Comscore Tracker

4 Pencetak Gol Jepang di Piala Dunia 2022, Doan hingga Maeda!

Jepang tersingkir pada babak 16 besar

Timnas Jepang tampil layaknya samurai di Piala Dunia 2022 Qatar. Awalnya, tak ada yang menyangka jika mereka akan melangkah jauh di Piala Dunia tahun ini. Apalagi mengingat Samurai Biru mendapat adangan dari tim unggulan seperti Spanyol dan Jerman pada fase grup.

Hebatnya, Jepang mampu melewati adangan tersebut dengan sukses menjadi pemuncak grup. Dua tim unggulan, Spanyol dan Jerman, bahkan tak berdaya menghadapi wakil Asia ini.

Meski begitu, pada babak 16 besar, Jepang harus takluk dari wakil Eropa lainnya. Kroasia mengalahkan mereka melalui adu penalti pada Senin malam (5/12/2022).

Selama Piala Dunia 2022, tercatat ada empat pencetak gol Jepang di turnamen ini. Mereka jadi kunci kesuksesan Samurai Biru lolos ke babak gugur.

1. Ritsu Doan

4 Pencetak Gol Jepang di Piala Dunia 2022, Doan hingga Maeda!Ritsu Doan (twitter.com/fifaworldcup_es)

Ritsu Doan menjadi pemain Jepang paling produktif di Piala Dunia 2022 Qatar. Pemain berposisi penyerang sayap itu telah mengoleksi dua gol. Dia mencetak gol tersebut saat menghadapi dua tim top Eropa, Spanyol dan Jerman.

Bersama Timnas Jepang, Doan menjalani debut sejak September 2018. Hingga saat ini, pemain 24 tahun itu telah mencatatkan 33 caps dengan torehan 5 gol.

Sementara, di level klub, Doan menjadi salah satu pemain Jepang yang kini main di Bundesliga Jerman. Dia bermain bersama SC Freiburg.

2. Takumo Asano

4 Pencetak Gol Jepang di Piala Dunia 2022, Doan hingga Maeda!Takuma Asano (fifa.com)

Berikutnya, ada Takuma Asano yang sama-sama berposisi sebagai penyerang sayap. Di Piala Dunia 2022, dia telah memainkan empat pertandingan. Asano menjadi salah satu pahlawan Jepang saat menaklukkan Jerman di laga perdana grup.

Sama seperti Doan, Asano juga bermain di Bundesliga. Dia membela VfL Bochum.

Arsenal menjadi klub Eropa pertama yang dibela pemain 28 tahun ini. Sayangnya, dia tak mampu bersaing dan lebih banyak dipinjamkan ke klub lain.

Bersama Tim Samurai Biru, Asano pertama kali mencatatkan caps pada Agustus 2015. Laga melawan Kroasia menjadi yang ke-41.

Baca Juga: 5 Momen Gol Ritsu Doan Bersama Timnas Jepang, Andalan! 

3. Ao Tanaka

4 Pencetak Gol Jepang di Piala Dunia 2022, Doan hingga Maeda!Ao Tanaka (twitter.com/FIFAWorldCup)

Ao Tanaka menjadi pahlawan yang menentukan kelolosan Jepang ke babak gugur. Pemain yang kini berusia 24 tahun itu mencetak gol kemenangan saat menghadapi Spanyol di laga pemungkas grup. Tanaka sendiri dua kali membela Jepang di Piala Dunia 2022.

Tanaka telah mencatat total 17 caps bersama Timnas Jepang. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu menjalani debut pada Desember 2019.

Sama seperti dua pemain sebelumnya, Tanaka sedang berkarier di Jerman. Fortuna Duesseldorf menjadi klub divisi kedua Jerman yang kini dibelanya.

4. Daizen Maeda

4 Pencetak Gol Jepang di Piala Dunia 2022, Doan hingga Maeda!Daizen Maeda (twitter.com/M_daizen_1020)

Daizen Maeda menjadi pemain terbaru yang mencetak gol untuk Jepang di Piala Dunia 2022. Pemain berposisi penyerang sayap itu mencetak gol saat Samurai Biru menghadapi Kroasia.

Maeda sendiri mentas di Piala Dunia 2022 dalam tiga pertandingan. Menjalani debut pada Juni 2019, pemain 25 tahun itu telah mengoleksi sebelas caps bersama Samurai Biru.

Di level klub, Maeda baru menjajal atmosfer sepak bola Eropa pada 2022/2023 ini. Celtic menjadi tim yang merekrutnya dari Yokohama Marinos.

5. Jepang kembali gagal pada babak 16 besar

4 Pencetak Gol Jepang di Piala Dunia 2022, Doan hingga Maeda!Jepang melawan Kroasia di Piala Dunia 2022 Qatar. (twitter.com/fifaworldcup_pt)

Keperkasaan Timnas Jepang atas wakil Eropa pada fase grup tampaknya tak berlanjut pada babak gugur. Menghadapi runner-up Grup F, Kroasia, Jepang justru takluk pada babak 16 besar. Satu gol Daizen Maeda pada babak pertama berhasil disamakan Ivan Perisic pada babak kedua.

Jepang sebenarnya mampu menahan Kroasia hingga babak penalti. Sayangnya, para penendang Samurai Biru gagal melakukan tugasnya dengan baik. Hal itu tak lepas dari ketangkasan kiper Kroasia, Dominik Livakovic.

Jepang akhirnya tersingkir pada babak 16 besar. Ini mengulangi kegagalan mereka pada edisi 4 tahun lalu.

Meskipun gagal melaju ke babak perempat final, performa Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar patut diacungi jempol. Mereka tampil bak samurai hingga menyulitkan tim unggulan dari Eropa.

Baca Juga: Profil Ritsu Doan, 2 Kali Bikin Manuel Neuer Malu

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya