Comscore Tracker

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Paris Saint-Germain

Gianluigi Buffon, Makelele hingga David Beckham!

Paris Saint-Germain menjelma jadi tim raksasa di kompetisi domestik, khususnya dalam sepuluh tahun terakhir. Hal tersebut tak terlepas dari pemilik baru, yakni taipan asal Qatar, Nasser Al-Khelaifi, yang kerap memboyong pemain bintang. Nama-nama seperti David Beckham, Kylian Mbappe, hingga Neymar didatangkan ke Parc des Princes.

Saat ini, mereka pun lebih memilih mengandalkan pemain yang berada di puncak karier. Cukup jarang pemain yang sudah cukup senior menjadi andalan. Meskipun demikian, ada beberapa pemain senior yang pernah mencatatkan menit bermain dalam sejarah Les Parisiens. Berikut daftar pemain tertua yang pernah berseragam Paris Saint-Germain.

1. Gianluigi Buffon

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Paris Saint-Germainpsg.fr

Pemain tertua yang pernah berseragam Paris Saint-Germain adalah Gianluigi Buffon. Ia menjadi salah satu pemain yang berseragam PSG saat usianya sudah tak muda lagi. Kiper yang berasal dari Italia itu membela Les Parisiens selama semusim, tepatnya pada 2018/2019.

Pertandingan terakhirnya terjadi dalam laga menghadapi Stade De Reims di Ligue 1. Pada pertandingan yang digelar 24 Mei 2019 itu, Buffon sudah berusia 41 tahun, 3 bulan, dan 26 hari. Selama semusim, Buffon membela PSG dalam 25 pertandingan dengan catatan 25 kebobolan dan 9 clean sheets.

2. Ronan Le Crom

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Paris Saint-Germaingoal.com

Pemain tertua kedua yang pernah berseragam Paris Saint-Germain adalah Ronan Le Crom yang juga berposisi sebagai penjaga gawang. Kiper berkebangsaan Prancis ini juga tak terlalu lama berseragam PSG. Di mana ia menjadi bagian Les Parisiens hanya dalam setengah musim sebelum akhirnya gantung sepatu pada tahun 2013.

Le Crom mencatatkan pertandingan terakhir pada 26 Mei 2013. Ia membela PSG saat menghadapi FC Lorient. Dalam pertandingan tersebut, Le Crom telah menginjak usia 38 tahun, 10 bulan, dan 13 hari. Pertandingan tersebut menjadi satu-satunya kesempatan yang didapat Le Crom selama membela PSG.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Paris Saint-Germain hingga Kini

3. Gregory Coupet

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Paris Saint-Germainsportsmole.co.uk

Masih dari posisi penjaga gawang, berikutnya ada nama Gregory Coupet. Kiper berkebangsaan Prancis ini juga membela Paris Saint-Germain di penghujung kariernya. Ia bergabung dengan PSG pada musim 2009/2010 sebelum akhirnya gantung sepatu pada tahun 2011.

Terakhir kali Coupet tampil bersama Les Parisiens adalah saat menghadapi Saint-Etienne. Pada pertandingan yang digelar 29 Mei 2011 tersebut, ia telah berusia 38 tahun, 4 bulan, dan 28 hari. Dua musim berseragam PSG, Coupet mencatatkan 41 penampilan dengan catatan 45 kebobolan dan 9 clean sheets.

4. Claude Makelele

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Paris Saint-Germaineurosport.com/Reuters

Pemain keempat dalam daftar ini adalah Claude Makelele yang bukan berposisi sebagai penjaga gawang. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini juga sama seperti pemain sebelumnya dalam daftar ini. Bergabung pada musim 2008/2009, ia membela PSG hingga akhir kariernya tahun 2011.

Pemain yang juga berasal dari Prancis itu menjalani laga terakhir bersama Les Parisiens pada 29 Mei 2011. Dalam laga menghadapi Saint-Etienne itu, ia sudah berusia 38 tahun, 3 bulan dan 11 hari. Selama bersama PSG, ia tampil dalam 118 pertandingan dengan torehan 1 gol dan 4 assists.

5. David Beckham

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Paris Saint-Germainbleacherreport.com/Dean Mouhtaropoulos/Getty Images

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah David Beckham. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini juga tidak lama berseragam Paris Saint-Germain. Lulusan akademi United ini bergabung pada Januari 2013 hingga akhirnya pensiun pada akhir musim.

Pemain berkebangsaan Inggris ini menjalani laga terakhir bersama PSG pada 18 Mei 2013. Dalam laga menghadapi Stade Brest itu, ia sudah berusia 38 tahun dan 16 hari. Selama bersama Les Parisiens, ia tampil dalam 14 laga dengan torehan 2 assists.

 

Itulah lima pemain tertua yang pernah berseragam Paris Saint-Germain. Rekor Buffon sepertinya akan sulit dipecahkan karena saat ini PSG jarang mengandalkan pemain senior.

Baca Juga: 10 Pemain Tertua yang Mencetak Gol di Liga Champions Sepanjang Masa

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya