertandingan. Beroperasi sebagai penyerang, ia mengoleksi 255  gol dan 108 assist.

5. Jack Wilshere

Deretan Pemain Ternama yang Gantung Sepatu pada 2022, Termasuk Pique!Jack Wilshere (twitter.com/JackWilshere)

Pemain ternama kelima yang gantung sepatu pada 2022 adalah Jack Wilshere. Nama yang satu ini cukup lekat dengan Arsenal dalam beberapa tahun lalu. Ia sempat menjadi andalan The Gunners dan Timnas Inggris.

Sayangnya, performa apik saat ia masih muda tak berjalan mulus. Kariernya menurun drastis setelah mengalami cedera parah. Ia memutuskan gantung sepatu saat usianya baru 30 tahun pada 8 Juli 2022.

Klub Denmark, Aarghus GF, menjadi klub terakhirnya setelah sempat membela West Ham United dan Bournemouth. Di level klub, ia pun hanya mencatatkan 305 laga dengan torehan 21 gol dan 43 assist sebagai seorang gelandang.

 

Selain nama-nama di atas, ada juga beberapa pemain ternama lain yang gantung sepatu pada 2022. Di antaranya adalah Blaise Matuidi, Arda Turan, Gary Cahill, hingga Thomas Vermaelen.

Baca Juga: 5 Pertandingan Monumental Jack Wilshere Bersama Arsenal

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya