Comscore Tracker

5 Penjualan Pemain Termahal Athletic Bilbao, Bawa Untung Besar!

Kepa Arrizabalaga salah satunya lho! 

Athletic Bilbao merupakan salah satu tim yang cukup konsisten bersaing di LaLiga. Klub berjuluk Los Leones ini juga menjadi klub yang kerap menghasilkan pemain muda berkualitas. Tak sedikit pemain top yang pernah berseragam Bilbao. Sebut saja ada Kepa Arrizabalaga dan Aymeric Laporte yang saat ini menjadi andalan klub elite Premier League.

Dengan kualitas yang mereka miliki, Los Leones melepas pemain tersebut dengan harga tinggi. Tak hanya mahal, pemain-pemain tersebut juga beri keuntungan finansial bagi Athletic Bilbao. Berikut daftar pemain termahal yang dijual Athletic Bilbao. 

5. Asier Del Horno - 12 juta euro 

5 Penjualan Pemain Termahal Athletic Bilbao, Bawa Untung Besar!skysports.com

Diurutan kelima ada Asier Del Horno yang meninggalkan Athletic Bilbao pada musim 2005/2006. Saat itu pemain berkebangsaan Spanyol ini baru berusia 24 tahun saat direkrut Chelsea. Lulusan akademi Bilbao ini diboyong The Blues dengan mahar 12 juta euro.

Sebagai lulusan akademi, nilai transfer tersebut tentu saja merupakan keuntungan penuh bagi Los Leones. Sempat kembali dengan status pinjaman, bek kiri ini membela Bilbao dalam 139 pertandingandi semua kompetisi dengan catatan 17 gol dan 9 assist. 

4. Ander Herrera - 36 juta euro 

5 Penjualan Pemain Termahal Athletic Bilbao, Bawa Untung Besar!bleacherreport.com

Pemain berikutnya memberikan keuntungan lebih besar meskipun bukan produk akademi Athletic Bilbao. Pemain tersebut yaitu Ander Herrera yang dijual ke Manchester United pada musim 2014/2015. Dinilai tampil mengesankan, Herrera direkrut United dengan harga 36 juta euro.

Sebelumnya pemain Spanyol ini bergabung dengan Athletic Bilbao pada musim 2011/2012 setelah direkrut dari Real Zaragoza dengan harga 7,5 juta euro. Sebelum hengkang, gelandang tengah ini mencatatkan 128 penampilan bersama Bilbao dengan mencetak 11 gol dan 19 assist. 

3. Javi Martinez - 40 juta euro 

5 Penjualan Pemain Termahal Athletic Bilbao, Bawa Untung Besar!fcbayern.com

Pemain berikutnya yaitu Javi Martinez yang saat ini menjadi andalan Bayern Munchen. Pemain Spanyol ini hijrah dari Athletic Bilbao ke Munchen pada musim 2012/2013. Saat itu Martinez baru berusia 23 tahun dan ditebus The Bavarians dengan harga 40 juta euro.

Sama seperti Herrera, gelandang bertahan ini juga direkrut Bilbao dengan harga murah. Pada musim 2006/2007, Los Leones merekrutnya dari Ossasuna dengan harga 6 juta euro. Bersama Athletic Bilbao, Martinez mencatatkan 250 penampilan dengan mencetak 25 gol dan 6 assist. 

Baca Juga: Akan Berstatus Bebas Transfer, Higuain Jadi Incaran Athletic Bilbao

2. Aymeric Laporte - 65 juta euro 

5 Penjualan Pemain Termahal Athletic Bilbao, Bawa Untung Besar!goal.com

Aymeric Laporte menjadi salah satu pemain lulusan akademi Athletic Bilbao yang memberikan keuntungan cukup besar. Pemain berkebangsaan Prancis tersebut dilepas Bilbao ke Manchester City pada musim 2017/2018. Masih berusia 23 tahun pada saat itu, City menebus Laporte dengan harga 65 juta euro.

Harga tersebut tentu saja cukup fantastis apalagi Laporte berposisi sebagai bek tengah. Sebelum meninggalkan Bilbao, Laporte telah membela Los Leones dalam 222 pertandingan. Dari penampilannya tersebut, ia mencetak 10 gol dan 6 assist. 

1. Kepa Arrizabalaga - 80 juta euro 

5 Penjualan Pemain Termahal Athletic Bilbao, Bawa Untung Besar!premierleague.com

Pemain termahal yang pernah dijual Athletic Bilbao yaitu Kepa Arrizabalaga. Tak hanya termahal, kiper berkebangsaan Spanyol ini juga memberikan keuntungan terbesar bagi Bilbao. Hal tersebut menyusul nilai transfer Kepa yang mencapai 80 juta euro saat hengkang ke Chelsea.

Kepindahannya terjadi pada musim 2018/2019 saat berusia 23 tahun. Kepa merupakan produk akademi Bilbao yang telah membela tim utama dalam 54 pertandingan. Dari penampilannya tersebut, ia mencatatkan 66 kebobolan dan 15 clean sheet

Itulah 5 pemain termahal yang dijual Athletic Bilbao sekaligus memberikan keuntungan besar. Siapa mantan pemain Athletic Bilbao paling sukses?

Baca Juga: 3 Kiper Ini Jadi Pilihan Chelsea untuk Pengganti Kepa Arrizabalaga

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya