5 Pemain yang Jadi Andalan Pep Guardiola Saat Membesut Bayern Munchen

Siapa paling mengesankan?

Pep Guardiola sejauh ini baru melatih tiga tim selama karier kepelatihannya, salah satunya adalah Bayern Munchen. Klub Jerman tersebut menunjuk Pep sebagai juru taktik pada musim 2013/2014. Meskipun cukup sukses, pelatih asal Spanyol ini hanya bertahan tiga musim di Allianz Arena.

Selama membesut The Bavarians, Guardiola meraih beberapa trofi, di antaranya satu trofi UEFA Super Cup, dua trofi DFB Pokal, tiga trofi Bundesliga dan satu trofi Piala Dunia Antar Klub. Kesuksesan Pep tersebut tak lepas dari pemain-pemain andalan Pep yang tampil konsisten. Lalu siapa pemain yang jadi andalan Pep Guardiola saat membesut Bayern Munchen? Berikut ulasannya.

1. Manuel Neuer - 152 penampilan

5 Pemain yang Jadi Andalan Pep Guardiola Saat Membesut Bayern Munchenbundesliga.com

Manuel Neuer menyegel tempat utama posisi kiper di Bayern Munchen saat diasuh Pep Guardiola. Pemain asal Jerman ini bergabung dengan Munchen pada musm 2011/2012. Dengan kualitas yang dimilikinya, Neuer selalu menjadi pilihan utama termasuk di bawah asuhan Pep.

Tiga musim ditangani pelatih asal Spanyol tersebut, Neuer tampil dalam 152 pertandingan di enam kompetisi berbeda. Peran pentingnya di bawah mistar gawang Bayern tak bisa diremehkan. Ia menjadi salah satu kunci The Bavarians dalam meraih berbagai gelar hingga saat ini.

2. Thomas Muller - 148 penampilan

5 Pemain yang Jadi Andalan Pep Guardiola Saat Membesut Bayern Munchenfoxsports.co.id

Dari barisan penyerang, Thomas Muller menjadi andalan Pep Guardiola. Pemain yang kini berusia 30 tahun tersebut merupakan produk asli akademi Bayern Munchen. Muller mendapat kontrak profesionalnya pada musim 2009/2010 dan bertahan hingga saat ini.

Di bawah asuhan Guardiola, Muller ditampilkan dalam 148 di enam kompetisi berbeda. Sebagai seorang second striker, Muller mencatatkan 79 gol dan 46 assist. Kontribusinya tersebut berhasil mengantarkan The Bavarians menjuarai berbagai kompetisi.

3. Philipp Lahm - 126 penampilan

5 Pemain yang Jadi Andalan Pep Guardiola Saat Membesut Bayern Munchenbundesliga.com

Philipp Lahm merupakan pemain yang dipercaya sebagai kapten saat ditangani Pep Guardiola. Pemain veteran asal Jerman ini menjadi pemain yang cukup loyal bersama The Bavarians. Sepanjang kariernya, Lahm hanya dua musim membela klub selain Munchen.

Bek kanan ini dimainkan Guardiola dalam 126 pertandingan di enam kompetisi berbeda. Ia juga kerap membantu penyerangan dengan torehan 4 gol dan 13 assist. Sudah 13 musim berseragam Munchen, Lahm memutuskan gantung sepatu pada tahun 2017. 

Baca Juga: 5 Rekrutan Terbaik Pep Guardiola Satu Dekade Terakhir, Ada Idolamu?

4. David Alaba - 124 penampilan

5 Pemain yang Jadi Andalan Pep Guardiola Saat Membesut Bayern Munchenbundesliga.com

David Alaba merupakan pemain yang direkrut Bayern Munchen saat usia muda. Tak langsung bergabung dengan skuat utama, pemain asal Austria ini mulai membela tim utama Munchen pada musim 2010/2011. Sebagai pemain muda saat ditangani Pep Guardiola, Alaba cukup banyak mendapat kesempatan tampil.

Bahkan ia menjadi salah satu pemain yang jadi andalan pelatih asal Spanyol tersebut. Tiga musim ditangani Guardiola, Alaba bermain sebanyak 124 laga di enam kompetisi berbeda. Berposisi sebagai bek kiri, ia menorehkan 11 gol dan 16 assist. 

5. Rafinha - 121 penampilan

5 Pemain yang Jadi Andalan Pep Guardiola Saat Membesut Bayern Munchenbundesliga.com

Rafinha bukan termasuk pemain istimewa saat bergabung dengan Bayern Munchen. Pemain Brasil ini didatangkan Munchen pada musim 2011/2012 dari Genoa hanya dengan 5,5 juta euro. Namun ternyata Rafinha menjadi salah satu pemain kunci di skuat Pep Guardiola. Berposisi utama sebagai bek kanan, Rafinha juga cukul jago bermain di beberapa posisi.

Hal tersebut tentu saja cukup membantu dalam strategi Pep. Selama ditangani pelatih asal Spanyol tersebut, Rafinha tampil dalam 121 pertandingan di enam kompetisi berbeda. Pemain bernama lengkap Marcio Rafael Ferreira De Souza menorehkan 15 assist dari penampilannya tersebut. 

Tak hanya kelima pemain tersebut yang berperan penting dalam kesuksesan Bayern Munchen saat diasuh Pep Guardiola. Namun pemain-pemain tersebut memiliki catatan penampilan terbanyak saat di bawah asuhan Guardiola. Siapa pemain The Bavarians yang tampil paling mengesankan saat dilatih Pep Guardiola?

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Pep Guardiola untuk Barcelona, Kunci Kesuksesan!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya