Comscore Tracker

Veteran, 5 Pemain Tertua yang Tampil di Premier League Musim 2020/2021

Tetap mampu bersaing di penghujung karier

Premier League musim 2020/2021 masih menyisakan beberapa cerita menarik yang tak boleh dilewatkan. Tak hanya mengulas sang juara Manchester City, fakta-fakta lainnya juga patut kita ketahui. Sebagai kompetisi paling bergengsi di muka bumi, Premier League menjadi arena bagi pesepak bola terbaik. Namun, tak semua pemain bisa berlaga di kasta teratas Liga Inggris ini.

Persaingan yang ketat membuat beberapa pemain tak mampu bertahan. Meskipun demikian, ternyata ada beberapa yang sudah senior bisa mencatatkan menit bermain di Premier League. Berikut daftar pemain tertua yang tampil di Premier League musim 2020/2021.

1. Willy Caballero (Chelsea)

Veteran, 5 Pemain Tertua yang Tampil di Premier League Musim 2020/2021Willy Caballero (chelseafc.com)

Willy Caballero adalah pemain tertua yang tampil di Premier League musim 2020/2021. Kiper veteran milik Chelsea tersebut masih mendapat kesempatan tampil di Premier League saat menghadapi West Bromwich Albion. Pada pertandingan yang digelar 26 September 2020 tersebut, Caballero sudah menginjak usia 38 tahun, 11 bulan, dan 29 hari.

Kiper berkebangsaan Argentina ini sebenarnya bukan kiper utama The Blues musim ini dan hanya mencatatkan 1 pertandingan. Caballero menjalani 34 pertandingan di Premier League. Kiper yang juga pernah membela Manchester City ini mencatatkan 11 clean sheet.

2. Phil Jagielka (Sheffield United)

Veteran, 5 Pemain Tertua yang Tampil di Premier League Musim 2020/2021Phil Jagielka (premierleague.com)

Pemain berikutnya dalam daftar ini adalah Phil Jagielka yang musim ini membela Sheffield United. Bek tengah berkebangsaan Inggris ini terakhir kali bermain di Premier League saat menghadapi Burnley di pekan terakhir. Pada pertandingan yang digelar 23 Mei 2021 tersebut, Jagielka sudah menginjak usia 38 tahun, 9 bulan, dan 6 hari.

Namun, Jagielka gagal membawa Sheffield bertahan di Premier League dan harus terdegradasi. Di ajang Premier League, Jagielka telah mencatatkan 376 pertandingan bersama beberapa tim. Dari penampilannya tersebut ia menorehkan 18 gol, 9 assist, dan 107 clean sheet.

Baca Juga: Degradasi, 5 Pemain Sheffield United yang Masih Layak Bermain di EPL

3. Branislav Ivanovic (West Bromwich Albion)

Veteran, 5 Pemain Tertua yang Tampil di Premier League Musim 2020/2021Branislav Ivanovic (premierleague.com)

Pemain berikutnya juga merupakan pemain yang tak kalah penting di lini belakang. Branislav Ivanovic yang pernah bersinar bersama Chelsea kini membela klub West Bromwich Albion. Di ajang Premier League, Ivanovic terakhir kali membela West Brom saat menghadapi Chelsea. Pertandingan tersebut digelar pada 3 April 2021 dan saat itu ia sudah menginjak usia 37 tahun, 1 bulan, dan 12 hari.

Pemain Serbia ini juga gagal membawa West Bromwich bertahan di Premier League. Premier League bukanlah kompetisi yang asing bagi Ivanovic karena ia pernah menjuarainya. Hingga kini ia telah tampil dalam 274 pertandingan. Sebagai bek tengah, ia mencatatkan 22 gol, 20 assist, dan 88 clean sheet.

4. Wes Morgan (Leicester City)

Veteran, 5 Pemain Tertua yang Tampil di Premier League Musim 2020/2021Wes Morgan (premierleague.com/Plumb Images)

Pemain veteran lainnya yang juga mencatatkan menit bermain di Premier League musim 2020/2021 adalah West Morgan. Pada Premier League musim ini Morgan membela Leicester City. Sayangnya, pemain Jamaika ini tidak terlalu diandalkan. Morgan sendiri tercatat sebagai salah satu pemain tertua saat tampil menghadapi Wolves.

Pada pertandingan yang digelar 8 November 2020 itu, bek tengah ini telah berusia 36 tahun, 9 bulan, dan 18 hari. Sepanjang kariernya di Premier League, Morgan telah mencatatkan 170 pertandingan yang semuanya bersama Leicester. Ia mencetak 8 gol, 2 assist, serta mencatatkan 41 clean sheet. 

5. Thiago Silva (Chelsea) 

Veteran, 5 Pemain Tertua yang Tampil di Premier League Musim 2020/2021Thiago Silva (premierleague.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini juga sudah tak asing bagi penggemar sepak bola. Pemain tersebut adalah Thiago Silva yang baru merasakan persaingan Premier League. Pada gelaran Premier League musim ini, Silva tampil membela Chelsea. Terakhir kali ia diturunkan saat laga menghadapi Aston Villa yang digelar pada 23 Mei 2021.

Saat menjalani laga tersebut, bek tengah ini telah berusia 36 tahun, 8 bulan, dan 1 hari. Sama seperti Caballero, ia juga membawa Chelsea finis di posisi keempat. Pemain berkebangsaan Brasil ini sudah mencatatkan 23 pertandingan di Premier League dengan raihan 2 gol dan 10 clean sheet.

 

Tentu saja bukan perkara mudah bagi para pemain senior tersebut bersaing dalam ketatnya Premier League. Banyak pemain muda yang juga mulai bermain di Premier League. Menurut kamu, bagaimana performa mereka?

Baca Juga: PSG dan Chelsea Bersaing untuk Dapatkan Achraf Hakimi

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya