Comscore Tracker

6 Pencetak Gol Tertua di LaLiga Sepanjang Sejarah, Deretan Legenda!

Ada yang masih aktif bermain lho!

LaLiga menjadi salah satu liga yang bergengsi di Eropa. Banyak bintang lapangan hijau dunia yang menjalani karier di kompetisi kasta teratas liga Spanyol ini. Sebut saja Ronaldo dan Lionel Messi yang pernah saling bersaing di LaLiga.

Meskipun demikian, tak sedikit juga beberapa pemain yang memasuki penghujung karier masih bermain di LaLiga. Bahkan beberapa dari mereka sukses mencatatkan namanya di papan skor. Nama mereka tentu saja menjadi legemda dalam sejarah LaLiga. Berikut pencetak gol tertua di LaLiga sepanjang sejarah. 

1. Donato (Deportivo La Coruna) 

6 Pencetak Gol Tertua di LaLiga Sepanjang Sejarah, Deretan Legenda!besoccer.com

Pemegang rekor pencetak gol tertua dalam sejarah LaLiga adalah Donato. Pemain berkebangsaan Spanyol ini terakhir kali mencetak gol di LaLiga pada 17 Mei 2003. Saat itu pemain gelandang bertahan ini membela Deportivo La Coruna saat menghadapi Valencia.

Dalam pertandingan tersebut, Donato sudah menginjak usia 40 tahun, 4 bulan dan 17 hari. Tak hanya Deportivo, klub LaLiga lainnya yang pernah dibela Donato adalah Atletico Madrid. Selama di LaLiga, ia mencatatkan 458 penampilan dengan mencetak 48 gol dan 1 assist. 

2. Cesar Rodriguez (Elche) 

6 Pencetak Gol Tertua di LaLiga Sepanjang Sejarah, Deretan Legenda!goal.com

Sebelum dipecahkan Donato, Cesar Rodriguez lebih dulu tercatat sebagai pencetak gol tertua di LaLiga. Tepatnya pada 10 April 1960 saat berseragam Elche. Dalam laga menghadapi Atletico Madrid tersebut, Cesar sudah berusia 39 tahun, 9 bulan dan 13 hari.

Sebelum berseragam Elche, Granada dan Barcelona menjadi tim LaLiga lain yang dibela pemain berposisi striker ini. Pemain berkebangsaan Spanyol ini mencatatkan 353 penampilan selama berkarier di LaLiga. Dari penampilannya tersebut, ia mencetak 221 gol dan 2 assist. 

3. Alfredo di Stefano (Espanyol) 

6 Pencetak Gol Tertua di LaLiga Sepanjang Sejarah, Deretan Legenda!goal.com

Pemain lainnya yang mencetak gol saat penghujung karier ada Alfredo di Stefano. Momen tersebut terjadi saat Stefano membela Espanyol menghadapi Mallorca. Pada pertandingan yang digelar 20 Februari 1966 tersebut ia mencetak gol saat usia 39 tahun, 7 bulan dan 16 hari.

Sebelum akhirnya pensiun di Espanyol, pemain berposisi second striker ini cukup lama membela Real Madrid. Selama bermain di LaLiga, Stefano mencatatkan 329 penampilan. Pemain yang pensiun pada tahun 1966 ini mencetak 227 gol. 

Baca Juga: 10 Pencetak Gol Terbanyak LaLiga Dua Dekade Terakhir, Messi Teratas!

4. Jose Araquistain (Real Sociedad) 

6 Pencetak Gol Tertua di LaLiga Sepanjang Sejarah, Deretan Legenda!realmadrid.com

Jose Araquistain merupakan pemain yang mencetak gol terakhir di LaLiga saat berseragam Real Sociedad. Tepatnya pada 27 April 1974 saat Sociedad berhadapan dengan Sporting Gijon. Dalam laga yang dimenangkan Sociedad tersebut, Araquistain mencetak gol saat usianya 38 tahun, 11 bulan dan 12 hari.

Dilansir dari data Transfermarkt, pemain asal Spanyol ini hanya mencatatkan 19 penampilan di LaLiga sepanjang kariernya. Dari penampilannya tersebut ia menorehkan 2 gol. 

5. Ferenc Puskas (Real Madrid) 

6 Pencetak Gol Tertua di LaLiga Sepanjang Sejarah, Deretan Legenda!goal.com

Nama Ferenc Puskas mungkin sudah tidak asing lagi bagi penggemar sepak. Pemain asal Hungaria ini cukup legendaris hingga namanya menjadi salah satu penghargaan FIFA untuk kategori gol terbaik. Puskas juga menjadi salah satu pemain yang mencetak gol dipenghujung kariernya.

Pada 21 November 1965, ia mencetak gol saat membela Real Madrid menghadapi Sevilla. Saat itu ia sudah menginjak usia 38 tahun, 7 bulan dan 19 hari. Di LaLiga, pemain berposisi striker ini mencetak 156 gol dan 180 penampilan. 

6. Joaquin (Real Betis) 

6 Pencetak Gol Tertua di LaLiga Sepanjang Sejarah, Deretan Legenda!goal.com

Pemain terakhir dalam daftar ini yaitu Joaquin yang saat ini masih aktif bermain bersama Real Betis. Pada 21 Februari 2020, pemain berkebangsaan Spanyol ini sukses mencatatkan namanya di papan skor kala menghadapi Mallorca.

Dalam laga tersebut, penyerang kanan ini sukses mencetak gol saat usia 38 tahun dan 7 bulan. Selain Betis, klub LaLiga lainnya yang pernah dibela Joaquin yaitu Valencia dan Malaga. Hingga saat ini ia mencatatkan 553 pertandingan LaLiga dengan catatan 76 gol dan 57 assist. 

Dengan masih aktifnya Joaquin di LaLiga, bukan tidak mungkin rekor pencetak gol tertua LaLiga terpecahkan. 

Baca Juga: Pencetak Gol Termuda di 5 Liga Top Eropa, Umurnya Baru Belasan Tahun!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya