5 Pemain Tertua di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Masih Bersaing!

Ada Pepe hingga Thiago Silva

Liga Champions 2022/2023 bakal memasuki babak gugur. Tersisa 16 tim yang memperebutkan trofi Si Kuping Besar setelah berhasil lolos dari persaingan fase grup.

Menilik kembali fase grup Liga Champions musim ini, ada beberapa catatan menarik, salah satunya para pemain senior yang masih merumput di ajang ini. Di usia yang sudah tak lagi muda, sederet pemain senior ini masih mampu bersaing. Siapa saja pemain tertua yang mentas di fase grup Liga Champions 2022/2023?

1. Allan McGregor (Rangers FC)

5 Pemain Tertua di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Masih Bersaing!Allan McGregor (twitter.com/RangersFC)

Allan McGregor menjadi pemain tertua yang tampil di fase grup Liga Champions musim ini. Kiper veteran milik Rangers FC tersebut masih mendapat kesempatan tampil di Liga Champions. Pada pertandingan melawan Ajax Amsterdam yang digelar 1 November 2022, dia sudah menginjak usia 40 tahun, 9 bulan, dan 1 hari.

Sayangnya, kiper berkebangsaan Skotlandia ini gagal membawa Rangers melaju ke babak selanjutnya. Pada musim ini, dia menjadi kiper utama Rangers di Liga Champions. Bermain dalam lima pertandingan, McGregor harus kebobolan 18 gol tanpa sekalipun mencatatkan clean sheet.

2. Pepe (FC Porto)

5 Pemain Tertua di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Masih Bersaing!Pepe (twitter.com/FCPorto)

Pemain berikutnya juga menjadi pemain yang tak kalah penting di lini belakang. Pepe yang pernah menjadi andalan Real Madrid kini masih aktif bermain membela FC Porto. Di ajang Liga Champions, dia menjadi andalan di lini pertahanan.

Pada pertandingan melawan Bayer Leverkusen yang digelar pada 4 Oktober 2022, Pepe tercatat sebagai salah satu pemain tertua. Saat itu, Pepe sudah menginjak usia 39 tahun, 7 bulan, dan 8 hari.

Pemain Portugal ini berhasil membawa Porto melaju ke babak gugur. Dia pun berkesempatan menambah catatan penampilannya di Liga Champions.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal Eropa yang Gagal di UCL 2022/2023, Ada Duo Barcelona

3. Remko Pasveer (Ajax Amsterdam)

5 Pemain Tertua di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Masih Bersaing!Remko Pasveer (twitter.com/AFCAjax)

Yang ketiga dalam daftar ini adalah Remko Pasveer yang saat ini membela klub Belanda, Ajax Amsterdam. Di usianya yang sudah tak lagi muda, Pasveer masih menjadi andalan Ajax.

Dia tercatat sebagai pemain tertua di fase grup ajang ini yaitu saat tampil menghadapi Rangers FC. Pada pertandingan yang digelar 1 November tersebut Pasveer sudah menginjak usia 38 tahun, 11 bulan, dan 24 hari.

Sama seperti Pepe, dia juga sukses mengantarkan timnya lolos ke babak gugur. Di Liga Champions musim ini, Pasveer tampil dalam enam laga dengan catatan 16 kebobolan dan sekali clean sheet

4. Makoto Hasebe (Eintracht Frankfurt)

5 Pemain Tertua di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Masih Bersaing!Makoto Hasebe (twitter.com/UEFAcom_de)

Pemain keempat dalam daftar ini juga sudah tak asing bagi penggemar sepak bola. Pemain tersebut adalah Makoto Hasebe yang berasal dari Jepang.

Pada gelaran Liga Champions 2022/2023, Hasebe tampil membela Eintracht Frankfurt. Salah satunya saat menghadapi Tottenham Hotspur pada 12 Oktober 2022. 

Saat menjalani laga tersebut, bek tengah ini telah berusia 38 tahun, 8 bulan, dan 24 hari. Hasebe juga sukses membawa Frankfurt melaju ke babak gugur.

5. Thiago Silva (Chelsea)

5 Pemain Tertua di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Masih Bersaing!Thiago Silva (premierleague.com)

Pemain veteran lainnya yang tak kalah populer adalah Thiago Silva. Pada Liga Champions musim ini dia membela Chelsea. Pemain berkebangsaan Brasil ini juga masih akan berlaga di babak 16 besar.

Thiago Silva sendiri tercatat sebagai salah satu pemain tertua saat tampil menghadapi Dinamo Zagreb. Pada pertandingan yang digelar 2 November 2022 itu, dia telah berusia 38 tahun, 1 bulan, dan 11 hari.

Meski sudah cukup senior, Thiago Silva tetap menjadi andalan utama di lini belakang The Blues. Bahkan, dia baru saja memperpanjang kontraknya bersama klub London tersebut.

Beberapa pemain senior di atas masih punya kesempatan memperpanjang rekor dengan tampil di babak gugur Liga Champions 2022/2023. Adakah dari sederet nama di atas yang berhasil mengicipi gelar juara musim ini?

Baca Juga: 5 Debutan Termuda di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Calon Bintang

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya