5 Pemain Paling Diandalkan Hajime Moriyasu di Timnas Jepang

Ada Takumi Minamino

Timnas Jepang tampil luar biasa di Piala Dunia 2022 Qatar. Tim Samurai Biru menjadi pemuncak grup dan lolos ke babak gugur. Padahal, Jepang segrup dengan dua negara top Eropa, Spanyol dan Jerman.

Jepang akan menghadapi Kroasia pada babak 16 besar pada Senin (5/12/2022). Hajime Moriyasu menjadi sosok penting di balik kesuksesan mereka di Piala Dunia 2022.

Pria 54 tahun ini mulai menukangi Jepang pada Agustus 2018. Selama menjadi pelatih timnas, ia telah mengandalkan banyak pemain.

Ini pemain paling diandalkan Hajime Moriyasu di Timnas Jepang.

1. Takumi Minamino 

5 Pemain Paling Diandalkan Hajime Moriyasu di Timnas JepangTakumi Minamino (fifa.com)

Pemain Timnas Jepang paling diandalkan Hajime Moriyasu adalah Takumi Minamino. Ia dipercaya pelatih mengisi pos penyerangan Tim Samurai Biru.

Pemain yang kini membela AS Monaco tersebut juga dipanggil Moriyasu ke Piala Dunia 2022. Mantan pemain Liverpool ini sendiri menjalani debut pada Oktober 2015.

Pada usianya yang menginjak 27 tahun, kualitasnya tentu semakin matang. Hingga saat ini, ia sudah dimainkan Moriyasu dalam 44 pertandingan dengan torehan 17 gol dan 10 assist.

2. Maya Yoshida

5 Pemain Paling Diandalkan Hajime Moriyasu di Timnas JepangMaya Yoshida (fifa.com)

Pemain ini juga kerap jadi andalan Hajime Moriyasu di Timnas Jepang, yakni Maya Yoshida. Bahkan, bek tengah ini dipercaya sebagai kapten Tim Samurai Biru.

Pemain 34 tahun tersebut saat ini bermain di Liga Jerman bersama Schalke 04. Mantan pemain Southampton tersebut menjalani debut bersama Timnas Jepang pada Januari 2010.

Moriyasu memainkannya dalam 39 pertandingan di semua ajang. Meskipun sudah tak muda lagi, Yoshida menjadi andalan Moriyasu di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 5 Momen Gol Ritsu Doan Bersama Timnas Jepang, Andalan! 

3. Gaku Shibasaki

5 Pemain Paling Diandalkan Hajime Moriyasu di Timnas JepangGaku Shibasaki (jfa.jp)

Gaku Shibasaki juga menjadi pemain yang hampir selalu dipanggil Hajime Moriyasu ke Timnas Jepang. Pemain yang kini membela Leganes tersebut memang memiliki kualitas mumpuni.

Shibasaki menjadi andalan Moriyasu di posisi gelandang tengah. Ia sendiri debut bersama Timnas Jepang pada September 2014.

Saat ini, usianya sudah menginjak 30 tahun. Ia dimainkan Moriyasu dalam 38 pertandingan. Beroperasi di lini tengah, Shibasaki menorehkan empat assist dari penampilannya tersebut.

4. Junya Ito

5 Pemain Paling Diandalkan Hajime Moriyasu di Timnas JepangJunya Ito (fifa.com)

Pemain keempat dalam daftar ini adalah Junya Ito yang saat ini dipanggil Timnas Jepang. Ia menjadi salah satu pemain penting yang mengantarkan Jepang lolos ke babak gugur Piala Dunia 2022.

Sempat bermain di Liga Belgia, kini Ito membela klub Prancis, Stade Reims. Pemain yang kini berusia 29 tahun tersebut pernah membela klub lokal Jepang sebelum diboyong tim Eropa.

Penyerang sayap ini menjalani debut bersama Timnas Jepang pada Desember 2017. Di bawah asuhan Moriyasu, Junya Ito bermain dalam 38 pertandingan di semua ajang.

5. Genki Haraguchi

5 Pemain Paling Diandalkan Hajime Moriyasu di Timnas JepangGenki Haraguchi (twitter.com/jfa_samuraiblue)

Pemain berikutnya yang diandalkan Hajime Moriyasu selama menangani Timnas Jepang adalah Genki Haraguchi. Sayangnya, pemain yang sudah berpengalaman di Jerman ini tak masuk skuad Jepang untuk Piala Dunia 2022.

Pemain yang kini berusia 31 tahun ini dipercaya tampil pertama kali bersama Timnas Jepang pada Oktober 2011. Meskipun sudah cukup senior, kualitas Haraguchi sebenarnya masih cukup baik.

Moriyasu sendiri telah memainkan gelandang serang Union Berlin ini dalam 38 pertandingan. Dari penampilannya tersebut, ia sukses mengemas 4 gol dan 6 assist.

Beberapa pemain di atas menjadi pilar Hajime Moriyasu di Piala Dunia 2022 Qatar. Sejauh mana sang pelatih dan Timnas Jepang melaju di Piala Dunia 2022?

Baca Juga: Cahaya Asia, Teladan dari Timnas Jepang dan para Suporternya

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya