5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Piala Eropa, CR7 Salah Satunya!

Tetap tajam meski tak muda lagi 

Piala Eropa merupakan salah satu turnamen yang paling bergengsi di dunia sepak bola. Pertarungan bintang terbaik Eropa menjadi suguhan utama. Meskipun demikian, tak sedikit para bintang senior yang berlaga di ajang ini. Tak hanya tampil, tak sedikit dari mereka yang sukses mencatatkan namanya di papan skor.

Di Piala Eropa 2020, ada juga beberapa pemain senior yang mencetak gol seperti halnya Ronaldo dan Pandev. Namun mereka belum bisa memecahkan rekor pencetak gol tertua di Piala Eropa. Lantas, siapa saja pencetak gol tertua dalam sejarah Piala Eropa? Berikut ulasannya.

1. Ivica Vastic (Austria) 

5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Piala Eropa, CR7 Salah Satunya!Ivica Vastic (transfermarkt.co.uk)

Pencetak gol tertua dalam sejarah Piala Eropa adalah Ivica Vastic. Ia merupakan pemain berkebangsaan Austria yang berposisi sebagai penyerang. Vastic memecahkan rekor pencetak gol tertua pada Piala Eropa 2008. Tepatnya saat laga Austria menghadapi Polandia pada 12 Juni 2008.

Dalam laga penyisihan grup tersebut, Vastic sudah menginjak usia 38 tahun, 8 bulan dan 14 hari. Edisi tahun 2008 menjadi satu-satunya Piala Eropa yang diikuti Vastic. Saat itu, ia tampil dalam 2 pertandingan. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2009 itu mencatatkan 50 caps

2. Goran Pandev (Makedonia Utara) 

5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Piala Eropa, CR7 Salah Satunya!Goran Pandev (mundodeportivo.com)

Berikutnya ada Goran Pandev yang mencatatkan namanya dalam daftar ini pada Piala Eropa 2020. Pandev menjadi kapten Makedonia Utara yang baru pertama kali tampil di ajang Piala Eropa. Mantan pemain Inter Milan itu mencetak gol saat Makedonia Utara melawan Austria.

Dalam pertandingan yang digelar 13 Juni 2013 itu, Pandev sudah menginjak usia 37 tahun, 10 bulan dan 17 hari. Pandev mengakhiri karier internasionalnya setelah menghadapi Belanda di laga terakhir grup. Sepanjang kariernya, Pandev mencatatkan 122 caps dengan torehan 39 gol. 

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Pernah Menjuarai Piala Eropa, Siapa Saja?

3. Zoltan Gera (Hungaria) 

5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Piala Eropa, CR7 Salah Satunya!Zoltan Gera (uefa.com)

Pada Piala Eropa 2016, juga ada pemain senior yang sukses mencetak gol. Zoltan Gera yang membela Hungaria menjadi pencetak gol tertua pada edisi tersebut. Momen itu terjadi saat Gera mencetak gol ke gawang timnas Portugal yang akhirnya keluar sebagai juara di akhir turnamen.

Pertandingan yang berakhir dengan skor 3-3 itu digelar pada 22 Juni 2016, dan Gera sudah berusia 37 tahun 2 bulan. Piala Eropa 2016 menjadi satu-satunya edisi yang diikuti Gera setelah Hungaria lama absen. Sebelum gantung sepatu pada tahun 2018, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini telah mencatatkan 97 caps

4. Gareth McAuley (Irlandia Utara) 

5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Piala Eropa, CR7 Salah Satunya!Gareth McAuley (uefa.com)

Selain Zoltan Gera, pemain senior lainnya yang catatkan namanya di papan skor ada Gareth McAuley. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu merupakan pemain berkebangsaan Irlandia Utara. McAuley sukses mencetak gol saat timnya melawan Ukraina di babak penyisihan grup.

Dalam laga yang digelar 16 Juni 2016 itu, ia sudah berusia 36 tahun, 6 bulan dan 11 hari. Sama seperti tiga pemain sebelumnya, McAuley juga hanya tampil di satu edisi Piala Eropa. Ia mencatatkan 80 caps sebelum akhirnya gantung sepatu pada tahun 2018.

5. Cristiano Ronaldo (Portugal) 

5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Piala Eropa, CR7 Salah Satunya!Cristiano Ronaldo (goal.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Cristiano Ronaldo yang menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Eropa 2020. Tak hanya itu, keberhasilan Ronaldo mencetak gol juga memecahkan beberapa rekor lainnya. Di antaranya ada pencetak gol terbanyak dalam sejarah Piala Eropa dan pencetak gol terbanyak di level internasional.

Ronaldo menjadi salah satu pencetak gol tertua setelah menjebol gawang Prancis. Dalam laga yang digelar 23 Juni 2021 itu, CR7 sudah menginjak 36 tahun, 4 bulan dan 18 hari. Meskipun sudah senior, tak ada yang tahu jika ia akan tampil di Piala Eropa edisi berikutnya.

 

Bagi pemain-pemain di atas, usia hanyalah angka. Tak ada halangan untuk mereka tetap berprestasi di usia yang tak muda lagi.

Baca Juga: 6 Pemain Tertua yang Tampil di Piala Eropa 2020, Ada yang Jadi Juara!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya