6 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Leeds United, Milner Salah Satunya!

Yakin, masih ingat? 

Leeds United akhirnya akan kembali bermain di Premier League musim depan. Kepastian tersebut didapat setelah mereka memastikan juara Divisi Championship musim 2019/2020. Leeds bukanlah tim baru dalam kancah kompetisi liga Inggris. Bahkan klub yang bermarkas di Elland Road ini pernah juara Liga Inggris sebanyak tiga kali.

Leeds harus mengalami degradasi pada musim 2003/2004. Sebagai salah satu tim elite pada masanya, klub yang berdiri pada tahun 1919 ini pernah dibela oleh pemain-pemain bintang. Masih ingatkah kalian pemain top yang pernah berseragam Leeds United? Berikut ulasannya.

1. Rio Ferdinand

6 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Leeds United, Milner Salah Satunya!sportsmole.co.uk

Pemain pertama ini tentu saja cukup familier bagi penggemar sepak bola. Pemain tersebut yaitu Rio Ferdinand yang bersinar saat membela Manchester United. Bek berkebangsaan Inggris ini membela Leeds United pada musim 2000/2001 hingga musim 2001/2002.

Hanya dua musim berseragam The Whites, Ferdinand hijrah ke Manchester United. Nilai transfernya yang saat itu mencapai 46 juta euro menjadi yang termahal dalam sejarah penjualan Leeds. Bersama Leeds, Ferdinand tampil dalam 71 laga di semua kompetisi dengan catatan 3 gol dan 1 assist. 

2. Jimmy Floyd Hasselbaink 

6 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Leeds United, Milner Salah Satunya!dailystar.co.uk

Jimmy Floyd Hasselbaink adalah pemain asal Belanda yang malang melintang klub Eropa. Pemain yang cukup sukses saat berseragam Chelsea ini juga pernah membela Leeds United. Tepatnya pada musim 1997/1998 hingga 1998/1999. Dibeli dari Boavista dengan harga 2,78 juta euro, Hasselbaink dilepas ke Atletico Madrid dengan harga 16,7 juta euro.

Meskipun hanya dua musim berseragam The Whites, pemain striker ini tampil cukup mengesankan. Hasselbaink mencatatkan 74 penampilan di semua kompetisi bersama Leeds. Ia sukses mencetak 35 gol dan 3 assist. 

3. Robbie Keane

6 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Leeds United, Milner Salah Satunya!teamtalk.com

Robbie Keane menjadi pemain yang cukup dikenal saat berseragam Tottenham Hotspur. Namun sebelum menjadi bagian Spurs, Keane juga pernah membela Leeds United. Striker berkebangsaan Irlandia ini bergabung dengan The Whites pada musim Januari 2001 dengan status pinjaman dari Inter Milan.

Hingga akhirnya Keane dipermanenkan Leeds pada juli 2001 dan bertahan selama semusim. Tak terlalu lama membela Leeds, ia tampil dalam 55 pertandingan dengan mencetak 18 gol. Setelah meninggalkan Leeds, Keane kemudian bergabung dengan Spurs.

Baca Juga: 3 Tim Championship yang Bisa Susul Leeds United ke Premier League

4. Robbie Fowler

6 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Leeds United, Milner Salah Satunya!dailystar.co.uk

Striker top lainnya yang pernah berseragam Leeds United adalah Robbie Fowler. Pemain berkebangsaan ini tentu saja dikenal pencinta sepak bola karena cukup sukses saat membela Liverpool. Fowler membela Leeds United pada musim 2001/2002 hingga musim 2002/2003.

Meskipun saat itu masih berusia cukup muda, Fowler tampil cukup produktif. Selama menjadi bagian The Whites, ia mencatatkan 14 gol dari 31 penampilan. Penampilan apiknya tersebut kemudian dilirik tim lain dan Fowler hijrah ke Manchester City. 

5. Alan Smith

6 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Leeds United, Milner Salah Satunya!leeds-live.co.uk

Pemain berikutnya yaitu Alan Smith yang merupakan produk akademi Leeds United. Pemain berposisi gelandang ini mengawali karier profesionalnya bersama The Whites pada musim 1998/1999. Pemain berkebangsaan Inggris ini cukup lama berseragam Leeds.

Smith akhirnya hijrah ke Manchester United setelah timnya terdegradasi ke Divisi Championship yaitu pada tahun 2004. Sebelum hijrah, Smith membela Leeds United dalam 212 pertandingan di semua kompetisi. Pemain yang pensiun pada tahun ini mencatatkan 52 gol dan 4 assist. 

6. James Milner

6 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Leeds United, Milner Salah Satunya!sportslens.com

James Milner menjadi satu-satunya pemain dalam daftar ini yang masih aktif bermain hingga saat ini. Pemain yang baru saja mengantarkan Liverpool juara Premier League ini juga merupakan produk akademi Leeds United. Gelandang asal Inggris ini mengawali karier profesionalnya pada musim 2002/2003.

Sama seperti Alan Smith, Milner memutuskan hijrah saat The Whites degradasi ke Divisi Championship. Saat itu Milner bergabung dengan Newcastle United yaitu pada musim 2004/2005. Bersama Leeds United, Milner tampil dalam 50 pertandingan dengan catatan 5 gol dan 1 assist. 

Itulah enam pemain top yang pernah berseragam Leeds United. Kira-kira bagaimana kiprah Leeds United di Premier League musim depan? 

Baca Juga: 16 Tahun Menunggu, Leeds United Kembali ke Premier League!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya