Comscore Tracker

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Timnas Spanyol, Deretan Legenda

Sergio Ramos salah satunya?

Spanyol adalah salah satu negara yang memiliki prestasi cukup baik dalam dunia sepak bola. Di ajang Piala Eropa, mereka menjadi salah satu tim tersukses dengan raihan 3 trofi. Banyak pemain hebat yang sudah dilahirkan Negeri Matador. Tak sedikit dari mereka pun menjadi tulang punggung di tim nasional hingga akhir kariernya.

Pada gelaran Piala Eropa 2020 nanti, Luis Enrique telah mengumumkan nama yang akan memperkuat Timnas Spanyol. Uniknya, dari daftar tersebut tidak ada nama Sergio Ramos yang berstatus sebagai kapten.

Ramos memang sudah tak muda lagi, namun sebenarnya ada beberapa pemain yang lebih senior yang pernah mencatatkan menit bermain bersama Timnas Spanyol. Siapa saja pemain tertua yang pernah berseragam Timnas Spanyol? Berikut ulasannya.

1. Antoni Ramallets

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Timnas Spanyol, Deretan LegendaAntoni Ramallets (fcbarcelona.fr)

Pemain tertua yang pernah berseragam Timnas Spanyol adalah Antoni Ramallets. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang ini membela Spanyol untuk terakhir kalinya saat bermain di ajang kualifikasi Piala Dunia, tepatnya pada 18 Mei 1961. Saat itu Ramallets membela negeri Matador dalam laga menghadapi Wales.

Dalam pertandingan tersebut, pemain Spanyol yang satu ini sudah berusia 36 tahun, 11 bulan, dan 14 hari. Sepanjang kariernya, pemain yang gantung sepatu pada tahun 1961 itu telah mencatatkan 35 caps bersama Timnas Spanyol.

2. Andoni Zubizarreta 

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Timnas Spanyol, Deretan LegendaAndoni Zubizarreta (fcbarcelona.com)

Di urutan kedua ada Andoni Zubizarreta yang juga berposisi sebagai penjaga gawang. Kiper yang gantung sepatu pada tahun 1998 tersebut membela Timnas Spanyol hingga penghujung kariernya. Laga terakhirnya bersama El Matador terjadi pada 24 Juni 1998.

Pada pertandingan Piala Dunia melawan Bulgaria tersebut, Zubizarreta sudah menginjak usia 36 tahun, 8 bulan, dan 1 hari. Mantan kiper Barcelona tersebut sudah menjalani 126 pertandingan bersama Timnas Spanyol. Ia pun menjadi salah satu kiper legendaris yang pernah dimiliki Spanyol.

Baca Juga: 11 Fakta Cesar Azpilicueta, Bek Spanyol yang Sukses Bersama Chelsea

3. Aritz Aduriz

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Timnas Spanyol, Deretan LegendaAritz Aduriz (goal.com)

Setelah pemain-pemain di atas, Aritz Aduriz juga tercatat sebagai salah satu pemain tertua yang berseragam Timnas Spanyol. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini terakhir kali bermain membela Timnas Spanyol pada 9 Oktober 2017. Saat itu ia membela El Matador dalam kualifikasi Piala Dunia menghadapi Timnas Israel.

Pada pertandingan tersebut, Aduriz telah berusia 36 tahun, 7 bulan, dan 28 hari. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2020 ini telah tampil dalam 13 pertandingan bersama timnas. Dari penampilannya tersebut, ia menorehkan 2 gol.

4. Santiago Canizares

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Timnas Spanyol, Deretan LegendaSantiago Canizares (eurosport.com)

Santiago Canizares merupakan kiper yang juga mencatatkan menit bermain bersama Timnas Spanyol di usianya yang sudah tak muda lagi. Ia menjadi andalan di bawah mistar gawang Timnas Spanyol pada masanya. Canizares terakhir kali dipercaya tampil saat El Matador menghadapi Timnas Arab Saudi, tepatnya pada 23 Juni 2006.

Pada pertandingan Piala Dunia tersebut, Canizares sudah berusia 36 tahun, 6 bulan, dan 5 hari. Ia mencatatkan 46 caps sepanjang kariernya. Pemain yang pernah membela Real Madrid ini memutuskan gantung sepatu pada tahun 2008.

5. Paco Gento

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Timnas Spanyol, Deretan LegendaPaco Gento (en.as.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Paco Gento yang juga sudah cukup familier. Gento merupakan pemain andalan Timnas Spanyol di lini depan. Terakhir kali ia dipercaya tampil berseragam El Matador pada 15 Oktober 1969.

Saat itu Timnas Spanyol menghadapi Timnas Finlandia dalam ajang kualifikasi Piala Dunia. Dalam pertandingan itu, Gento sudah berusia 35 tahun, 11 bulan, dan 24 hari. Sebelum gantung sepatu pada tahun 1971, ia sudah memainkan 45 pertandingan bersama Timnas Spanyol dengan catatan 6 gol.

 

Sergio Ramos sebenarnya masih layak membela Timnas Spanyol. Namun, usianya yang sudah tak muda lagi membuatnya kerap diterpa cedera.

Baca Juga: Timnas Spanyol yang Pernah Jadi Raja Eropa dan Dunia

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya