Comscore Tracker

5 Penyerang Paling Tajam yang Pernah Ditangani Thomas Tuchel

Bagaimana dengan lini depan Chelsea?

Thomas Tuchel menunjukkan magisnya sejak ditunjuk sebagai pelatih Chelsea. Pelatih asal Jerman itu sebelumnya pernah menukangi beberapa klub liga top Eropa. Di antaranya ada Mainz 05, Borussia Dortmund, dan Paris Saint-Germain. Prestasinya mungkin masih kalah jika dibanding pelatih top seperti Jose Mourinho hingga Pep Guardiola.

Namun Tuchel tak kalah hebat dalam memoles pemainnya. Khusus di lini depan, Tuchel sudah banyak mengandalkan penyerang. Kini ia memiliki tugas berat untuk memoles penyerang Chelsea agar lebih produktif. Lantas siapa saja penyerang paling tajam yang pernah ditangani Thomas Tuchel? Berikut ulasannya.

1. Kylian Mbappe (83 Gol)

5 Penyerang Paling Tajam yang Pernah Ditangani Thomas TuchelKylian Mbappe (psgtalk.com)

Penyerang paling tajam yang pernah ditangani Thomas Tuchel adalah Kylian Mbappe. Pemain berkebangsaan Prancis itu tentu saja menjadi andalan Tuchel saat menangani Paris Saint-Germain. Mbappe sendiri merupakan salah satu rekrutan termahal Tuchel di PSG.

Namun, sebenarnya penyerang muda itu sudah menjadi bagian dari PSG semusim sebelumnya dengan status pinjaman dari AS Monaco. Kualitas Mbappe sebagai penyerang tak perlu diragukan lagi dengan gelontoran 83 gol selama dilatih Tuchel. Pemain 22 tahun itu dimainkan pelatih asal Jerman itu dalam 98 pertandingan di lima kompetisi yang berbeda.

2. Pierre-Emerick Aubameyang (79 Gol)

5 Penyerang Paling Tajam yang Pernah Ditangani Thomas TuchelPierre-Emerick Aubameyang (bundesliga.com)

Thomas Tuchel mulai dikenal publik saat menangani Borussia Dortmund. Ia menukangi Die Borussen selama dua musim, yakni musim 2015/2016 dan 2016/2017. Salah satu penyerang yang menjadi andalan Tuchel saat itu adalah Pierre-Emerick Aubameyang.

Di bawah asuhan pelatih Jerman itu, Aubameyang tampil garang hingga diboyong klub Premier League, Arsenal. Pemain asal Gabon itu sukses mencatatkan 79 gol selama ditangani Tuchel. Jumlah tersebut ia torehkan dari 95 pertandingan di enam kompetisi berbeda.

3. Neymar (51 Gol)

5 Penyerang Paling Tajam yang Pernah Ditangani Thomas TuchelNeymar (beinsports.com)

Thomas Tuchel cukup beruntung saat menangani Paris Saint-Germain. Bagaimana tidak, selain ada Kylian Mbappe, lini depan PSG juga diisi pemain-pemain berkualitas lainnya seperti Neymar. Pemain berkebangsaan Brasil itu sudah berseragam PSG semusim sebelum Tuchel datang.

Meskipun Neymar bukan pemain yang paling sering dimainkan Tuchel, ketajamannya sudah tak perlu diragukan lagi. Neymar sukses mencatatkan 51 gol selama ditangani pelatih asal Jerman itu. Padahal, ia hanya dimainkan Tuchel dalam 67 pertandingan di lima kompetisi berbeda.

Baca Juga: 8 Rekrutan Termahal Thomas Tuchel saat Menangani Paris Saint-Germain

4. Andre Schurrle (41 Gol)

5 Penyerang Paling Tajam yang Pernah Ditangani Thomas TuchelAndre Schurrle (goal.com)

Andre Schurrle merupakan pemain yang sangat diandalkan Thomas Tuchel. Pemain yang telah gantung sepatu pada Juli 2020 lalu itu sudah diandalkan Tuchel sejak menangani tim muda Mainz 05. Tak hanya diorbitkan ke tim senior, Schurrle juga dilatih Tuchel kembali saat berseragam Borussia Dortmund.

Selama kebersamaannya dengan pelatih asal Jerman itu, Schurrle sukses mencetak 41 gol. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap itu dimainkan Tuchel dalam 114 pertandingan di enam kompetisi berbeda. Meskipun baru berusia 30 tahun, ia sudah memutuskan pensiun.

5. Angel Di Maria (36 Gol)

5 Penyerang Paling Tajam yang Pernah Ditangani Thomas TuchelAngel Di Maria (goal.com)

Tak hanya Kylian Mbappe dan Neymar, Thomas Tuchel juga mengandalkan Angel Di Maria di lini depan Paris Saint-Germain. Bahkan, pemain Argentina itu menjadi pemain paling diandalkan Tuchel selama menangani PSG.

Selama di bawah asuhan Tuchel, pemain yang bergabung dengan PSG pada musim 2015/2016 itu dimainkan dalam 103 pertandingan di lima kompetisi berbeda. Tak mau kalah dengan pemain lainnya, pemain 32 tahun itu menorehkan 36 gol. Sebagai seorang penyerang sayap, Di Maria juga mencatatkan 49 assist.

 

Penyerang-penyerang itu menjadi bukti jika Thomas Tuchel bisa membuat lini serangnya lebih produktif. Saat ini, Tuchel memiliki tugas berat karena lini depan Chelsea kerap membuang peluang.

Baca Juga: Thomas Tuchel, Gelar Belum Tentu Selamatkan Anda di Chelsea!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya