Comscore Tracker

6 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City Saat Ditangani Pep Guardiola

Deretan bintang The Cityzens!

Manchester City menjelma menjadi yang klub cukup konsisten dalam beberapa musim terakhir. Bahkan dalam kurun waktu satu dekade terakhir, The Cityzens sukses merengkuh beberapa trofi kompetisi domestik seperti 4 trofi Premier League.

Hal tersebut tak terlepas dari sang pemilik yang kerap mendatangkan pemain berkualitas dengan harga mahal ke Etihad Stadium. Ditambah lagi, mereka menunjuk Josep 'Pep' Guardiola sebagai juru taktik sejak musim 2016/2017.

Hal itu semakin menambah keperkasaan City hingga saat ini. Sebagai pelatih berpengalaman, Guardiola tentu paham bagaimana membentuk tim yang tangguh hingga jago mencetak gol.

Terbukti, dengan adanya beberapa pemain yang sukses menggelontorkan cukup banyak gol untuk City. Lantas, siapa saja pencetak gol terbanyak Manchester City saat dilatih Pep Guardiola? Berikut ulasannya.

1. Sergio Aguero (120 gol)

6 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City Saat Ditangani Pep Guardiolapremierleague.com

Sergio Aguero menjadi pemain dengan torehan gol terbanyak Manchester City sejak ditangani Pep Guardiola. Tak hanya itu, ia juga tercatat sebagai top skor sepanjang masa klub Manchester itu. Pemain Argentina tersebut bergabung dengan The Cityzens sejak musim 2011/2012. Di bawah asuhan Pep Guardiola, performa Aguero tentu saja semakin menjanjikan.

Hingga saat ini, striker 32 tahun itu telah mengoleksi 120 gol sejak ditangani Guardiola. Aguero sendiri dimainkan Pep dalam 171 pertandingan di lima kompetisi. Sayangnya, pada musim ini penampilannya sedikit terganggu oleh cedera hingga diisukan akan hengkang.

2. Raheem Sterling (97 gol)

6 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City Saat Ditangani Pep Guardiolapremierleague.com

Di urutan kedua ada Raheem Sterling yang saat ini juga masih aktif sebagai pemain Manchester City. Striker berkebangsaan Inggris ini telah menjadi bagian The Cityzens sejak 2015/2016. Di awal kebersamaannya dengan City, Sterling mungkin masih kalah saing dengan striker lain seperti Sergio Aguero.

Namun perlahan tapi pasti, dirinya mampu menunjukkan performa apik khususnya saat dilatih Pep Guardiola. Dengan absennya Aguero pada musim ini, membuat pemain 26 tahun itu menjadi tumpuan utama The Cityzens di lini depan.

Ia juga menjadi pemain City yang paling diandalkan oleh Guardiola dengan 222 pertandingan. Dari penampilannya tersebut, Sterling mencatatkan 97 gol di 5 kompetisi berbeda.

3. Gabriel Jesus (73 gol)

6 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City Saat Ditangani Pep Guardiolableacherreport.com

Gabriel Jesus juga menjadi salah satu striker yang diandalkan Manchester City hingga saat ini. Pemain berkebangsaan Brasil itu merupakan salah satu rekrutan Pep Guardiola saat menangani City, tepatnya pada Januari 2017.

Meskipun belum terlalu lama berseragam The Cityzens, ia mencatatkan cukup banyak gol. Selain itu, dirinya juga harus bersaing dengan Aguero dan Sterling untuk memperebutkan posisi striker utama.

Striker 23 tahun ini telah dimainkan Guardiola dalam 169 pertandingan di lima kompetisi berbeda. Dari penampilannya tersebut, ia sukses mengoleksi 73 gol.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Pernah Direkrut Pep Guardiola di Manchester City

4. Kevin De Bruyne (44 gol)

6 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City Saat Ditangani Pep Guardiolapremierleague.com

Manchester City cukup beruntung memiliki gelandang yang berkualitas saat ini. Pemain tersebut yaitu Kevin De Bruyne yang menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia.

Tak hanya jago dalam memberikan assist, pemain berkebangsaan Belgia ini juga torehkan cukup banyak gol bersama The Cityzens. De Bruyne sendiri bergabung dengan klub Manchester itu pada musim 2015/2016.

Hadirnya Pep Guardiola ke Etihad Stadium membuat performa De Bruyne semakin meningkat. Pemain 29 tahun itu telah mencatatkan 204 pertandingan selama diasuh Guardiola. Ia sukses mengemas 44 gol dari penampilannya tersebut.

5. Leroy Sane (39 gol)

6 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City Saat Ditangani Pep Guardiolaindependent.co.uk

Leroy Sane menjadi pemain dalam daftar ini yang sudah tak lagi berseragam Manchester City. Sejak awal musim 2020/2021, ia hengkang dari City ke Bayern Munchen. Sane sendiri merupakan salah satu pemain yang diboyong Pep Guardiola ke Etihad Stadium.

Tepatnya pada awal kedatangan Guardiola di Manchester City. Pemain berkebangsaan Jerman itu tentu saja menjadi andalan Pep sebagai penyerang sayap. Namun cedera yang dialaminya membuat performa Sane tidak konsisten.

Sebelum hengkang, pemain 25 tahun itu sudah dimainkan Pep dalam 135 pertandingan di empat kompetisi berbeda. Dari kesempatan yang diberikan kepadanya, ia menorehkan 39 gol.

6. David Silva (34 gol)

6 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City Saat Ditangani Pep Guardiolapremierleague.com

Pemain terakhir dalam daftar ini juga sudah meninggalkan Manchester City sejak awal musim 2020/2021. Pemain tersebut yaitu David Silva yang menjadi salah satu legenda yang dimiliki City. Pemain berkebangsaan Spanyol ini meninggalkan Etihad Stadium setelah membela City selama sepuluh musim.

Memiliki kualitas mumpuni sebagai gelandang, ia pun menjadi andalan semua pelatih yang menangani City termasuk Pep Guardiola. Meskipun berposisi sebagai gelandang, Silva terbilang cukup produktif.

Terbukti dengan torehan 34 gol selama ditangani Guardiola. Pemain yang kini membela Real Sociedad itu dimainkan Pep dalam 175 pertandingan di empat kompetisi berbeda.

 

Itulah enam pencetak gol terbanyak Manchester City khususnya saat ditangani Pep Guardiola. Ketajaman lini serang The Cityzens menjadi senjata utama dalam meraih kesuksesan. Akankah Guardiola akan bertahan lama lagi di Etihad Stadium?

Baca Juga: 10 Pemain yang Ternyata Pernah Membela Manchester City, Masih Ingat?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya