5 Pemain Top Jebolan Akademi Sporting Lisbon, Ronaldo Salah Satunya!

Penghasil pemain Portugal berkualitas!

Sporting Lisbon menjadi salah satu tim asal Portugal yang dikenal dengan akademi yang cukup baik. Tak sedikit pemain-pemain dari Sporting Lisbon menjadi andalan di tim elite Eropa lain hingga saat ini. Salah satunya tentu saja mega bintang Cristiano Ronaldo yang menjadi pesepak bola terbaik dunia.

Selain CR7 ada beberapa lulusan akademi Sporting lain yang juga tak kalah berkualitas. Lantas siapa saja pemain yang kini masih aktif bermain dan merupakan lulusan akademi Sporting Lisbon? Berikut ulasannya.

1. Luis Nani

5 Pemain Top Jebolan Akademi Sporting Lisbon, Ronaldo Salah Satunya!bleacherreport.com

Salah satu pemain top jebolan akademi Sporting Lisbon ada Luis Nani. Mungkin pencinta sepak bola mengenal Nani saat berseragam Manchester United beberapa musim lalu. Namun ternyata sebelum hijrah ke MU, pemain 33 tahun ini pernah menimba ilmu di akademi Sporting Lisbon. Nani dikontrak tim utama Sporting pada musim 2005/2006.

Membela beberapa klub Eropa lainnya termasuk United, Nani cukup sering kembali membela Sporting. Saat ini ia bermain di MLS dengan berstatus sebagai kapten Orlando City. Selama menjadi bagian Sporting, Nani tampil dalam 131 pertandingan. Sebagai penyerang sayap, Nani mencetak 31 gol dan 25 assist. 

2. Rui Patricio

5 Pemain Top Jebolan Akademi Sporting Lisbon, Ronaldo Salah Satunya!wolves.co.uk

Rui Patricio merupakan kiper yang kini menjadi andalan di bawah mistar gawang Wolves. Sebelum bergabung dengan klub Premier League tersebut, kiper 32 tahun ini cukuo lama berseragam Sporting Lisbon. Patricio merupakan salah satu pemain lulusan akademi Sporting.

Ia bergabung dengan skuat utama Verde e Brancos sejak musim 2006/2007 hingga akhirnya hijrah ke Wolves pada musim musim 2018/2019. Saat membela klun Portugal tersebut, kiper yang satu ini tampil dalam 462 pertandingan di semua kompetisi dengan catatan 445 kebobolan dan 180 clean sheet. 

3. Joao Moutinho

5 Pemain Top Jebolan Akademi Sporting Lisbon, Ronaldo Salah Satunya!goal.com

Dari lini tengah ada Joao Moutinho yang juga kini berseragam Wolves. Moutinho juga menjadi pemain yang berasal dari Portugal. Pemain berusia 34 tahun tersebut bergabung dengan Wolves pada musim 2018/2019. Moutinho telah membela tim utama Sporting Lisbon sejak 2004/2005.

Klub lainnya yang pernah ia bela ada FC Porto dan Napoli. Saat membela klub masa kecilnya tersebut, Moutinho tampil dalam 233 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut ia mencatatkan 27 gol dan 27 assist. 

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Sporting Lisbon, Tak Ada CR7?

4. Ricardo Quaresma

5 Pemain Top Jebolan Akademi Sporting Lisbon, Ronaldo Salah Satunya!goal.com

Ricardo Quaresma juga pernah menimba ilmu di akademi Sporting Lisbon. Penyerang sayap asal Portugal ini tentu saja sudah dikenal karena pernah membela beberapa klub elite Eropa seperti Chelsea, Inter hingga Barcelona. Pemain berusia 37 tahun ini membela tim utama Sporting sejak musim 2001/2002.

Saat ini ia masih aktif bermain dengan membela klub Portugal, Victoria Guimaraes. Saat berseragam Verde e Brancos, Quaresma tampil dalam 67 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut, ia berhasil mencetak 8 gol serta 7 assist. 

5. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Top Jebolan Akademi Sporting Lisbon, Ronaldo Salah Satunya!twitter.com/juventusfcen

Pemain terakhir yang satu ini tentu saja sudah dikenal pencinta sepak bola. Cristiano Ronaldo saat ini menjadi andalan Juventus setelah sebelumnya pernah membela Manchester United dan Real Madrid. Pemain bintang yang satu ini juga merupakan jebolan akademi Sporting Lisbon.

Pemain berusia 35 tahun tersebut bergabung dengan skuat utama Sporting pada musim 2002/2003. Bersama Portugal tersebut, Ronaldo tampil dalam 31 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai striker muda, saat itu CR7 mencetak 5 gol serta 3 assist.

Pemain top jebolan akademi Sporting Lisbon tersebut menjadi contoh suksesnya pembinaan pemain muda. Selain nama-nama tersebut tentu banyak pemain lainnya yang pernah menimba ilmu di Sporting. 

Baca Juga: 7 Pemain Terbaik Portugal di Era Modern, Siapa Selain CR7?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya