Comscore Tracker

5 Penyerang Paling Tajam yang Pernah Menjadi Anak Asuh Jurgen Klopp

Deretan penyerang haus gol

Jurgen Klopp merupakan sosok penting yang membawa Liverpool berjaya. Di tangan pelatih asal Jerman itu, The Reds berhasil menambah trofi Liga Champions dan meraih trofi Premier League untuk pertama kalinya. Klopp memang dikenal sebagai pelatih yang berkualitas.

Sebelum menangani Liverpool, ia pernah menjabat sebagai pelatih di Mainz 05 dan Borussia Dortmund. Dengan gaya sepak bola menyerang, Klopp menjadikan timnya bisa mencetak banyak gol. Hal itu juga menjadi keunggulannya dalam memoles penyerang. Lantas, siapa saja penyerang paling tajam yang pernah ditangani Jurgen Klopp? Berikut ulasannya.

1. Mohamed Salah (123 Gol)

5 Penyerang Paling Tajam yang Pernah Menjadi Anak Asuh Jurgen KloppMohamed Salah (premierleague.com)

Pemain dengan gol terbanyak selama ditangani Jurgen Klopp adalah Mohamed Salah. Pemain berkebangsaan Mesir itu tentu saja menjadi andalan Klopp saat menangani Liverpool. Salah sendiri merupakan salah satu pemain yang direkrut Klopp.

Sebelumnya, ia merupakan pemain yang membela AS Roma. Kualitas Salah sebagai penyerang tak perlu diragukan lagi dengan gelontoran 123 gol selama dilatih Klopp. Pemain 28 tahun itu dimainkan pelatih asal Jerman itu dalam 199 pertandingan di delapan kompetisi yang berbeda hingga kini.

2. Robert Lewandowski (102 Gol)

5 Penyerang Paling Tajam yang Pernah Menjadi Anak Asuh Jurgen KloppRobert Lewandowski saat berseragam Borussia Dortmund (bundesliga.com)

Jurgen Klopp mulai dikenal publik saat menangani Borussia Dortmund. Ia menukangi Die Borussen selama tujuh musim, yakni sejak musim 2008/2009 hingga 2014/2015. Salah satu striker yang menjadi andalan Klopp saat itu adalah Robert Lewandowski.

Di bawah asuhan pelatih Jerman itu, Lewandowski tampil garang hingga diboyong klub rival, Bayern Munchen. Pemain asal Polandia itu sukses mencatatkan 102 gol selama ditangani Klopp. Jumlah tersebut ia torehkan dari 186 pertandingan di enam kompetisi berbeda.

Baca Juga: Selain Lewandowski, Ini 6 Pemain Polandia yang Main di Liga Top Eropa

3. Sadio Mane (95 Gol)

5 Penyerang Paling Tajam yang Pernah Menjadi Anak Asuh Jurgen KloppSadio Mane (premierleague.com)

Jurgen Klopp cukup beruntung saat menangani Liverpool saat ini. Bagaimana tidak, selain ada Mohamed Salah, lini depan The Reds juga diisi pemain-pemain berkualitas lainnya, seperti Sadio Mane. Pemain berkebangsaan Senegal itu juga menjadi rekrutan Klopp saat di Liverpool.

Meskipun Mane bukan pemain yang paling sering dimainkan Klopp, ketajamannya sudah tak perlu diragukan lagi. Mane sukses mencatatkan 95 gol selama ditangani pelatih asal Jerman itu. Hingga saat ini ia telah dimainkan Klopp dalam 214 pertandingan di delapan kompetisi berbeda.

4. Roberto Firmino (84 Gol)

5 Penyerang Paling Tajam yang Pernah Menjadi Anak Asuh Jurgen KloppRoberto Firmino (premierleague.com)

Tak hanya Mohamed Salah dan Sadio Mane, Jurgen Klopp juga mengandalkan Roberto Firmino di lini depan Liverpool. Bahkan, pemain Brasil itu menjadi pemain paling diandalkan Klopp selama menangani The Reds. Selama di bawah asuhan Klopp, pemain yang bergabung dengan Liverpool pada musim 2015/2016 itu dimainkan dalam 281 pertandingan di sembilan kompetisi berbeda.

Tak mau kalah dengan pemain lainnya, pemain 29 tahun itu menorehkan 84 gol. Sebagai seorang striker, catatan itu mungkin kalah fantastis dengan pemain sebelumnya. Namun, di era Klopp, Firmino memiliki tugas sendiri dan kerap bermain sebagai false nine. Tak heran jika ia juga mencatatkan assist yang cukup banyak, yakni 68 assist.

5. Michael Thurk (59 Gol)

5 Penyerang Paling Tajam yang Pernah Menjadi Anak Asuh Jurgen KloppMichael Thurk (twitter.com/Mainz05en)

Michael Thurk merupakan pemain yang sangat diandalkan Jurgen Klopp di awal karier kepelatihannya. Pemain yang telah gantung sepatu pada tahun 2018 lalu itu diandalkan Klopp saat menangani Mainz 05. Ia terbilang cukup lama menjadi pemain klub Bundesliga tersebut dan tentunya menjadi pilar utama di bawah asuhan Klopp.

Selama kebersamaannya dengan pelatih asal Jerman itu, Thurk sukses mencetak 59 gol. Pemain yang berposisi sebagai penyerang tengah itu dimainkan Klopp dalam 165 pertandingan di lima kompetisi berbeda.

 

Para penyerang itu menjadi bukti kejelian Jurgen Klopp dalam memoles lini depan timnya. Klub asuhan Klopp memang luar biasa. Dalam kondisi kehilangan bola, mereka tetap memberi tekanan. Di antara mereka, siapa favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Dilatih oleh Jurgen Klopp dan Pep Guardiola

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya