5 Pemain Ternama yang Pernah Berseragam Santos FC, Gak Hanya Neymar!

Deretan talenta bola ternama

Nama Santos FC mungkin sudah tidak asing lagi bagi penggemar sepak bola meskipun bukan klub Eropa. Dalam sejarah klub asal Brasil itu, pernah ada beberapa pemain ternama yang bersinar. Nama-nama seperti Rodrygo hingga Neymar menjadi contohnya.

Namun, tak hanya kedua pemain tersebut, beberapa pemain ternama yang saat ini aktif bermain juga ternyata pernah berseragam Santos. Pemain-pemain itu cukup bersinar, bahkan meraih kesuksesan bersama klub liga top Eropa. Lantas, siapa saja pemain ternama yang ternyata pernah membela Santos? Berikut ulasannya.

1. Alex Sandro

5 Pemain Ternama yang Pernah Berseragam Santos FC, Gak Hanya Neymar!forzaitalianfootball.com

Salah satu pemain ternama yang pernah berseragam Santos adalah Alex Sandro. Seperti yang kita tahu, pemain berkebangsaan Brasil ini menjadi andalan klub elit Serie A, Juventus. Si Nyonya Tua merekrutnya dari FC Porto pada musim 2015/2016. Sebelumnya ia pernah membela Santos pada tahun 2010 hingga 2011 dengan status pinjaman.

Lulusan akademi Atletico Paranense itu bergabung dengan Maldonado sebelum akhirnya dipinjamkan ke Santos dan hengkang ke Porto. Dinilai memiliki kualitas, Juve akhirnya merekrut Alex Sandro pada musim 2015/2016 dan bertahan hingga kini.

Selama berseragam Santos, pemain 30 tahun itu tampil dalam 41 pertandingan. Berposisi sebagai bek kiri, ia mencatatkan 1 gol dan 3 assist.

2. Danilo

5 Pemain Ternama yang Pernah Berseragam Santos FC, Gak Hanya Neymar!goal.com

Nama berikutnya adalah Danilo Luiz da Silva atau biasa dikenal dengan Danilo. Pemain berkebangsaan Brasil itu memang mulai dikenal saat berseragam Real Madrid hingga Manchester City dan kini membela Juventus. Namun, sebelum membela klub elit liga top Eropa tersebut, ia juga pernah membela Santos.

Pemain yang kini berusia 29 tahun itu berseragam Santos sejak 2010 hingga 2011. Hingga akhirnya ia bergabung dengan FC Porto dan diincar klub-klub elit. Bersama Santos, Danilo mencatatkan 65 pertandingan di semua kompetisi. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu menorehkan 10 gol dan 4 assist.

Baca Juga: Calon Bintang! 7 Pemain Timnas Brasil U-23 Paling Bernilai Saat Ini 

3. Rodrygo Goes

5 Pemain Ternama yang Pernah Berseragam Santos FC, Gak Hanya Neymar!goal.com

Pemain andalan Real Madrid saat ini, Rodrygo Goes, juga pernah membela Santos. Bahkan pemain yang kini berusia 20 tahun itu merupakan lulusan akademi Santos.

Ia bergabung dengan tim utama sejak musim 2017/2018. Masih muda dan memiliki talenta luar biasa membuat Real Madrid kepincut untuk merekrutnya.

Hingga akhirnya, pada musim 2019/2020 lalu, ia resmi berseragam El Real. Digadang-gadang akan menjadi bintang, Rodrygo dikontrak hingga Juni 2025. Saat berseragam tim utama Santos, pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap itu tampil dalam 49 pertandingan dengan torehan 10 gol dan 5 assist.

4. Gabriel Barbosa

5 Pemain Ternama yang Pernah Berseragam Santos FC, Gak Hanya Neymar!fedenerazzurra.net

Saat ini, Gabriel Barbosa memang membela klub Brasil, Flamengo. Namun sebelumnya, ia juga pernah berseragam salah satu klub elit Serie A, yaitu Inter Milan. Pemain yang dikenal dengan nama Gabigol ini juga merupakan lulusan akademi Santos.

Ia bergabung dengan tim utama sejak musim Januari 2013. Pada musim 2016/2017, Inter memboyongnya ke Eropa. Namun, pemain yang kini berusia 24 tahun tersebut lebih banyak dipinjamkan ke klub lain.

Hingga akhirnya dipermanenkan Flamengo sejak Januari 2020 lalu. Saat berseragam Santos, pemain asal Brasil ini mencatatkan 125 pertandingan dengan catatan 43 gol dan 13 assist.

5. Neymar

5 Pemain Ternama yang Pernah Berseragam Santos FC, Gak Hanya Neymar!twitter.com/NeymarStuff

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Neymar yang juga berasal Brasil dan tentu saja sudah sangat dikenal. Pemain yang kini bermain bersama Paris Saint-Germain itu juga merupakan lulusan akademi Santos. Ia bergabung dengan skuat utama Santos sejak Januari 2009.

Performa gemilang yang ditunjukkan bersama klub Brasil tersebut membuat banyak klub liga top Eropa mengincarnya. Hingga akhirnya, Barcelona menjadi klub yang merekrutnya pada musim 2013/2014.

Pada musim 2017/2018, Neymar dijual Barca ke PSG dan bertahan hingga saat ini. Bersama Santos, pemain 29 tahun itu tampil dalam 134 pertandingan dengan torehan 70 gol dan 35 assist.

 

Pemain-pemain tersebut tentu saja sudah dikenal penggemar sepak bola. Neymar menjadi yang terbaik saat berseragam Santos maupun bersama klub Eropa. Bagaimana pendapatmu?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya