5 Pembelian Termahal dalam Sejarah Chinese Super League, Gak Asing!

Dari Oscar hingga Hulk! 

Dalam satu dekade terakhir, Tiongkok menjelma menjadi tempat beberapa bintang sepak bola dunia melanjutkan kariernya. Banyak dari pemain-pemain tersebut direkrut klub Chinese Super League (CSL) dari klub elite Eropa. Hal tersebut tentu saja membuat popularitas CSL mendunia.

Jaminan gaji tinggi membuat para pemain tersebut rela hijrah dari Eropa ke Asia khususnya Tiongkok. Oscar hingga Hulk adalah beberapa contoh pemain yang bergabung dengan klub CSL. Lalu siapa pemain termahal yang pernah direkrut klub CSL? Berikut ulasannya. 

1. Oscar - 60 juta euro 

5 Pembelian Termahal dalam Sejarah Chinese Super League, Gak Asing!en.as.com

Pemain pertama ini tentu saja sudah tidak asing lagi bagi penggemar sepak bola. Dia adalah Oscar, pemain asal Brasil yang sempat bersinar bersama Chelsea. Di puncak kariernya bersama Chelsea saat itu, Oscar justru memutuskan hijrah ke CSL bersama Shanghai SIPG.

Untuk memboyong Oscar, Shanghai SIPG mengeluarkan dana sebesar 60 juta euro. Pemain bernama lengkap Oscar dos Santos Emboaba Júnior ini masih bermain untuk Shanghai SIPG. Sejak musim 2016/2017, Oscar telah membela Shanghai SIPG dalam 123 pertandingan dengan mencetak 39 gol dan 66 assist

2. Hulk - 55,8 juta euro 

5 Pembelian Termahal dalam Sejarah Chinese Super League, Gak Asing!goal.com

Pemain tak kalah populer yang bermain di Tiongkok yaitu Hulk. Pemain bernama lengkap Givanildo Vieira de Souza ini juga membela Shanghai SIPG. Hulk direkrut Shanghai SIPG dari Zenit Saint Petersburg pada musim 2016/2017. Saat itu Hulk ditebus Shanghai SIPG dengan harga mencapai 55,8 juta euro.

Selain membela Zenit, Hulk juga pernah bersinar kala membela FC Porto. Bermain di Asia bukanlah hal baru bagi Hulk karena sebelumnya ia pernah bermain di Liga Jepang. Hingga kini Hulk telah bermain untuk Shanghai SIPG dalam 125 pertandingan dengan mencetak 69 gol dan 53 assist

3. Alex Teixeira - 50 juta euro 

5 Pembelian Termahal dalam Sejarah Chinese Super League, Gak Asing!sempreinter.com

Sebelum Hulk dan Oscar, Alex Teixeira lebih dulu menjadi pemain termahal di CSL. Pemain berposisi sebagai sayap kiri ini direkrut Jiangsu Suning dari Shakhtar Donetsk pada musim 2015/2016. Nilai transfer pemain asal Brasil ini mencapai 50 juta euro.

Sebelum memutuskan hijrah ke Tiongkok, Teixeira merupakan pemain yang cukup bersinar bersama Shakhtar. Sama seperti Hulk dan Oscar, pemain 30 tahun ini juga masih bermain untuk klub Negeri Tirai Bantu. Hingga kini, Alex Teixeira telah tampi dalam 133 laga bersama Jiangsu Suning. Ia berhasil mencatatkan 63 gol serta 38 assist

Baca Juga: Gaji Selangit & 6 Juta Botol Wine Jadi Pelicin Kontrak Iniesta ke CSL

4. Paulinho - 42 juta euro 

5 Pembelian Termahal dalam Sejarah Chinese Super League, Gak Asing!mundodeportivo.com

Pemain termahal berikutnya juga berasal dari Brasil yaitu Paulinho. Paulinho hijrah ke Tongkok pada musim 2018/2019. Ia rela meninggalkan Barcelona setelah ditebus Guangzhou Evergrande dengan mahar senilai 42 juta euro. Pada tahun 2015, Paulinho sebenarnya sudah bergabung dengan Guangzhou Evergrande setelah pindah dari Tottenham Hotspur.

Namun pada tahun 2017 ia direkrut Barca dan akhirnya ia kembali ke Guangzhou. Selama membela klub CSL tersebut, Paulinho telah bermain dalam 156 laga. Berposisi sebagai gelandang, Paulinho berhasil mencetak 63 gol dan 35 assist

5. Jackson Martinez - 42 juta euro 

5 Pembelian Termahal dalam Sejarah Chinese Super League, Gak Asing!scmp.com

Pemain termahal terakhir dalam daftar ini adalah Jackson Martinez. Pemain asal Kolombia ini didatangkan Guangzhou Evergrande pada tahun 2016. Martinez direkrut Guangzhou dalari salah satu klub elite Spanyol, yakni Atletico Madrid dengan harga 42 juta euro.

Meskipun dibeli dengan harga yang cukup tinggi, namun karier Martinez tak berjalan mulus bersama Guangzhou. Sejak tahun 2018, Jackson Martinez telah dipinjamkan ke klub Portugal, Portimonense hingga saat ini. Bersama Guangzhou, pemain berposisi striker ini hanya bermain dalam 16 pertandingan dengan mencetak 4 gol dan 2 assist

Dengan datangnya pemain-pemain bintang tersebut, sepak bola Tongkok berkembang pesat. Selain pemain-pemain dalam daftar ini, ada beberapa pemain berkualitas lainnya yang bermain di Tiongkok. Siapa pemain selanjutnya yang akan berkarier di CSL?

Baca Juga: 6 Pemain Termahal yang Didatangkan Klub Premier League dari Ligue 1

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya