Comscore Tracker

5 Pencetak Gol Tertua di Premier League Hingga Kini, Ada Ryan Giggs!

Makin tua, makin jadi nih! 

Premier League menjadi kompetisi yang sangat menarik untuk diikuti. Persaingan yang ketat dan merata membuat kasta teratas liga Inggris tersebut menyajikan pertarungan seru. Tak hanya menjadi panggung para bintang terbaik, beberapa pemain senior pun masih diberi kesempatan tampil.

Bahkan tak sedikit pula pemain veteran yang sukses menjebol gawang lawan. Salah satunya yaitu Ryan Giggs yang menjadi salah satu legenda Manchester United. Tak hanya Giggs, berikut daftar pencetak gol tertua dalam sejarah Premier League. 

1. Teddy Sheringham (West Ham United)

5 Pencetak Gol Tertua di Premier League Hingga Kini, Ada Ryan Giggs!whufc.com

Teddy Sheringham menjadi pemegang rekor pencetak gol tertua dalam sejarah Premier League. Pemain berkebangsaan Inggris ini menciptakan gol terakhir di Premier League saat berseragam West Ham United. Tepatnya pada 26 Desember 2006 saat menghadapi Portsmouth.

Dalam pertandingan tersebut ia menciptakan satu gol diusia 40 tahun, 8 bulan dan 24 hari. Sheringham juga pernah membela beberapa klub Premier League lainnya seperti Tottenham Hotspur dan Manchester United. Ia mencatatkan 146 gol dan 76 assist dari 418 pertandingan Premier League. 

2. Dean Windass (Hull City) 

5 Pencetak Gol Tertua di Premier League Hingga Kini, Ada Ryan Giggs!eurosport.com

Diurutan kedua ada Dean Windass yang menciptakan gol terakhir di Premier League bersama Hull City. Striker berkebangsaan Inggris ini sukses mencetak gol saat Hull menghadapi Portsmouth. Pada pertandingan yang digelar 22 November 2008 tersebut, Windass sudah berusia 39 tahun, 7 bulan dan 21 hari.

Selain Hull, klub lain yang dibela Windass ada Bradford dan Middlesbrough. Ia mencatatkan 104 pertandingan selama bermain di Premier League. Sebagai striker, Windass hanya mampu 17 gol dan 4 assist. 

3. Ryan Giggs (Manchester United) 

5 Pencetak Gol Tertua di Premier League Hingga Kini, Ada Ryan Giggs!twitter.com/premierleague

Ryan Giggs menjadi salah satu pemain yang mencetak gol dipenghujung kariernya di Premier League. Legenda Manchester United ini mencatatkan namanya di papan skor kala menghadapi Queens Park Rangers. Pada pertandingan yang digelar 23 Februari 2013 tersebut, usia Giggs sudah menginjak 39 tahun, 2 bulan dan 25 hari.

Selama berkarier di Premier League, pemain Wales ini hanya membela Setan merah. Ia mencatatkan 632 pertandingan dengan torehan 109 gol dan 162 assist. Ia juga mengantarkan United juara Premier League sebanyak 13 kali. 

Baca Juga: 5 Kiper Tertua yang Tampil di Premier League, Sudah di Atas 42 Tahun!

4. Stuart Pearce (West Ham United) 

5 Pencetak Gol Tertua di Premier League Hingga Kini, Ada Ryan Giggs!skysports.com

Sebelum pemain-pemain tersebut, Stuart Pearce lebih dulu tercatat sebagai pencetak gol tertua Premier League. Pada 25 November 2000, Pearce mencetak gol saat membela West Ham United menghadapi Southampton. Dalam laga tersebut, pemain berkebangsaan Inggris ini sudah berusia 38 tahun, 7 bulan dan 1 hari.

Selain membela West Ham, ia juga pernah berseragam Nottingham Forest dan Newcastle United. Di Premier League, pemain berposisi bek kiri ini mencatatkan 202 penampilan. Meskipun sebagai bek, Pearce sukses mencetak 20 gol dan 7 assist serta 52 clean sheet

5. Graham Alexander (Burnley) 

5 Pencetak Gol Tertua di Premier League Hingga Kini, Ada Ryan Giggs!transfermarkt.co.uk

Pemain kelima dalam daftar ini adalah Graham Alexander yang cetak gol terakhirnya di Premier League bersama Burnley. Tepatnya saat menghadapi Hull City pada 10 April 2010. Dalam pertandingan tersebut, pemain berkebangsaan Skotlandia ini sudah berusia 38 tahun dan 6 bulan.

Sepanjang kariernya, Alexander hanya semusim bermain di Premier League. Pemain berposisi bek kanan ini mencatatkan 33 penampilan dengan mencetak 7 gol, 1 assist serta 2 clean sheet.

Pemain-pemain tersebut tentu saja memiliki kualitas mumpuni hingga dipercaya tampil meskipun sudah tak muda lagi. Siapa pemain veteran yang saat ini bersinar di Premier League?

Baca Juga: 5 Kiper Tertua yang Tampil di Liga Champions Sepanjang Masa, Veteran!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya