Comscore Tracker

5 Pemain Tertua Timnas Prancis Sepanjang Sejarah Ajang Piala Eropa

Deretan pemain-pemain ternama Les Blues!

Prancis adalah salah satu negara unggulan di setiap turnamen yang diikuti, termasuk Piala Eropa. Hal tersebut disebabkan Prancis kerap melahirkan pesepak bola hebat yang bisa menjadi tumpuan timnas. Sebut saja Thierry Henry dan kini ada Mbappe. Di ajang Piala Eropa, tim berjuluk Ayam Jantan itu sukses menjadi juara dua kali, tepatnya pada tahun 1984 dan 2000.

Pada edisi kali ini, mereka tentu saja berhasrat menambah gelar. Di skuad Piala Eropa kali ini, ada beberapa pemain senior yang masih diandalkan. Namun, ternyata sudah ada beberapa pemain senior yang pernah berseragam Timnas Prancis di ajang Piala Eropa. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Bernard Lama

5 Pemain Tertua Timnas Prancis Sepanjang Sejarah Ajang Piala EropaBernard Lama (rtl.fr)

Pemain tertua yang pernah berseragam Timnas Prancis di ajang Piala Eropa adalah Bernard Lama. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang ini menjadi andalan Timnas Prancis di era '90-an. Lama menjalani pertandingan terakhir bersama Timnas Prancis di Piala Eropa pada edisi tahun 2000.

Saat itu Lama membela Timnas Prancis di babak grup menghadapi Timnas Belanda. Pada pertandingan yang digelar 20 Juni 2000 tersebut, Lama sudah menginjak usia 37 tahun, 7 bulan, dan 13 hari. Sepanjang kariernya, Lama mencatatkan 44 caps dan berhasil mengantarkan Timnas Prancis juara Piala Eropa.

2. Lilian Thuram 

5 Pemain Tertua Timnas Prancis Sepanjang Sejarah Ajang Piala EropaLilian Thuram (goal.com)

Pemain kedua dalam daftar ini adalah Lilian Thuram yang sudah cukup familier. Thuram merupakan pemain andalan Timnas Prancis di lini belakang. Terakhir kali ia dipercaya tampil berseragam Les Blues di Piala Eropa pada edisi tahun 2008. Pertandingan terakhirnya terjadi pada 13 Juni 2008.

Saat itu Timnas Prancis menghadapi Timnas Belanda di babak grup. Dalam pertandingan itu, Thuram sudah berusia 36 tahun, 5 bulan, dan 12 hari. Sebelum gantung sepatu pada tahun 2008, ia sudah memainkan 140 pertandingan dengan catatan 2 gol. Ia juga menjadi bagian Timnas Prancis saat juara Piala Eropa tahun 2000.

Baca Juga: Marcus Thuram, Putra Legenda Juventus yang Jadi Incaran Baru Liverpool

3. Marcel Desailly

5 Pemain Tertua Timnas Prancis Sepanjang Sejarah Ajang Piala EropaMarcel Desailly (twitter.com/Squawka)

Pemain ketiga ini juga menjadi bagian Timnas Prancis saat menjuarai Piala Eropa tahun 2000. Pemain yang tersebut adalah Marcel Desailly yang berposisi sebagai bek tengah. Ia terakhir kali bermain membela Timnas Prancis di Piala Eropa 2004, tepatnya pada 17 Juni 2004. Saat itu ia membela Les Blues dalam laga menghadapi Timnas Kroasia.

Pada pertandingan tersebut, Desailly telah berusia 35 tahun, 9 bulan, dan 10 hari. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2005 ini telah tampil dalam 116 pertandingan bersama Timnas Prancis. Dari penampilannya tersebut, ia yang beroperasi di lini belakang sukses menorehkan 3 gol.

4. Gregory Coupet 

5 Pemain Tertua Timnas Prancis Sepanjang Sejarah Ajang Piala EropaGregory Coupet (skysports.com)

Pemain tertua keempat yang pernah berseragam Timnas Prancis di Piala Eropa adalah Gregory Coupet. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang ini membela Prancis untuk terakhir kalinya di Piala Eropa pada edisi tahun 2008. Tepatnya pada 17 Juni 2008 saat Coupet membela Les Blues dalam laga menghadapi Italia.

Dalam pertandingan tersebut, pemain Prancis yang satu ini sudah berusia 35 tahun, 4 bulan, dan 17 hari. Sepanjang kariernya, pemain yang gantung sepatu pada tahun 2011 itu telah mencatatkan 34 caps bersama Timnas Prancis.

5. Claude Makelele 

5 Pemain Tertua Timnas Prancis Sepanjang Sejarah Ajang Piala EropaClaude Makelele (uefa.com)

Claude Makelele merupakan nama yang sudah tidak asing lagi. Pemain yang beroperasi di lini tengah ini menjadi andalan Timnas Prancis pada masanya. Makelele terakhir kali dipercaya tampil di Piala Eropa pada edisi tahun 2008. Saat itu Les Blues menghadapi Timnas Italia, tepatnya pada 17 Juni 2008. 

Pada pertandingan tersebut, Makelele sudah berusia 35 tahun, 3 bulan, dan 30 hari. Ia mencatatkan 72 caps dengan bersama Timnas Prancis sebelum akhirnya gantung sepatu pada tahun 2011. Sayangnya, ia tak mampu membawa Timnas Prancis meraih gelar juara.

 

Meskipun sudah tak muda lagi, mereka tetap dibutuhkan dalam tim karena memiliki pengalaman lebih. Apalagi, beberapa dari pemain dalam daftar ini pernah membawa Timnas Prancis juara Piala Eropa. Akankah Les Blues menjuarai Piala Eropa pada edisi kali ini?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Didatangkan AC Milan dari Klub Liga Prancis

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya