5 Pencetak Gol Termuda untuk Timnas Spanyol, Ansu Fati Pecahkan Rekor!

Ansu Fati hingga Raul Gonzalez! 

Kehebatan Spanyol dalam bidang sepak bola sudah tak perlu diragukan lagi. Salah satu negara benua Eropa ini melahirkan bintang sepak bola yang berujung pada prestasi. Hamlor disetiap masanya, Negeri Matador memiliki pemain muda yang potensial. Pemain muda tersebut pun tak jarang mendapat kesempatan membela timnas.

Kesempatan berharga tersebut tak disia-siakan beberapa pemain dan berhasil mencetak gol. Terbaru ada  Ansu Fati yang pecahkan rekor pencetak gol termuda di timnas Spanyol. Tak hanya Fati, berikut daftar pencetak gol termuda dalam sejarah timnas Spanyol. 

1. Ansu Fati 

5 Pencetak Gol Termuda untuk Timnas Spanyol, Ansu Fati Pecahkan Rekor!twitter.com/SeFutbol

Ansu Fati menjadi pemain muda berbakat yang saat ini membela Barcelona. Berkat penampilan impresifnya bersama El Barca, Fati mendapat kesempatan tampil bersama timnas Spanyol. Di pertandingan kedua membela Spanyol, Fati sukses ciptakan gol tepatnya pada 6 September 2020.

Dalam laga Nations League menghadapi Ukraina tersebut, Fati masih berusia 17 tahun, 10 bulan dan 6 hari. Penyerang sayap ini jelas digadang-gadang menjadi penerus para bintang Spanyol. 

2. Julen Guerrero

5 Pencetak Gol Termuda untuk Timnas Spanyol, Ansu Fati Pecahkan Rekor!genetikarockradio.com

Sebelum dipecahkan oleh Ansu Fati, rekor pencetak gol termuda timnas Spanyol dipegang oleg Julen Guerrero. Pemain berposisi gelandang serang tersebut mencetak gol perdananya untuk timnas Spanyol pada 2 Juni 1993. Saat itu Spanyol menghadapi Lithuania dalam laga kualifikasi Piala Dunia.

Dalam laga tersebut, Guerrero masih berusia 19 tahun, 4 bulan dan 26 hari. Hingga pensiun 2006 lalu, Guerrero mencatatkan 41 penampilan bersama timnas Spanyol. Dari penampilannya tersebut, ia sukses mengoleksi 14 gol. 

3. Juan Manuel Asensi

5 Pencetak Gol Termuda untuk Timnas Spanyol, Ansu Fati Pecahkan Rekor!as.com

Jauh sebelum Fati dan Guerrero, Juan Manuel Asensi lebih dulu tercatat sebagai pencetak gol termuda di timnas Spanyol. Pemain gelandang serang tersebut mencetak gol perdananya pada 23 Februari 1969. Tepatnya dalam laga kualifikasi Piala Dunia melawan Belgia.

Dalam pertandingan tersebut, Asensi masih berusia 19 tahun dan 5 bulan. Ia mengakhiri karier sepak bolanya pada tahun 1983 dan telah mencatatkan 41 penampilan bersama timnas Spanyol. Asensi sukses mencetak 7 gol dari penampilannya tersebut. 

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Timnas Spanyol di Abad 21

4. Roberto Lopes Ufarte

5 Pencetak Gol Termuda untuk Timnas Spanyol, Ansu Fati Pecahkan Rekor!pinterest/mirrored sunglasses

Pemain berikutnya yaitu Roberto Lopez Ufarte yang mencatatkan gol perdananya untuk timnas Spanyol pada 21 September 1977. Ufarte menjadi salah satu pencetak gol kemenangan Spanyol atas Swiss dalam laga persahabatan. Saat menjalani laga tersebut, Ufarte masih berusia 19 tahun, 5 bulan dan 2 hari.

Pemain berposisi penyerang sayap tersebut memutuskan gantung sepatu pada tahun 1989. Bersama timnas Spanyol, Ufarte mencatatkan 15 penampilan dengan mencetak 5 gol. 

5. Raul Gonzalez

5 Pencetak Gol Termuda untuk Timnas Spanyol, Ansu Fati Pecahkan Rekor!90min.com

Pemain kelima dalam daftar ini tentu sudah tidak asing lagi yaitu Raul Gonzalez. Mantan pemain Real Madrid ini baru memutuskan gantung sepatu pada tahun 2015 lalu. Pemain berposisi second striker ini mencetak gol perdana bersama timnas Spanyol pada 14 Desember 1996.

Saat itu Spanyol menghadapi Kroasia dalam laga kualifikasi Piala Dunia. Dalam laga yang dimenangkan Spanyol tersebut, Raul masih berusia 19 tahun, 5 bulan dan 17 hari. Bersama timnas Spanyol, Raul menorehkan 44 gol dari 102 penampilan.

Siapa pemain selanjutnya yang bakal memecahkan rekor Ansu Fati? 

Baca Juga: Bertabur Rekor, Ansu Fati adalah Kunci Masa Depan Timnas Spanyol

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya