Sebelum Pjanic, 5 Pemain Top Ini Didatangkan Barcelona dari Serie A

Bagaimana kiprah pemain top tersebut?

Barcelona baru saja mengikat pemain baru untuk memperkuat skuatnya musim depan. Miralem Pjanic direkrut Barca dari tim elite Serie A, Juventus. Gelandang Bosnia-Herzegovina ini memiliki kualitas yang sudah teruji dengan pengalaman yang ia miliki.

Meskipun sudah berusia 30 tahun, Pjanic didatangkan Barca dengan harga cukup tinggi yaitu 60 juta euro. Pjanic bukan pemain pertama yang direkrut Barca dari Serie A. Sebelumnya, El Barca telah merekrut beberapa pemain top Serie A. Bagaimana kiprah mereka saat berseragam Barcelona? Berikut ulasannya. 

1. Patrick Kluivert

Sebelum Pjanic, 5 Pemain Top Ini Didatangkan Barcelona dari Serie Afcbarcelona.cat

Patrick Kluivert menjadi pemain top yang direkrut Barcelona dari tim Serie A. El Barca merekrut Kluivert dari AC Milan pada musim 1998/1999. Demi datangkan striker asal Belanda ini, Barca rela mengeluarkan dana sebesar 20 juta euro. Kluivert menjadi salah satu legenda di Barca setelah membela klub Catalan tersebut selama enam musim.

Pada musim 2004/2005, ia meninggalkan Barca dan bergabung dengan Newcastle United secara gratis. Selama berseragam Barcelona, Kluivert berhasil mencetak 122 gol dan 59 assist dari 257 penampilan di semua kompetisi. Kluivert sukses membawa Barcelona meraih trofi LaLiga. 

2. Gianluca Zambrotta

Sebelum Pjanic, 5 Pemain Top Ini Didatangkan Barcelona dari Serie Amarca.com

Pada musim 2006/2007, Barcelona merekrut Gianluca Zambrotta. Pemain bek kanan tersebut didatangkan Barca dari Juventus dengan harga 14 juta euro. Sebelumnya Zambrotta menjadi pemain andalan Juventus selama tujuh musim. Barcelona berharap Zambrotta bisa membantu tim dengan pengalaman yang ia miliki.

Karier pemain Italia tersebut hanya bertahan dua musim di Camp Nou. Ia dijual ke Ac Milan pada musim 2008/2009 dengan harga 10,5 juta euro. Zambrotta tampil tak terlalu buruk selama membela Barca. Ia mencatatkan 85 penampilan dengan mencetak 3 gol dan 5 assist

Baca Juga: Saatnya Regenerasi, 6 Bintang Barcelona Ini Memasuki Penghujung Karier

3. Lilian Thuram

Sebelum Pjanic, 5 Pemain Top Ini Didatangkan Barcelona dari Serie Asport.fr

Pemain top berikutnya yang direkrut Barcelona dari Serie A adalah Lilian Thuram. Barca merekrut bek tengah Prancis tersebut dari Juventus pada musim 2006/2007. Barcelona cukup beruntung mendapatkan jasa legenda Juventus tersebut dengan harga 5 juta euro.

Namun Thuram hanya membela Barca selama dua musim. Ia harus mengakhiri karier sepak bolanya pada tahun 2008 karena masalah jantung. Hampir dua musim berseragam Barca, Thuram tampil dalam 58 pertandingan. 

4. Zlatan Ibrahimovic

Sebelum Pjanic, 5 Pemain Top Ini Didatangkan Barcelona dari Serie Amundodeportivo.com

Zlatan Ibrahimovic juga menjadi salah satu rekrutan Barcelona dari Serie A. Striker Swedia ini didatangkan Barca dari Inter Milan pada musim 2009/2010. Demi dapatkan jasa striker jangkung ini, Barca menggelontorkan dana sebesar 69,5 juta euro. Meskipun tampil apik, Ibra hanya berseragam Barca selama semusim.

Di musim berikutnya ia dipinjamkan ke AC Milan sebelum akhirnya pindah permanen dengan harga 24 juta euro. Semusim membela Barca, Ibra mencatatkan 46 penampilan. Dari penampilannya tersebut, Ibrahimovic sukses mencetak 22 gol dan 13 assist serta membawa Barca juara LaLiga. 

5. Alexis Sanchez

Sebelum Pjanic, 5 Pemain Top Ini Didatangkan Barcelona dari Serie Ableacherreport.com

Setelah melepas Zlatan Ibrahimovic, Barcelona merekrut pemain Serie A lainnya yaitu Alexis Sanchez. Pemain Chile tersebut diboyong Barca dari Udinese pada musim 2011/2012. Tampil mengesankan saat membela Udinese, Barca tak ragu membelinya dengan harga 26 juta euro.

Penyerang sayap ini bertahan di Camp Nou selama tiga musim. Ia dijual ke Arsenal pada musim 2014/2015 dengan harga 42,5 juta euro. Sanchez cukup sukses bersama Barca dengan torehan 47 gol dan 35 assist dari 141 penampilan. Ia juga mengantarkan El Barca meraih berbagai gelar seperti LaLiga hingga Piala Dunia Antar Klub. 

Melihat catatan pemain top yang pernah direkrut Barcelona dari Serie A, akankah Pjanic meraih kesuksesan bersama El Barca? 

Baca Juga: Tolak Pemotongan Gaji, Manchester United Kesulitan Jual Alexis Sanchez

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya