Comscore Tracker

6 Pemain Top yang Pernah Berseragam Galatasaray, Ribery hingga Drogba!

Siapa paling bersinar?

Galatasaray tentu saja menjadi klub yang sudah tidak asing lagi bagi penggemar sepak bola meskipun bukan klub liga top Eropa. Hal tersebut karena klub yang berasal dari Turki tersebut kerap tampil di ajang kompetisi antarklub Eropa. Tak hanya itu, Galatasaray juga kerap mendatangkan pemain-pemain top jebolan liga top Eropa.

Sepanjang sejarah klub, cukup banyak pemain top yang ternyata pernah membela klub berjuluk Cimbom Aslan itu. Nama-nama seperti Wesley Sneijder, Radamel Falcao hingga Didier Drogba menjadi contohnya. Lantas, siapa saja pemain top yang pernah berseragam Galatasaray? Berikut kami sajikan ulasannya.

1. Franck Ribery

6 Pemain Top yang Pernah Berseragam Galatasaray, Ribery hingga Drogba!goal.com/ERHAN SEVENLER/AA

Salah satu pemain ternama yang pernah berseragam Galatasaray adalah Franck Ribery. Seperti yang kita tahu, pemain berkebangsaan Prancis ini pernah menjadi andalan di beberapa klub liga top Eropa. Sebelum menjadi pemain Fiorentina hingga saat ini, ia pernah membela beberapa klub. Di antaranya ada Olympique Marseille dan Bayern Munchen.

Namun, ternyata, sebelum bersinar bersama kedua klub tersebut, Ribery juga pernah membela Galatasaray. Tepatnya selama setengah musim, yakni pada paruh kedua musim 2004/2005. Meskipun hanya setengah musim, pemain yang berposisi penyerang sayap itu tampil dalam 17 pertandingan. Beroperasi di lini depan, Ribery mencatatkan 1 gol dan 6 assist.

2. Wesley Sneijder

6 Pemain Top yang Pernah Berseragam Galatasaray, Ribery hingga Drogba!bleacherreport.com/VI-Images/Getty Images

Nama berikutnya adalah Wesley Sneijder yang saat ini sudah tidak aktif bermain. Pemain berkebangsaan Belanda itu memang berada di puncak karier saat membela Inter Milan dan Real Madrid. Setelah membela kedua klub tersebut, Galatasaray menjadi klub selanjutnya yang dipilih Sneijder.

Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2019 itu bergabung dengan Galatasaray sejak Januari 2013 setelah hengkang dari Inter. Ia bertahan cukup lama sebelum akhirnya direkrut hengkang ke OGC Nice pada musim 2017/2018. Bersama Galatasaray, gelandang serang ini tampil dalam 175 pertandingan dengan torehan 45 gol dan 44 assist.

3. Felipe Melo

6 Pemain Top yang Pernah Berseragam Galatasaray, Ribery hingga Drogba!twitter.com/aspor

Pemain ketiga dalam daftar ini adalah Felipe Melo yang saat ini membela masih aktif membela Palmeiras. Pemain berkebangsaan Brasil tersebut cukup berpengalaman bersama klub-klub liga top Eropa. Ia mulai muncul ke permukaan saat berseragam Fiorentina dan Juventus. Awalnya, Melo membela Galatasaray dengan status pinjaman dari Juventus.

Setelah dua musim berstatus pinjaman, ia akhirnya dipermanenkan pada musim 2013/2014. Tampil bersama Galatasaray, ia akhirnya kembali ke Serie A setelah direkrut Inter Milan pada musim 2015/2016. Saat membela klub Turki tersebut, pemain gelandang ini mencatatkan 154 pertandingan dengan torehan 18 gol dan 12 assist.

Baca Juga: 8 Pemain Afrika yang Pernah Jadi Top Skor di Liga Top Eropa

4. Radamel Falcao

6 Pemain Top yang Pernah Berseragam Galatasaray, Ribery hingga Drogba!as.com

Radamel Falcao menjadi satu-satunya pemain dalam daftar ini yang masih aktif bermain membela Galatasaray. Pemain asal Kolombia itu tentu saja cukup dikenal saat beberapa klub liga top Eropa. Di antaranya ada Porto, Atletico Madrid, Monaco, Chelsea hingga Manchester United.

Hingga akhirnya sejak musim 2019/2020, pemain yang kini berusia 35 tahun itu bergabung dengan Galatasaray. Hingga saat ini, pemain yang berposisi sebagai penyerang itu telah membela Galatasaray dalam 31 pertandingan. Meskipun sudah tak muda lagi, ia berhasil menorehkan 16 gol dan 3 assist.

5. Lukas Podolski

6 Pemain Top yang Pernah Berseragam Galatasaray, Ribery hingga Drogba!transfermarkt.co.uk

Pemain kelima dalam daftar ini adalah Lukas Podolski yang berasal Jerman dan tentu saja sudah sangat dikenal. Pemain yang kini berusia 36 tahun itu juga pernah berseragam Galatasaray. Tepatnya sejak musim 2015/2016 setelah hengkang dari Arsenal.

Podolski bertahan dua musim sebelum akhirnya hengkang ke Vissel Kobe dan saat ini membela Antalyaspor. Podolski sendiri sangat bersinar saat berseragam Timnas Jerman dan beberapa klub elite. Selama menjadi bagian Galatasaray, pemain yang berposisi sebagai penyerang itu mencatatkan 75 pertandingan dengan torehan 34 gol dan 18 assist.

6. Didier Drogba

6 Pemain Top yang Pernah Berseragam Galatasaray, Ribery hingga Drogba!thetimes.co.uk/Getty Images

Pemain top terakhir yang juga pernah berseragam Galatasaray adalah Didier Drogba. Pemain yang telah gantung sepatu pada tahun 2018 itu cukup bersinar saat berseragam Chelsea. Setelah lama di Chelsea ia kemudian hengkang ke Shanghai Shenhua sebelum akhirnya bergabung dengan Galatasaray.

Drogba membela Galatasaray selama satu setengah musim, yakni sejak Januari 2013 hingga akhir musim 2013/2014. Setelah itu, ia kembali bergabung dengan Chelsea. Saat menjadi bagian Galatasaray, pemain asal Pantai Gading ini tampil dalam 53 pertandingan dengan torehan 20 gol dan 13 assist.

Itulah enam pemain top yang pernah berseragam Galatasaray. Klub asal Turki ini tentu saja tak mau kalah dengan klub lainnya seperti Fenerbahce yang juga beberapa kali dibela pemain top. Siapa lagi yang akan bergabung setelah Radamel Falcao?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Diboyong Klub Bundesliga pada Transfer Januari 2021

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya