5 Pemain Top yang Tampil Paling Mengecewakan di Piala Eropa 2020

Bersinar di klub, gagal bersama timnas

Keberhasilan Italia menjuarai Piala Eropa 2020 banyak mendapat apresiasi. Mereka tidak bertumpu pada satu pemain, tetapi bermain kolektif sebagai tim. Terbukti, dengan banyaknya pemain Italia yang mencetak gol di turnamen ini. Dalam salah satu Kejuaraan Eropa yang paling memikat, beberapa pemain bersinar di Piala Eropa 2020.

Cristiano Ronaldo yang sudah berusia 36 tahun berhasil jadi top skor. Patrik Schick, Romelu Lukaku, Paul Pogba, Harry Kane, Federico Chiesa dan Gianluigi Donnarumma adalah beberapa pemain terkenal lainnya yang bersinar.

Namun, seperti di turnamen besar lainnya, ada beberapa nama bintang yang gagal tampil bersinar di Piala Eropa 2020. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

5. Wojciech Szczesny (Polandia)

5 Pemain Top yang Tampil Paling Mengecewakan di Piala Eropa 2020Wojciech Szczesny (90min.com)

Wojciech Szczesny harus segera melupakan gelaran Piala Eropa 2020. Penjaga Juventus itu kebobolan sebanyak enam gol hanya dalam tiga pertandingan saat Polandia finis di posisi terbawah grup. Szczesny juga menjadi kiper pertama yang mencetak gol bunuh diri di Piala Eropa.

Kepahlawanannya memang membantu Polandia mengambil satu poin dari Spanyol dalam hasil imbang tanpa gol. Tapi, Szczesny bisa dibilang bersalah karena gagal mencegah gol kemenangan Viktor Claesson untuk Swedia.

Lima tahun lalu, ia hanya bermain satu pertandingan di Piala Eropa 2016 karena cedera, sementara di edisi 2012, Szczesny mendapat kartu merah dan hanya tampil dalam satu pertandingan.

4. Ruben Dias (Portugal)

5 Pemain Top yang Tampil Paling Mengecewakan di Piala Eropa 2020Ruben Dias (goal.com)

Banyak yang diharapkan dari Ruben Dias saat ia bermain di Piala Eropa 2020 setelah menjadi Pemain Terbaik Premier League musim 2020/21 bersama Manchester City. Pemain 24 tahun itu pun disebut-sebut sebagai salah satu bek tengah terbaik dunia saat ini. Tetapi, penampilan Dias di Piala Eropa 2020 tidak sesuai yang diharapkan.

Dia ceroboh dalam pertahanan, dengan Portugal kebobolan tujuh gol dalam empat pertandingan. Ia juga mencetak gol bunuh diri saat melawan Jerman. Penampilannya juga tak mampu menghadang para penyerang lawan. Dias pun hanya mampu membawa Portugal ke babak 16 besar sebelum disingkirkan Belgia. 

Baca Juga: 5 Pemain Portugal yang Tampil Mengecewakan di Piala Eropa 2020

3. Serge Gnabry (Jerman)

5 Pemain Top yang Tampil Paling Mengecewakan di Piala Eropa 2020Serge Gnabry (twitter.com/DFB_Team_EN)

Membuat penampilan pertamanya untuk Jerman di turnamen besar, Serge Gnabry adalah tampil mengecewakan di Piala Eropa 2020. Pemain sayap berusia 25 tahun itu mencetak 11 gol untuk Bayern Munchen musim lalu. Namun, Gnabry gagal mencetak gol di turnamen besar meskipun telah memainkan empat pertandingan.

Dia gagal membawa Jerman melaju jauh dan disingkirkan Inggris di babak 16 besar. Die Mannschaft memiliki momen terbaik mereka di Piala Eropa 2020 saat mengalahkan juara bertahan Portugal 4-2 di babak penyisihan grup. Tetapi, ketidakkonsistenan dan kekurangan mereka tak mampu menyingkirkan Inggris.

2. Bruno Fernandes (Portugal)

5 Pemain Top yang Tampil Paling Mengecewakan di Piala Eropa 2020Bruno Fernandes (twitter.com/Squawka)

Bruno Fernandes adalah salah satu pemain paling mengecewakan dalam skuad Portugal yang bertabur bintang di Piala Eropa 2020. Sang juara bertahan membawa tim yang bisa dibilang lebih baik daripada saat Piala Eropa 2016. Bruno Fernandes, juga datang dari musim yang mengesankan bersama Manchester United, mencetak 24 gol dan mencatat 16 assist.

Namun di Piala Eropa 2020, pemain berusia 26 tahun itu menjadi individu berbeda. Fernandes tidak bermain selama 90 menit penuh dalam empat pertandingan yang dimainkan Portugal di turnamen ini.

Pemain gelandang itu gagal mencetak gol atau membuat assist. Hal itu membuatnya diturunkan dari bangku cadangan melawan Prancis dalam pertandingan penyisihan grup ketiga Portugal dan di babak 16 besar melawan Belgia.

1. Kylian Mbappe (Prancis)

5 Pemain Top yang Tampil Paling Mengecewakan di Piala Eropa 2020Kylian Mbappe (twitter.com/MirrorFootball)

Setelah memainkan peran kunci dalam kemenangan Piala Dunia 2018 Prancis di Rusia, Kylian Mbappe memiliki penampilan di Piala Eropa 2020 yang harus dilupakan. Penyerang PSG itu diharapkan bisa tampil gemilang di Piala Eropa 2020 setelah mencetak 42 gol di semua kompetisi musim lalu. Namun, Mbappe gagal mencetak gol dalam empat pertandingan di turnamen tersebut.

Pemain berusia 22 tahun itu memang memberikan dua assist. Namun penaltinya yang gagal dalam kekalahan adu penalti di babak 16 besar dari Swiss mengakhiri upaya Les Bleus untuk memenangkan gelar Piala Eropa 2020. Dengan usianya yang masih muda, Mbappe masih memiliki peluang untuk memperbaiki semua itu di edisi berikutnya. 

 

Meskipun berlabel bintang, tak mudah bagi mereka untuk bisa tampil gemilang. Banyaknya pemain top yang berlaga juga memaksa setiap pemain harus tampil luar biasa di setiap pertandingan.

Baca Juga: Gugur, 5 Pemain Jerman Ini Tampil Mengecewakan di Piala Eropa 2020

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya