5 Pemain Tertua Timnas Italia yang Pernah Tampil di Ajang Piala Eropa

Gianluigi Buffon hingga Marco Materazzi 

Italia adalah salah satu tim yang diprediksi bakal mampu berbicara banyak di Piala Eropa 2020. Dalam beberapa laga terakhir, mereka meraih hasil yang sangat positif. Perpaduan pemain muda dan senior menjadi kekuatan ditambah racikan strategi pelatih pengalaman, Roberto Mancini.

Tak seperti biasanya, skuad Italia kali ini tak terlalu banyak diisi pemain-pemain senior. Pada edisi-edisi sebelumnya, mereka kerap mengandalkan pemain senior untuk diandalkan di Piala Eropa. Hingga saat ini, Italia baru sekali menjadi juara Piala Eropa, tepatnya pada tahun 1968. Berikut daftar pemain tertua Timnas Italia yang pernah tampil di Piala Eropa.

1. Gianluigi Buffon

5 Pemain Tertua Timnas Italia yang Pernah Tampil di Ajang Piala EropaGianluigi Buffon (uefa.com)

Di urutan pertama ada Gianluigi Buffon yang saat ini masih aktif sebagai pemain profesional. Kiper veteran milik Juventus tersebut sudah tak lagi mendapat panggilan Timnas Italia, khususnya untuk Piala Eropa 2020. Laga terakhirnya bersama Gli Azzurri di Piala Eropa terjadi pada 2 Juli 2016.

Pada pertandingan melawan Jerman tersebut, Buffon sudah menginjak usia 38 tahun, 5 bulan, dan 4 hari. Kiper yang kini berusia 43 tahun tersebut sudah menjalani 176 pertandingan bersama Timnas Italia. Tak jarang juga saat membela timnas ia dipercaya sebagai kapten tim. 

2. Dino Zoff

5 Pemain Tertua Timnas Italia yang Pernah Tampil di Ajang Piala EropaDino Zoff (goal.com)

Pemain tertua kedua yang pernah berseragam Timnas Italia adalah Dino Zoff. Pemain yang juga berposisi sebagai penjaga gawang ini membela Italia untuk terakhir kalinya di Piala Eropa pada edisi 1980, tepatnya pada 21 Juni 1980. Saat itu Zoff membela Gli Azzurri dalam laga menghadapi Republik Ceko.

Dalam pertandingan tersebut, pemain Italia yang satu ini sudah berusia 38 tahun, 3 bulan, dan 24 hari. Sepanjang kariernya, pemain yang gantung sepatu pada tahun 1983 itu telah mencatatkan 112 caps bersama Timnas Italia.

Baca Juga: Mengenal Piramida Sepak Bola Italia, Ada Lebih dari 500 Divisi!

3. Christian Panucci

5 Pemain Tertua Timnas Italia yang Pernah Tampil di Ajang Piala EropaChristian Panucci (asroma.com)

Berikutnya ada nama Christian Panucci yang berposisi sebagai bek kanan. Pemain yang beroperasi di lini belakang ini menjadi andalan Italia pada masanya. Panucci terakhir kali dipercaya tampil di Piala Eropa saat Gli Azzurri menghadapi Timnas Spanyol, tepatnya pada 22 Juni 2008.

Pada pertandingan tersebut, Panucci sudah berusia 35 tahun, 2 bulan, dan 10 hari. Ia mencatatkan 57 caps dengan torehan 4 gol sebelum akhirnya gantung sepatu pada Agustus 2010.

4. Andrea Barzagli

5 Pemain Tertua Timnas Italia yang Pernah Tampil di Ajang Piala EropaAndrea Barzagli (goal.com)

Pemain keempat dalam daftar ini adalah Andrea Barzagli yang sudah cukup familier. Barzagli merupakan pemain andalan Timnas Italia di lini belakang. Terakhir kali ia dipercaya tampil berseragam Gli Azzurri di Piala Eropa pada edisi tahun 2016. Pertandingan terakhirnya terjadi pada 2 Juli 2016.

Saat itu Timnas Italia menghadapi Timnas Jerman di babak gugur. Dalam pertandingan itu, Barzagli sudah berusia 35 tahun, 1 bulan, dan 24 hari. Sebelum gantung sepatu pada tahun 2019, ia sudah memainkan 74 pertandingan bersama Timnas Italia.

5. Marco Materazzi

5 Pemain Tertua Timnas Italia yang Pernah Tampil di Ajang Piala EropaMarco Materazzi (eurosport.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Marco Materazzi yang juga sudah cukup familier. Sama seperti pemain-pemain sebelumnya, ia merupakan pemain andalan Timnas Italia di lini belakang. Terakhir kali ia dipercaya tampil berseragam Gli Azzurri di Piala Eropa pada 9 Juni 2008.

Saat itu Timnas Italia menghadapi Timnas Belanda dalam babak grup. Dalam pertandingan itu, Materazzi sudah berusia 34 tahun, 9 bulan, dan 21 hari. Sebelum gantung sepatu pada tahun 2016, ia sudah memainkan 41 pertandingan dengan catatan 2 gol.

 

Italia memang identik dengan pemain-pemain senior yang sarat pengalaman. Namun, pada gelaran Piala Eropa 2020 kali ini, mereka mencoba mengandalkan beberapa pemain muda untuk regenerasi.

Baca Juga: 5 Pemain Top Lulusan Akademi SS Lazio, Materazzi Hingga Nesta

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya