Comscore Tracker

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Inter Milan, Ada Javier Zanetti

Bagaimana kontribusinya untuk Inter?

Inter Milan menjadi salah satu klub papan atas dalam sepak bola Italia. Klub dengan jersey biru-hitam ini menjadi calon kuat juara Serie A pada musim ini. Padahal, skuat Inter musim ini cukup banyak pemain yang sudah mulai menua. Namun hal tersebut memang sudah tidak asing lagi bagi Inter.

Dalam sejarah, cukup banyak pemain senior yang berseragam Nerazzurri. Salah satunya yaitu Javier Zanetti yang justru sukses membawa Inter berjaya di penghujung kariernya. Tak hanya Zanetti, ada juga pemain lainnya yang pernah mencatatkan penampilan di usia tua. Siapa saja mereka? Berikut pemain tertua yang pernah berseragam Inter Milan.

1. Javier Zanetti

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Inter Milan, Ada Javier Zanettiinstagram.com/javierzanetti

Pemain tertua yang pernah berseragam Inter Milan adalah Javier Zanetti. Pemain asal Argentina itu memang layak disebut sebagai legenda Nerazzurri. Ia bergabung dengan Inter pada musim 1995/1996 dan menjadikan Inter satu-satunya klub Eropa yang ia bela. Zanetti membela Inter hingga akhir kariernya, yakni pada tahun 2014.

Sosok yang kini berusia 47 tahun tersebut menjalani laga terakhirnya bersama Inter pada 18 Mei 2014. Dalam laga terakhir Serie A menghadapi Chievo Verona tersebut, ia sudah berusia 40 tahun, 9 bulan dan 8 hari. Selama berseragam Inter, ia tampil dalam 858 pertandingan dengan torehan 21 gol dan 16 assist.

2. Paolo Orlandoni

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Inter Milan, Ada Javier Zanettisempreinter.com

Berikutnya ada Paolo Orlandoni yang berposisi sebagai penjaga gawang. Kiper berkebangsaan Italia ini merupakan produk akadami Nerazzurri. Namun ia lebih banyak dipinjamkan ke klub lain hingga akhirnya sejak musim 2005/2006 ia membela Inter hingga akhir kariernya tahun 2012.

Orlandoni menjalani laga terakhirnya bersama Inter pada 7 Desember 2010 di usia 38 tahun, 3 bulan dan 25 hari. Saat itu, Inter berhadapan dengan Werder Bremen dalam ajang Liga Champions. Ia memang bukan kiper yang diandalkan Nerazzurri. Karena sepanjang kariernya, Orlandoni justru hanya tampil dalam 6 pertandingan.

Baca Juga: Saat Liga Italia Kembali Didominasi Inter Milan dan AC Milan

3. Francesco Toldo

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Inter Milan, Ada Javier Zanettiinter.it

Kurangnya jam terbang Orlandoni bersama Inter Milan tak lepas dari adanya Francesco Toldo. Kiper berkebangsaan Italia itu menjadi andalan Nerazzurri di bawah mistar gawang. Tepatnya sejak musim 2001/2002 hingga gantung sepatu pada tahun 2010.

Toldo sendiri menjalani pertandingan terakhir bersama Inter pada 3 Februari 2010. Dalam laga menghadapi Fiorentina di ajang Coppa Italia itu, Toldo sudah berusia 38 tahun, 2 bulan dan 1 hari. Selama sembilan musim menjadi bagian Inter, ia pun mencatatkan 233 pertandingan dengan catatan 239 kebobolan dan 95 clean sheet.

4. Alberto Fontana

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Inter Milan, Ada Javier Zanettiinter.it

Pemain keempat ini juga masih dari posisi penjaga gawang. Alberto Fontana menjadi pemain berikutnya yang berseragam Inter Milan saat usianya sudah tak muda lagi. Kiper yang juga berasal dari Italia itu membela Nerazzurri sejak musim 2001/2002. Pertandingan terakhirnya bersama Inter terjadi dalam laga menghadapi Bologna di ajang Coppa Italia.

Pada pertandingan yang digelar 12 Januari 2005 itu, Fontana sudah berusia 37 tahun, 11 bulan dan 20 hari. Meskipun sudah tak muda lagi, ia masih sempat membela dua klub Italia lain setelah hengkang dari Inter hingga pensiun pada tahun 2009. Fontana membela Inter dalam 24 pertandingan dengan catatan 23 kebobolan dan 6 clean sheet.

5. Marco Materazzi

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Inter Milan, Ada Javier Zanettifedenerazzurra.net

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Marco Materazzi yang mungkin tidak asing lagi. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini juga terbilang lama berseragam Inter Milan. Bergabung pada musim 2001/2002, ia baru hengkang dari Inter pada musim 2011/2012. Setelah itu ia tiga musim tidak bermain hingga akhirnya kembali ke lapangan hijau bersama klub India, Chennaiyin FC.

Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2016 itu menjalani laga terakhir bersama Inter pada 22 Mei 2011. Dalam laga menghadapi Catania itu, ia sudah berusia 37 tahun, 9 bulan dan 3 hari. Selama bersama Nerazzurri, ia tampil dalam 276 laga dengan torehan 21 gol dan 3 assist.

Usia tak menjadi halangan bagi pemain-pemain ini untuk terus bermain bola. Bahkan mereka masih bisa berlaga di kasta tertinggi meskipun sudah tak muda lagi.

Baca Juga: 5 Pemain Top Lulusan Akademi SS Lazio, Materazzi Hingga Nesta

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya