Comscore Tracker

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Timnas Italia, Deretan Legenda!

Buffon hingga Fabio Cannavaro!

Italia merupakan salah satu negara di Eropa dengan sepak bola yang cukup maju. Dalam beberapa tahun ke belakang, prestasi mereka memang menurun. Namun, sebenarnya mereka merupakan salah satu tim elite di level internasional. Italia juga memiliki pemain-pemain hebat dalam sejarahnya.

Salah satunya adalah Gianluigi Buffon yang saat ini masih aktif bermain. Buffon merupakan salah satu kiper tertua yang pernah berseragam Timnas Italia. Lantas, siapa saja pemain tertua yang pernah berseragam Timnas Italia? Berikut ulasannya.

1. Dino Zoff

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Timnas Italia, Deretan Legenda!goal.com

Pemain tertua yang pernah berseragam Timnas Italia adalah Dino Zoff. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang ini membela Italia untuk terakhir kalinya saat bermain di ajang kualifikasi Piala Dunia, tepatnya pada 29 Mei 1983. Saat itu Zoff membela Gli Azzurri dalam laga menghadapi Swedia.

Dalam pertandingan tersebut, pemain Italia yang satu ini sudah berusia 41 tahun, 3 bulan, dan 1 hari. Sepanjang kariernya, pemain yang gantung sepatu pada tahun 1983 itu telah mencatatkan 112 caps bersama Timnas Italia.

2. Gianluigi Buffon

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Timnas Italia, Deretan Legenda!uefa.com

Di urutan kedua ada Gianluigi Buffon yang saat ini masih aktif sebagai pemain profesional. Kiper veteran milik Juventus tersebut sudah tak lagi mendapat panggilan Timnas Italia. Laga terakhirnya bersama Gli Azzurri terjadi pada 23 Maret 2018. Pada pertandingan persahabatan melawan Argentina tersebut, Buffon sudah menginjak usia 40 tahun, 1 bulan, dan 23 hari.

Kiper yang kini berusia 43 tahun tersebut sudah menjalani 176 pertandingan bersama Timnas Italia. Tak jarang juga saat membela timnas ia dipercaya sebagai kapten tim. Buffon turut mengantarkan Gli Azzurri meraih trofi Piala Dunia 2006.

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Kini Hanya Jadi Cadangan di Klubnya, Ada Buffon

3. Silvio Piola

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Timnas Italia, Deretan Legenda!newtuscia.it/NOVARA CALCIO/ANSA

Sebelum pemain-pemain di atas, Silvio Piola lebih dulu tercatat sebagai pemain tertua yang berseragam Timnas Italia. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini terakhir kali bermain membela Timnas Italia pada 18 Mei 1952. Saat itu ia membela Gli Azzurri dalam laga persahabatan menghadapi Timnas Inggris.

Pada pertandingan tersebut Piola telah berusia 38 tahun, 7 bulan, dan 19 hari. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 1954 ini telah tampil dalam 34 pertandingan bersama timnas. Dari penampilannya tersebut, ia sukses menorehkan 30 gol.

4. Roberto Baggio

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Timnas Italia, Deretan Legenda!goal.com

Roberto Baggio merupakan nama yang sudah tidak asing lagi. Pemain yang beroperasi di lini depan ini menjadi andalan Italia pada masanya. Baggio terakhir kali dipercaya tampil saat Gli Azzurri menghadapi Timnas Spanyol, tepatnya pada 28 April 2004.

Pada pertandingan tersebut, Baggio sudah berusia 37 tahun, 2 bulan, dan 10 hari. Ia mencatatkan 56 caps dengan torehan 27 gol sebelum akhirnya gantung sepatu pada Mei 2004.

5. Fabio Cannavaro

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Timnas Italia, Deretan Legenda!fifa.com/Getty Images

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Fabio Cannavaro yang juga sudah cukup familier. Cannavaro merupakan pemain andalan Timnas Italia di lini belakang. Terakhir kali ia dipercaya tampil berseragam Gli Azzurri pada 24 Juni 2010.

Saat itu Timnas Italia menghadapi Timnas Slovakia dalam ajang Piala Dunia. Dalam pertandingan itu, Cannavaro sudah berusia 36 tahun, 9 bulan, dan 11 hari. Sebelum gantung sepatu pada tahun 2012, ia sudah memainkan 136 pertandingan dengan catatan 2 gol.

 

Para pemain tersebut tentunya memiliki kualitas mumpuni hingga dipercaya membela Timnas Italia meskipun sudah tak muda lagi. Meskipun sudah lama tidak dipanggil, Buffon bisa saja memecahkan rekor jika dipanggil lagi.

Baca Juga: 5 Pelatih Non-Italia Terakhir yang Menjuarai Serie A Italia!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya