5 Pemain Tertua Tim Nasional Jerman yang Pernah Bermain di Piala Eropa

Deretan legenda Die Mannschaft

Jerman merupakan salah satu negara unggulan di setiap turnamen yang diikuti, tak terkecuali Piala Eropa. Hal tersebut karena Jerman diperkuat pesepak bola hebat yang bisa menjadi tumpuan timnas. Sebut saja Lothar Matthaus dan kini ada Kai Havertz. Di ajang Piala Eropa, tim berjuluk Die Mannschaft itu sukses menjadi juara 3 kali, tepatnya pada tahun 1972, 1980, dan 1996.

Pada edisi kali ini, mereka tentu saja menjadi salah satu unggulan. Di skuad Piala Eropa kali ini, ada beberapa pemain senior yang masih diandalkan. Namun, ternyata sudah ada beberapa pemain senior yang pernah berseragam Timnas Jerman di ajang Piala Eropa. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Lothar Matthaus 

5 Pemain Tertua Tim Nasional Jerman yang Pernah Bermain di Piala EropaLothar Matthaus (fifa.com)

Lothar Matthaus merupakan nama yang sudah tidak asing lagi. Pemain yang beroperasi di lini tengah ini menjadi andalan Timnas Jerman pada masanya. Matthaus terakhir kali dipercaya tampil di Piala Eropa pada edisi tahun 2000. Saat itu Die Mannschaft menghadapi Timnas Portugal, tepatnya pada 20 Juni 2000. 

Pada pertandingan tersebut, Matthaus sudah berusia 39 tahun, 2 bulan, dan 30 hari. Sepanjang kariernya, Matthaus mencatatkan 150 caps bersama Timnas Jerman. Meskipun lebih ditugaskan untuk memutus serangan lawan, ia berhasil mencetak 23 gol dari penampilannya tersebut.

2. Jens Lehmann 

5 Pemain Tertua Tim Nasional Jerman yang Pernah Bermain di Piala EropaJens Lehmann (worcesternews.co.uk)

Pemain tertua kedua yang pernah berseragam Timnas Jerman di ajang Piala Eropa adalah Jens Lehmann. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang ini menjadi andalan Timnas Jerman di era '90-an hingga awal 2000-an. Lehmann menjalani pertandingan terakhir bersama Timnas Jerman di Piala Eropa pada edisi tahun 2008.

Saat itu Lehmann membela Timnas Jerman di partai final menghadapi Timnas Spanyol. Pada pertandingan yang digelar 29 Juni 2008 tersebut, Lehmann sudah menginjak usia 38 tahun, 7 bulan, dan 19 hari. Sepanjang kariernya, Lehmann mencatatkan 61 caps

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Arsenal, Jens Lehmann Teratas!

3. Oliver Neuville

5 Pemain Tertua Tim Nasional Jerman yang Pernah Bermain di Piala EropaOliver Neuville (dfb.de)

Pemain ketiga ini juga menjadi bagian Timnas Jerman saat menjadi runner-up Piala Eropa tahun 2008. Pemain yang dimaksud adalah Oliver Neuville yang berposisi sebagai penyerang. Ia terakhir kali bermain membela Timnas Jerman di Piala Eropa 2008, tepatnya pada 16 Juni 2008. Saat itu ia membela Die Mannschaft dalam laga menghadapi Timnas Austria.

Pada pertandingan tersebut, Neville telah berusia 35 tahun, 1 bulan, dan 16 hari. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2011 ini telah tampil dalam 69 pertandingan bersama Timnas Jerman. Dari penampilannya tersebut, ia yang beroperasi di lini depan sukses menorehkan 10 gol.

4. Oliver Khan

5 Pemain Tertua Tim Nasional Jerman yang Pernah Bermain di Piala EropaOliver Kahn (fifa.com)

Pemain tertua keempat yang pernah berseragam Timnas Jerman di Piala Eropa adalah Oliver Kahn. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang ini membela Jerman untuk terakhir kalinya di Piala Eropa pada edisi tahun 2004, tepatnya pada 23 Juni 2004 saat Kahn membela Die Mannschaft dalam laga menghadapi Republik Ceko.

Dalam pertandingan tersebut, pemain Jerman yang satu ini sudah berusia 35 tahun dan 8 hari. Sepanjang kariernya, pemain yang gantung sepatu pada tahun 2008 itu telah mencatatkan 86 caps bersama Timnas Jerman.

5. Ulf Kirsten

5 Pemain Tertua Tim Nasional Jerman yang Pernah Bermain di Piala EropaUlf Kirsten (bayer04.de)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Ulf Kirsten yang juga cukup familier. Kirsten merupakan pemain andalan Timnas Jerman di lini depan. Terakhir kali ia dipercaya tampil berseragam Die Mannschaft di Piala Eropa pada edisi tahun 2000. Pertandingan terakhirnya terjadi pada 20 Juni 2000.

Saat itu Timnas Jerman menghadapi Timnas Portugal. Dalam pertandingan itu, Kirsten sudah berusia 34 tahun, 6 bulan, dan 16 hari. Sebelum gantung sepatu pada tahun 2003, ia sudah memainkan 51 pertandingan dengan catatan 20 gol.

 

Meskipun sudah tak muda lagi, pengalaman mereka tentu saja dibutuhkan oleh tim untuk mengarungi ketatnya persaingan seperti di ajang Piala Eropa. Pada gelaran Piala Eropa 2020, Manuel Neuer bakal menjadi pemain tertua di skuad Die Mannschaft.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua Timnas Italia yang Pernah Tampil di Ajang Piala Eropa

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya