Comscore Tracker

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Real Madrid, Ada Ferenc Puskas!

Deretan legenda Los Blancos!

Real Madrid adalah salah satu klub tersukses di Eropa hingga saat ini. Klub berjuluk Los Blancos ini juga memiliki prestasi mentereng, di antaranya menjadi klub tersukses di LaLiga hingga tersukses di Liga Champions. Hal tersebut membuat para pemain dari penjuru dunia berharap bisa membela El Real.

Tentunya tak mudah bisa tampil bersama klub sebesar Real Madrid, apalagi jika sudah tak muda lagi. Namun, dalam sejarah, ada beberapa pemain yang mencatatkan menit bermain bersama Madrid meskipun sudah tak muda lagi. Berikut daftar pemain tertua yang pernah berseragam Real Madrid.

1. Ferenc Puskas

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Real Madrid, Ada Ferenc Puskas!goal.com

Pemain tertua yang pernah berseragam Real Madrid adalah Ferenc Puskas. Momen tersebut terjadi saat Puskas membela El Real menghadapi Sevilla di ajang LaLiga. Pada pertandingan yang digelar 21 November 1965 tersebut, ia melakoni laga terakhir bersama El Real saat usia 38 tahun, 7 bulan, dan 19 hari.

Sebelum pensiun pada tahun 1966, pemain berposisi penyerang ini cukup lama membela Real Madrid. Ia berseragam Los Blancos sejak tahun 1958. Selama bermain bersama El Real, Puskas mencatatkan 223 penampilan. Beroperasi di lini depan, ia menorehkan 195 gol dari penampilannya tersebut.

Baca Juga: Gol Solo Run Miliknya Raih Puskas Award, Seberapa Cepat Son Heung-min?

2. Paco Buyo

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Real Madrid, Ada Ferenc Puskas!transfermarkt.com/Imago Images

Pemain tertua kedua yang pernah berseragam Real Madrid adalah Paco Buyo. Kiper berkebangsaan Spanyol ini cukup lama berseragam El Real sebelum akhirnya gantung sepatu pada tahun 1997. Ia bergabung dengan Los Blancos sejak tahun 1988.

Terakhir kali Buyo tampil bersama Real Madrid di LaLiga adalah saat menghadapi Albacete. Pada pertandingan yang digelar 16 Maret 1996 tersebut, ia telah berusia 38 tahun, 2 bulan, dan 3 hari. Bersama Madrid, Buyo mencatatkan 432 penampilan dengan catatan 409 kebobolan dan 175 clean sheet.

3. Jerzy Dudek

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Real Madrid, Ada Ferenc Puskas!eurosport.com

Pemain ketiga ini juga masih dari posisi penjaga gawang. Jerzy Dudek menjadi pemain berikutnya yang berseragam Real Madrid saat usianya sudah tak muda lagi. Kiper yang berasal dari Polandia itu membela Los Blancos dipenghujung kariernya sebelum gantung sepatu pada tahun 2011.

Pertandingan terakhirnya terjadi dalam laga menghadapi Almeria di LaLiga. Pada pertandingan yang digelar 21 Mei 2011 itu, Dudek sudah berusia 38 tahun, 1 bulan, dan 28 hari. Bersama El Real, Dudek membela Madrid dalam 12 pertandingan dengan catatan 18 kebobolan dan 3 clean sheet.

4. Alfredo di Stefano

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Real Madrid, Ada Ferenc Puskas!goal.com

Pemain keempat dalam daftar ini adalah Alfredo di Stefano. Pemain yang beroperasi di lini serang ini terbilang lama berseragam Real Madrid. Pemain berkebangsaan Spanyol ini bergabung dengan El Real sejak tahun 1953. Ia kemudian hengkang ke Espanyol para tahun 1964 sebelum gantung sepatu pada tahun 1966. 

Pemain kelahiran Argentina ini menjalani laga terakhir bersama Madrid pada 27 Mei 1964. Dalam laga menghadapi Inter Milan itu ia sudah berusia 37 tahun, 10 bulan, dan 23 hari. Selama bersama Los Blancos, ia tampil dalam 344 laga dengan torehan 266 gol.

5. Paco Gento

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Real Madrid, Ada Ferenc Puskas!eurosport.com/imago images

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Paco Gento yang berposisi sebagai penyerang kiri. Pemain yang berasal dari Spanyol ini hanya membela Real Madrid selama kariernya, tepatnya pada sejak tahun 1953 sebelum gantung sepatu pada tahun 1971.

Gento tentu saja layak disebut sebagai legenda Los Blancos. Ia menjalani laga terakhir bersama Madrid pada 21 Mei 1971. Dalam laga menghadapi Chelsea itu, ia sudah berusia 37 tahun dan 7 bulan. Selama bersama Los Blancos, ia tampil dalam 519 laga dengan torehan 159 gol.

 

Itulah lima pemain tertua yang pernah berseragam Real Madrid. Dalam beberapa tahun terakhir memang jarang ada yang bisa membela El Real hingga penghujung kariernya.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Manchester City, Para Veteran!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya