5 Pemain Ternama yang Gantung Sepatu pada Tahun 2020, Deretan Legenda!

Nama-nama yang sudah tenar di dunia sepak bola

Tak terasa, tahun 2020 akan segera berakhir dan tinggal menghitung hari. Dalam dunia sepak bola, banyak momen yang tercipta. Tak selalu tentang rekor ataupun pencapaian dari aktor lapangan hijau. Banyak sisi lain yang menarik di bahas, apalagi dengan adanya pandemi COVID-19.

Salah satunya yaitu beberapa pemain ternama yang memutuskan gantung sepatu pada tahun ini. Tahun 2020 menjadi saat terakhir bagi mereka berkecimpung sebagai pesepak bola.

Tentu saja banyak hal yang mereka catatkan selama bermain. Lantas siapa saja pemain yang gantung sepatu pada tahun ini? Berikut ulasannya.

1. Vincent Kompany

5 Pemain Ternama yang Gantung Sepatu pada Tahun 2020, Deretan Legenda!mancity.com

Pemain pertama ada Vincent Kompany, pesepak bola asal Belgia yang begitu lekat dengan Manchester City. Mungkin inilah salah satu legenda yang dimiliki The Cityzens. Pemain berusia 34 tahun ini mengakhiri kariernya pada Agustus 2020. Di mana ia membela klub saat awal kariernya, yakni RSC Anderlecht.

Klub lain yang pernah ia bela ada klub Bundesliga, Hamburger SV. Puncak kariernya tentu saat membela City, yaitu pada tahun 2008 hingga 2019. Beberapa raihannya selama menjadi pesepak bola adalah juara Liga Belgia serta semua kompetisi domestik Inggris termasuk empat trofi Premier League.

2. Iker Casillas

5 Pemain Ternama yang Gantung Sepatu pada Tahun 2020, Deretan Legenda!metro.co.uk

Pemain kedua tentu saja juga sangat dikenal penggemar sepak bola semua kalangan. Pemain tersebut yaitu Iker Casillas, legenda Real Madrid yang justru mengakhiri karier bersama FC Porto. Casillas merupakan kiper legendaris dengan raihan berbagai trofi bergengsi bersama klub dan timnas Spanyol.

Kiper berusia 39 tahun itu memutuskan gantung sepatu pada Agustus 2020. Menimba ilmu hingga mengawali karier profesionalnya bersama El Real, Casillas hijrah ke klub Portugal yaitu FC Porto pada tahun 2015. Sangat banyak trofi yang diraih, mulai La Liga, Euro, hingga Piala Dunia.

Baca Juga: 5 Kiper Termuda yang Debut di Liga Champions, Casillas Salah Satunya!

3. David Villa

5 Pemain Ternama yang Gantung Sepatu pada Tahun 2020, Deretan Legenda!mlssoccer.com

Berikutnya juga merupakan pemain yang berkebangsaan Spanyol, yakni David Villa. Pasti kita mengenal sosok yang satu ini beberapa tahun lalu. Di mana ia menjadi penyerang yang mengantarkan timnas Spanyol menjuarai Euro dan Piala Dunia. Di level klub, karier Villa juga tak kalah mentereng.

Klub besar Spanyol seperti Valencia, Atletico Madrid, hingga Barcelona pernah ia bela. Villa juga pernah bermain di Australia bersama Melbourne City serta bermain di MLS bersama New York City. Hingga akhirnya, ia memutuskan gantung sepatu pada Februari 2020 lalu bersama klub Jepang, Vissel Kobe.

4. Daniele De Rossi

5 Pemain Ternama yang Gantung Sepatu pada Tahun 2020, Deretan Legenda!bleacherreport.com/Quality Sport Images/Getty Images

Sementara dari Italia, ada legenda AS Roma yaitu Daniele De Rossi. Mungkin untuk raihan trofi, De Rossi masih kalah dengan pemain-pemain lain dalam daftar ini.

Namun, pemain sepak bola berkebangsaan Italia yang bermain di posisi gelandang ini merupakan sosok yang setia. Mengawali karier sejak 2002 bersama Roma, ia baru pindah klub pada tahun 2019.

Boca Juniors menjadi satu-satunya klub yang ia bela selain Roma. Bersama klub Argentina itu, De Rossi hanya bermain dalam semusim hingga akhirnya pensiun pada Januari 2020. Trofi mayor yang pernah ia raih adalah Piala Dunia 2006 bersama Gli Azzurri.

5. Mario Gomez

5 Pemain Ternama yang Gantung Sepatu pada Tahun 2020, Deretan Legenda!goal.com/Getty Images

Pemain top kelima yang gantung sepatu pada tahun 2020 adalah Mario Gomez. Pemain berkebangsaan Jerman ini tentu saja tidak kalah melegenda. Selama kariernya, beberapa klub yang ia pernah dibela yaitu Wolfsburg, Fiorentina, Besiktas, Bayern Munchen, dan Stuttgart.

Stuttgart sendiri menjadi klub pertama dan terakhir yang dibela pemain 35 tahun ini, hingga akhirnya pensiun pada Juli 2020. Sebagai seorang striker, ketajamannya tentu sudah tak perlu diragukan lagi.

Trofi Bundesliga hingga Liga Champions juga pernah ia raih. Sayangnya, penampilan apiknya bersama timnas Jerman tak berujung trofi satupun.

 

Itulah lima pemain ternama yang memutuskan gantung sepatu pada tahun 2020 ini. Tentu saja tinta emas yang pernah mereka goreskan di dunia sepak bola akan selalu diingat.

Selain nama-nama tersebut, beberapa pesepak bola lain juga gantung sepatu pada tahun ini. Apa momen paling berkesan dari pemain-pemain tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Bisa Pensiun pada Tahun 2021, Buffon Salah Satunya! 

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya