Comscore Tracker

5 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia Saat Ini, Ada Abramovich!

Terlibat dalam gagasan European Super League?

Munculnya gagasan European Super League atau ESL menggemparkan jagat sepak bola dunia. Banyak yang menentang turnamen tandingan Liga Champions ini. Para klub top akan semakin berkuasa dengan kucuran dana yang sangat besar. Dari rumor yang beredar, ESL muncul karena adanya kepentingan bisnis.

Para pemilik klub top menginginkan keuntungan yang lebih besar daripada yang didapat dari Liga Champions saat ini. Para pemilik klub top Eropa pun terlibat dalam rencana ini. Melihat hal tersebut, siapa saja pemilik klub sepak bola terkaya di dunia saat ini? Bagi kamu yang penasaran, simak ulasan berikut, ya!

1 Sheikh Mansour (Manchester City) - $30 miliar

5 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia Saat Ini, Ada Abramovich!cityfootballgroup.com

Pemilik klub sepak bola terkaya di dunia saat ini adalah Sheikh Mansour. Ia mengakuisisi Manchester City pada tahun 2008 dan langsung menggelontorkan dana besar untuk merombak skuad. Awalnya memang sempat diragukan, tetapi saat ini The Cityzens menjadi salah satu tim terbaik di Eropa.

Mereka ditangani oleh pelatih terbaik di dunia. Beberapa pemain, seperti Sergio Aguero, David Silva, Vincent Kompany, hingga Yaya Toure menjadi salah satu pemain kunci selama ini. Di bawah asuhan Pep Guardiola, mereka menjadi favorit untuk memenangkan Premier League hingga Liga Champions. Saat ini, Sheikh Mansour memiliki kekayaan sebesar $30 miliar. City menjadi salah satu penggagas ESL.

2. Dietrich Mateschitz (RB Leipzig dan RB Salzburg) - $26,9 miliar

5 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia Saat Ini, Ada Abramovich!eurosport.com

Grup klub sepak bola Red Bull cukup populer saat ini karena kemampuan mereka dalam mencari pemain potensial. Mereka didukung oleh miliarder Austria, Dietrich Mateschitz. Red Bull Salzburg telah menjual pemain seperti Erling Braut Haaland, Takumi Minamino, dan Dominik Szoboszlai dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara itu, RB Leipzig sudah menjadi salah satu klub papan atas di Bundesliga. Di bawah satu naungan, beberapa pemain pun pindah dari RB Salzburg ke RB Leipzig, seperti Szoboszlai, Peter Gulacsi, Konrad Laimer, dan Dayot Upamecano. Mateschitz memiliki kekayaan sebesar $26,9 miliar dan tak terlibat dalam rencana ESL.

Baca Juga: 5 Alasan RB Leipzig Menjadi Klub yang Paling Dibenci di Jerman!

3. Andrea Agnelli (Juventus) - $19,1 miliar

5 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia Saat Ini, Ada Abramovich!goal.com

Andrea Agnelli menjadi salah satu sosok penting dari rencana European Super League karena berstatus sebagai wakil presiden. Sosok asal Italia itu telah membantu Juventus menjadi tim yang ditakuti di Eropa. Keputusan Agnelli menunjuk Antonio Conte sebagai pelatih Juventus pada 2011 mengawali dominasi klub di kompetisi domestik.

Bianconeri telah memenangkan sembilan gelar Serie A berturut-turut, melakukan beberapa akuisisi yang cerdik, dan menciptakan skuad kelas dunia yang penuh dengan individu-individu berbakat. Banyak yang menyangkan keputusan Agnelli mendukung ESL. Saat ini ia memiliki kekayaan sebesar $19,1 miliar.

4. Dietmar Hopp (Hoffenheim) - $18,5 miliar

5 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia Saat Ini, Ada Abramovich!goal.com

Dietmar Hopp bukanlah sosok yang populer di kalangan penggemar Bundesliga. Ia dikritik karena pengaruhnya terhadap pencapaian Hoffenheim yang begitu pesat seperti RB Leipzig. Keterlibatan finansial Hopp di Hoffenheim dimulai pada tahun 1990.

Ia telah menjadi kunci kebangkitan klub dari Kreisliga ke Bundesliga. Hoffenheim menjadi salah satu klub top di Bundesliga di bawah asuhan Julian Nagelsmann sebelum akhirnya melatih Leipzig sejak tahun 2019 lalu. Hopp sendiri tak terlibat dalam rencana ESL dan memiliki kekayaan sebesar $18,5 miliar.

5. Roman Abramovich (Chelsea) - $12,5 miliar

5 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia Saat Ini, Ada Abramovich!businessinsider.com

Nama terakhir dalam daftar ini adalah Roman Abramovich. Ia mengakuisisi Chelsea pada tahun 2003 dan membuat klub London itu menjadi salah satu klub top saat ini. Sosok ambisius yang haus akan kesuksesan instan, Abramovich menyia-nyiakan sedikit waktu untuk meninggalkan jejaknya di Chelsea. Ia menunjuk Jose Mourinho pada 2004 sebagai pelatih dan mengantarkan era kesuksesan kompetisi domestik.

Di bawah kepemilikan Abramovich, The Blues telah memenangkan 16 trofi, termasuk 5 gelar Liga Inggris dan 1 trofi Liga Champions. Ia kerap dikritik karena kerap memecat pelatih. Ia juga kerap menghabiskan dana besar untuk mendatangkan pemain mahal. Saat ini taipan asal Rusia itu memiliki kekayaan sebesar $12,5 miliar.

 

Beberapa dari mereka sukses mengantarkan klubnya meraih kesuksesan di liga top. Manchester City, Juventus, dan Chelsea menjadi salah satu penggagas European Super League.

Baca Juga: Performa 5 Pelatih Chelsea Era  Abramovic, Lampard Terburuk 

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya