Comscore Tracker

6 Pemain Tertua yang Tampil di Piala Eropa 2020, Ada yang Jadi Juara!

Chiellini antarkan Italia juara!

Gelaran Piala Eropa 2020 telah menjadi tontonan menarik bagi penggemar sepak bola selama sebulan terakhir. Italia akhirnya menjadi tim yang keluar sebagai juara pada edisi kali ini. Pertarungan para bintang Eropa telah menjadi suguhan yang menarik. Namun, beberapa di antara bintang tersebut sudah tak lagi muda dan bisa saja ini menjadi Piala Eropa terakhir bagi mereka.

Meskipun sudah tak muda lagi, mereka tetap menjadi andalan di timnasnya masing-masing. Salah satunya adalah Cristiano Ronaldo di Portugal dan Giorgio Chiellini yang sukses membawa Italia juara. Berikut daftar pemain tertua yang tampil di Piala Eropa 2020 kali ini.

1. Maarten Stekelenburg (Belanda) 

6 Pemain Tertua yang Tampil di Piala Eropa 2020, Ada yang Jadi Juara!Maarten Stekelenburg (supersport.com)

Pemain tertua yang tampil di Piala Eropa 2020 adalah Maarten Stekelenburg. Ia merupakan penjaga gawang veteran yang masih menjadi andalan Timnas Belanda. Pada turnamen kali ini, kiper Ajax Amsterdam itu tampil membela Belanda dalam 4 pertandingan. Ia sukses mencatatkan 2 clean sheet dan kebobolan 4 gol.

Pertandingan terakhirnya adalah menghadapi Republik Ceko di babak 16 besar. Dalam pertandingan yang dimainkan pada 27 Juni 2021 itu, Stekelenburg sudah berusia 38 tahun, 9 bulan, dan 5 hari. Sayangnya, ia tak mampu membantu negara melaju ke babak berikutnya.

2. Pepe (Portugal)

6 Pemain Tertua yang Tampil di Piala Eropa 2020, Ada yang Jadi Juara!Pepe (eurosport.com)

Berikutnya ada Pepe yang juga mencatatkan cukup banyak pertandingan di Piala Eropa 2020 kali ini. Bek tengah ini membela Portugal dalam 4 pertandingan. Setelah mengantarkan timnya lolos dari fase grup, Pepe tak kuasa menahan serangan penggawa Belgia hingga sukses menyingkirkan Portugal.

Dalam pertandingan yang digelar pada 27 Juni 2021 itu, Pepe sudah menginjak usia 38 tahun, 4 bulan, dan 1 hari. Piala Eropa kali ini pun kemungkinan besar menjadi kesempatan terakhirnya.

Baca Juga: Dasar Iseng, Cristiano Ronaldo Siram Kepala Pepe Pakai Air Dingin

3. Goran Pandev (Makedonia Utara)

6 Pemain Tertua yang Tampil di Piala Eropa 2020, Ada yang Jadi Juara!Goran Pandev (twitter.com/brfootball)

Goran Pandev menjadi pemain yang mengakhiri karier internasionalnya di ajang Piala Eropa 2020. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini membela Makedonia Utara yang baru pertama kali tampil di ajang Piala Eropa. Meskipun negaranya gagal total di turnamen ini, Pandev yang menjadi kapten tetap mendapat penghormatan.

Laga terakhirnya terjadi pada 21 Juni 2021. Saat itu, Makedonia Utara menghadapi tuan rumah Belanda. Dalam pertandingan tersebut, Pandev sudah berusia 37 tahun, 10 bulan, dan 25 hari. Mantan pemain Inter Milan itu telah mencatatkan 122 caps sepanjang kariernya.

4. Yuri Zhirkov (Rusia)

6 Pemain Tertua yang Tampil di Piala Eropa 2020, Ada yang Jadi Juara!Yuri Zhirkov (goal.com)

Pemain keempat ini juga tentunya sudah tak asing lagi karena pernah bersinar saat membela Chelsea. Yuri Zhirkov yang juga sudah tak muda lagi mendapat kesempatan membela Rusia di Piala Eropa 2020. Ia hanya memainkan satu pertandingan di turnamen ini, tepatnya saat Rusia menghadapi Belgia di laga perdana pada 12 Juni 2021.

Dalam pertandingan fase grup tersebut, Zhirkov sudah berusia 37 tahun, 9 bulan, dan 23 hari. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini sudah mencatatkan 105 caps bersama Rusia.

5. Giorgio Chiellini (Italia)

6 Pemain Tertua yang Tampil di Piala Eropa 2020, Ada yang Jadi Juara!Giorgio Chiellini (twitter.com/chiellini)

Giorgio Chiellini berhasil mencatatkan tinta emas di usia yang memasuki penghujung karier. Dipercaya sebagai kapten, Chiellini sukses membawa Italia menjadi juara di Piala Eropa 2020 kali ini. Pemain yang lama membela Juventus itu selalu menjadi andalan Gli Azzurri di lini belakang.

Dalam laga final menghadapi Inggris, Chiellini sudah menginjak usia 36 tahun, 10 bulan, dan 27 hari. Dengan tambahan 5 pertandingan di Piala Eropa 2020, ia telah mencatatkan 112 caps bersama Timnas Italia.

6. Cristiano Ronaldo (Portugal)

6 Pemain Tertua yang Tampil di Piala Eropa 2020, Ada yang Jadi Juara!Cristiano Ronaldo (twitter.com/goal)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah sang megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo. Pada gelaran kali ini, Ronaldo dituntut untuk mempertahankan gelar yang telah diraih empat tahun lalu. Namun, akhirnya Portugal harus tersingkir di babak 16 besar dari Belgia.

Meskipun demikian, CR7 mencatatkan banyak rekor baru di turnamen ini. Saat Portugal menghadapi Belgia, Ronaldo sudah menginjak usia 36 tahun, 4 bulan, dan 22 hari. Saat ini, ia berstatus sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah Piala Eropa serta di level internasional.

 

Pengalaman dari bintang veteran itu sangat berharga menghadapi turnamen sebesar Piala Eropa. Bukan tidak mungkin beberapa dari mereka bisa tampil kembali di edisi berikutnya.

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Ronaldo Topskor, Donnarumma Pemain Terbaik

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya