Comscore Tracker

Saatnya Regenerasi, 6 Bintang Barcelona Ini Memasuki Penghujung Karier

Lionel Messi juga termasuk lho!

Barcelona menjadi salah satu tim terbaik di Eropa bahkan dunia. Diperkuat oleh para bintang lapangan hijau membuat mereka tak kesulitan untuk berprestasi. Nama-nama seperti Suarez hingga Messi tentu sudah tak asing lagi. Namun tampaknya mereka harus segera memikirkan untuk menyiapkan generasi baru.

Hal tersebut tak terlepas dari beberapa pemain bintangnya yang memasuki usia di atas 30 tahun. Di mana pada usia-usia tersebut, seorang pemain mengalami penurunan kualitas hingga mengakhiri karier. Setidaknya ada enam pemain andalan yang memasuki penghujung karier, siapa saja mereka? Berikut ulasannya. 

1. Gerard Pique

Saatnya Regenerasi, 6 Bintang Barcelona Ini Memasuki Penghujung Karierfcbarcelonanoticias.com

Gerard Pique menjadi salah satu pemain penting di skuat Barcelona dalam meraih berbagai gelar. Pique cukup diandalkan untuk mengawal lini belakang Barcelona. Namun saat ini, usia Pique tak lagi muda, yakni 33 tahun. Pemain Spanyol ini sudah membela El Barca sejak musim 2008/2009.

Hingga kini Pique telah tampil membela Barca dalam 536 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai bek tengah, Pique cukup produktif dengan catatan 46 gol dan 13 assist. Berbagai gelar juga telah diraih Pique bersama El Barca, seperti LaLiga, Liga Champions hingga Piala Dunia Antar Klub. 

2. Jordi Alba

Saatnya Regenerasi, 6 Bintang Barcelona Ini Memasuki Penghujung Karierfcbarcelona.com

Bintang lini belakang Barcelona lainnya yaitu Jordi Alba juga mulai menua. Pemain bek kiri ini bergabung dengan skuat Barca pada musim 2012/2013. Saat ini Alba menginjak usia 31 tahun dan masih menjadi andalan di lini belakang Barca. Hampir tujuh musim membela Barca, pemain Spanyol ini mencatatkan 328 penampilan di semua kompetisi.

Mantan pemain Valencia ini sukses mencetak 17 gol serta 60 assist. Sama seperti Pique, Alba juga turut mengantarkan El Barca meraih berbagai gelar bergengsi. Tak terkecuali LaLiga, Liga Champions hingga Piala Dunia Antar Klub. 

3. Sergio Busquets

Saatnya Regenerasi, 6 Bintang Barcelona Ini Memasuki Penghujung Karierfcbarcelona.com

Dari lini tengah, Sergio Busquets juga memasuki usia yang tak lagi muda. Saat ini, Busquets telah berusia 31 tahun dan masih menjadi andalan sebagai gelandang bertahan. Sebagai lulusan La Masia, Busquets dikontrak bersama skuat utama Barca sejak musim 2008/2009.

Hingga kini, pemain Spanyol tersebut telah tampil untuk Barca dalam 572 pertandingan di semua kompetisi. Dalam hal menyerang, Busquets mencatatkan 15 gol serta 37 assist. Gelar bergengsi yang diraih Busquets antara lain 8 trofi LaLiga, 3 trofi Liga Champions serta 3 trofi Piala Dunia Antar Klub. 

Baca Juga: Messi Cetak Gol Cepat ke Gawang Praha, Sergio Busquets Tidak Puas 

4. Ivan Rakitic 

Saatnya Regenerasi, 6 Bintang Barcelona Ini Memasuki Penghujung Karierfcbarcelona.com

Rekan Sergio Busquets di lini tengah Barcelona yakni Ivan Rakitic juga tak lagi muda. Rakitic merupakan pemain kelahiran Kroasia pada 32 tahun yang lalu. Rakitic membela El Barca sejak musim 2014/2015 setelah tampil apik bersama Sevilla.

Hingga kini ia masih kerap dimainkan dan telah tampil dalam 304 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai gelandang tengah, Rakitic mencatatkan 35 gol serta 41 assist untuk El Barca. Rakitic juga mengantarkan Barca meraih berbagai gelar seperti LaLiga, Liga Champions hingga Piala Dunia Antar Klub. 

5. Luis Suarez 

Saatnya Regenerasi, 6 Bintang Barcelona Ini Memasuki Penghujung Karierfcbarcelona.com

Sementara dari lini depan, ada Luis Suarez yang sudah memasuki penghujung karier. Pemain Uruguay ini didatangkan Barca dari Liverpool pada musim 2014/2015. Kini Suarez telah menginjak usia 33 tahun dan sudah mulai terganggu oleh cedera. Selama membela Barca, Suarez tampil dalam 275 pertandingan di semua kompetisi.

Sebagai striker, Luis Suarez tentu saja sangat produktif, yaitu dengan catatan 193 gol serta 109 assist. Gelar yang ia raih bersama Barcelona di antara ada LaLiga, Liga Champions hingga Piala Dunia Antar Klub. Posisi Suarez sangat butuh regenerasi karena hingga kini belum ada pemain muda yang menggantikannya. 

6. Lionel Messi 

Saatnya Regenerasi, 6 Bintang Barcelona Ini Memasuki Penghujung Karierfcbarcelona.com

Pemain terakhir ini menjadi alasan kuat Barcelona harus segera regenerasi pemain. Mega bintang mereka yaitu Lionel Messi juga termasuk ke dalam pemain yang sudah cukup senior. Saat ini, Messi berusia 33 tahun dan telah mencatatkan tinta emas selama membela El Barca. Lulusan La Masia ini dikontrak secara profesional oleh Barca sejak musim 2005/2006.

Prestasi Messi bersama Barca tentu saja sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Messi mencatatkan 723 penampilan dengan mencetak 629 gol dan 272 assist. Penghargaan pribadi hingga trofi bergengsi telah diraih oleh Messi. Legenda hidup Barca ini tentu saja sangat butuh dicarikan pengganti karena menjadi kekuatan utama Barca selama ini. 

Bintang Barcelona tersebut mungkin hanya akan membela Barca dalam beberapa musim ke depan. Jika tidak segera melakukan regenerasi, mungkin prestasi El Barca bisa saja menurun. Siapa pemain yang layak menggantikan peran pemain andalan Barca tersebut? 

Baca Juga: Dari Messi Hingga Casemiro, Inilah 10 Pemain La Liga Paling Berharga

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya