10 Pemain U-20 Termahal yang Dibeli Manchester United, Diallo Terbaru!

Banyak di antara mereka yang sukses, lho

Manchester United merupakan salah satu klub elit yang berkompetisi di Premier League. Klub berjuluk Setan Merah itu memiliki sejarah panjang dalam sepak bola Inggris.

Meskipun dikenal sebagai klub sukses, United ternyata kerap berinvestasi dengan membeli pemain muda khususnya di bawah 20 tahun. Terbaru, ada Amad Diallo yang didatangkan dari Atalanta.

Sebelum pemain Pantai Gading tersebut, United sudah lebih dulu merekrut pemain di bawah 20 tahun. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang meraih kesuksesan bersama Setan Merah, lho. Lantas, siapa saja pemain U-20 termahal yang pernah dibeli Manchester United?

1. Anthony Martial (60 juta euro)

10 Pemain U-20 Termahal yang Dibeli Manchester United, Diallo Terbaru!premierleague.com

Pemain U-20 termahal yang pernah dibeli Manchester United adalah Anthony Martial. Striker asal Prancis ini direkrut Setan Merah pada musim 2015/2016.

United menebus Martial dari AS Monaco dengan dana sebesar 60 juta euro atau setara dengan Rp1 triliun. Saat itu, Martial baru berusia 19 tahun dan digadang-gadang menjadi penerus striker tajam di Old Trafford.

2. Luke Shaw (37,5 juta euro)

10 Pemain U-20 Termahal yang Dibeli Manchester United, Diallo Terbaru!independent.co.uk/Getty Images

Sebelum Anthony Martial, Luke Shaw juga sempat menjadi pemain U-20 termahal yang diboyong Manchester United. Tepatnya pada musim 2014/2015, bek kiri asal Inggris ini didatangkan United dari Southampton.

Saat itu, Luke Shaw masih berusia 18 tahun dan ditebus United dengan harga 37,5 juta euro atau setara dengan Rp644 miliar. Ia pun menjadi pilihan utama untuk bek kiri United hingga saat ini.

3. Wayne Rooney (37 juta euro)

10 Pemain U-20 Termahal yang Dibeli Manchester United, Diallo Terbaru!goal.com/Getty Images

Jauh sebelum kedua pemain tersebut, Wayne Rooney lebih dulu didatangkan Manchester United saat usianya belum genap 20 tahun. Striker asal Inggris ini bergabung dengan Setan Merah pada musim 2004/2005.

United memboyongnya dari Everton dengan harga 37 juta euro atau setara dengan Rp636 miliar. Saat itu, usianya bahkan masih 18 tahun dan sekarang ia terbukti sukses dengan menjadi legenda klub dan timnas Inggris.

4. Anderson (31,5 juta euro)

10 Pemain U-20 Termahal yang Dibeli Manchester United, Diallo Terbaru!mirror.co.uk/Man Utd via Getty

Pemain berikutnya yaitu Anderson yang didatangkan Manchester United saat berusia 19 tahun. Penampilan apiknya bersama Porto membuat United tertarik merekrutnya. Gelandang asal Brasil tersebut direkrut Setan Merah dari Porto pada musim 2007/2008.

United harus merogoh kocek sebesar 31,5 juta euro atau setara dengan Rp541 miliar untuk dapatkan jasa Anderson. Potensi Anderson yang besar ini terbukti, membuatnya diganjar penghargaan Golden Boy atau pemain muda terbaik di tahun 2008.

5. Luis Nani (25,5 juta euro)

10 Pemain U-20 Termahal yang Dibeli Manchester United, Diallo Terbaru!bleacherreport.com/Clive Brunskill/Getty Images

Pemain lainnya yang juga diboyong Manchester United dari Liga Portugal ada Luis Nani. Penyerang sayap ini didatangkan United dari Sporting Lisbon, tepatnya pada musim 2007/2008.

Saat itu, ia menjadi pemain muda potensial karena masih berusia 20 tahun, dan digadang-gadang menjadi penerus Cristiano Ronaldo. Nani ditebus United dengan harga 25,5 juta euro atau setara dengan Rp437 miliar.

6. David de Gea (25 juta euro)

10 Pemain U-20 Termahal yang Dibeli Manchester United, Diallo Terbaru!goal.com/Getty Images

Kiper andalan Manchester United saat ini yaitu David de Gea juga didatangkan saat masih belia. Pemain berkebangsaan Spanyol itu bergabung dengan Setan Merah pada musim 2011/2012.

Saat itu, usianya masih berusia 20 tahun dan tampil sangat meyakinkan saat membela Atletico Madrid. Hal tersebut membuat United tak ragu mengeluarkan dana sebesar 25 juta euro atau setara dengan Rp429 miliar untuk mengamankan jasanya.

7. Diogo Dalot (22 juta euro)

10 Pemain U-20 Termahal yang Dibeli Manchester United, Diallo Terbaru!premierleague.com

Selain Anderson, Manchester United juga merekrut Diogo Dalot dari FC Porto. Dinilai sebagai bek kanan muda potensial, United berani mengeluarkan dana besar.

Transfer yang terjadi pada musim 2018/2019 itu melibatkan dana sebesar 22 juta euro atau setara dengan Rp377 miliar. Saat itu, pemain berkebangsaan Portugal ini masih berusia 19 tahun. 

8. Amad Diallo (21 juta euro)

10 Pemain U-20 Termahal yang Dibeli Manchester United, Diallo Terbaru!manutd.com

Amad Diallo menjadi pemain terbaru yang didatangkan Manchester United. Setan Merah akhirnya merampungkan kepindahan Diallo dari Atalanta.

Pemain berkebangsaan Pantai Gading itu saat ini masih berusia 18 tahun. United merogoh kocek sebesar 21 juta euro atau setara dengan Rp360 miliar untuk dapatkan pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap ini.

9. Phil Jones (19,3 juta euro)

10 Pemain U-20 Termahal yang Dibeli Manchester United, Diallo Terbaru!manutd.com

Pemain muda kesembilan yang pernah didatangkan Manchester United adalah Phil Jones. Pemain bertahan berkebangsaan Inggris ini diboyong United pada musim 2011/2012.

Phil Jones masih berusia 19 tahun saat direkrut Setan Merah dari Blackburn Rovers. United menebusnya dengan mahar senilai 19,3 juta euro atau setara dengan Rp331 miliar.

10. Cristiano Ronaldo (19 juta euro)

10 Pemain U-20 Termahal yang Dibeli Manchester United, Diallo Terbaru!premierleague.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah mega bintang Cristiano Ronaldo yang menjadi salah satu rekrutan tersukses Manchester United. Pemain yang kini membela Juventus itu diboyong Setan Merah saat berusia 18 tahun.

Kepindahannya terjadi pada musim 2003/2004 setelah MU menebusnya dari Sporting Lisbon. Saat itu, United hanya mengeluarkan dana sebesar 19 juta euro atau setara dengan Rp326 miliar untuk dapatkan pemain terbaik dunia saat ini tersebut.

 

Itulah sepuluh pemain U-20 termahal yang pernah dibeli Manchester United. Beberapa dari mereka sukses tampil apik bersama Setan Merah. Akankah Diallo mengikuti jejak seperti Cristiano Ronaldo?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya