5 Pembelian Luciano Spalletti selama Menukangi Napoli, Hemat!

Spalletti dikabarkan akan berpisah dengan Napoli

Luciano Spalletti merupakan pelatih yang membawa Napoli juara Serie A Italia 2022/2023. Spalletti sendiri ditunjuk sebagai pelatih Napoli pada awal musim 2021/2022.

Spalletti merupakan pelatih berkebangsaan Italia yang sudah menangani beberapa klub. Pengalamannya membuat Spalletti sukses membawa Napoli juara. Padahal, Spalletti tak melakukan belanja pemain yang besar-besaran.

Selama menukangi Napoli, Spalletti hanya membeli lima pemain dari klub lain. Selebihnya, ia meminjam pemain atau merekrut pemain yang bebas transfer. Lantas, siapa saja pemain yang dibeli Luciano Spalletti selama menangani Napoli? 

1. Kim Min Jae dari Fenerbahce seharga 18,05 juta euro

5 Pembelian Luciano Spalletti selama Menukangi Napoli, Hemat!Kim Min-jae (sscnapoli.it)

Kim Min Jae menjadi pemain termahal yang dibeli Luciano Spalletti selama menangani Napoli. Pemain berkebangsaan Korea Selatan tersebut diboyong Spalletti pada awal musim 2022/2023. Kim menjadi pembelian yang cukup berhasil dan berkontribusi dalam kesuksesan Napoli.

Napoli menebus Kim Min-jae dari Fenerbahce seharga 18,05 juta euro atau setara dengan Rp289 miliar. Bek tengah 26 tahun ini telah dimainkan Spalletti dalam 45 pertandingan di semua kompetisi. Kim Min-jae bisa saja menjadi incaran klub-klub elite lain berkat penampilan apiknya tersebut. 

Baca Juga: 4 Klub yang Menaklukkan Napoli di Serie A 2022/2023, Ada Duo Milan

2. Mathias Olivera dari Getafe seharga 16,5 juta euro

5 Pembelian Luciano Spalletti selama Menukangi Napoli, Hemat!Mathias Olivera (sscnapoli.it)

Pemain belakang lain yang juga dibeli Luciano Spalletti saat menukangi Napoli adalah Mathias Olivera. Berbeda dengan Kim Min Jae, Olivera merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kiri. Ia direkrut Spalletti ke Napoli pada awal musim 2022/2023.

Sebelumnya, Olivera bermain di Liga Spanyol bersama Getafe. Demi datangkan pemain asal Uruguay tersebut, Napoli menggelontorkan dana sebesar 16,5 juta euro atau setara dengan Rp264 miliar. Kontribusinya juga cukup berarti dengan catatan 39 pertandingan.

3. Frank Anguissa dari Fulham seharga 16 juta euro 

5 Pembelian Luciano Spalletti selama Menukangi Napoli, Hemat!Frank Anguissa (sscnapoli.it)

Luciano Spalletti tampaknya memboyong pemain sesuai kebutuhannya pada awal musim 2022/2023. Di lini tengah, Spalletti memboyong gelandang bertahan asal Kamerun, Frank Anguissa. Ia diboyong Napoli dari klub Inggris, Fulham.

Biaya untuk mendapatkan pemain 27 tahun tersebut sebesar 16 juta euro atau setara dengan Rp256 miliar. Anguissa juga langsung menjadi andalan Spalletti di lini tengah I Partenopei. Ia dimainkan Spalletti dalam 44 pertandingan dengan torehan 4 gol dan 8 assist. 

4. Khvicha Kvaratskhelia dari Dinamo Batumi seharga 11,5 juta euro 

5 Pembelian Luciano Spalletti selama Menukangi Napoli, Hemat!Khvicha Kvaratskhelia (sscnapoli.it)

Khvicha Kvaratskhelia menjadi salah satu pemain terbaik Napoli pada musim 2022/2023. Bahkan, ia sukses menyabet gelar MVP Serie A 2022/2023. Namun, siapa sangka, Kvaratskhelia didatangkan Spalletti ke Napoli dengan harga yang relatif murah. Pemain asal Georgia tersebut diboyong Napoli dari Dinamo Batumi, salah satu klub di Georgia.

Napoli sendiri hanya mengeluarkan kocek sebesar 11,5 juta euro atau setara dengan Rp184 miliar untuk datangkan Kvaratskhelia. Harga tersebut tentu tak sebanding dengan performa apik pemain 22 tahun musim ini. Ia dimainkan Spalletti dalam 42 pertandingan dengan torehan 14 gol dan 17 assist. 

5. Leo Ostigard dari Brighton seharga 5 juta euro

5 Pembelian Luciano Spalletti selama Menukangi Napoli, Hemat!Leo Ostigard (twitter.com/en_sscnapoli)

Pemain kelima dalam daftar ini adalah Leo Ostigard. Dibanding dengan empat pemain lain, pembelian Ostigard mungkin menjadi yang paling tak berdampak. Namun, hal itu cukup wajar jika menilik kocek yang dirogoh Napoli untuk mendatangkan Ostigard.

Pada awal musim 2022/2023, Napoli mendapatkan bek tengah ini dari Brighton. Kala itu, kesepakatan harga untuk Ostigard sebesar 5 juta euro atau setara dengan Rp80 miliar. Setelah bergabung dengan Napoli, pemain 23 tahun ini baru bermain dalam sepuluh pertandingan.

Pembelian yang dilakukan Luciano Spalletti terbukti cukup efektif. Sangat disayangkan Spalletti langsung memilih tak memperpanjang kontrak bersama Napoli setelah mengantar mereka juara Serie A.

Baca Juga: 5 Klub yang Ditangani Luciano Spalletti sebelum Napoli, Apa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya