6 Penyerang Top yang Pernah Berseragam Chelsea dan Atletico Madrid

Siapa yang paling bersinar bersama kedua klub tersebut?

Liga Champions musim 2020/2021 tengah memasuki babak 16 besar. Persaingan semakin ketat dengan banyaknya laga yang mempertemukan klub elite Eropa. Salah satu laga yang menarik adalah pertarungan Atletico Madrid dan Chelsea.

Kedua klub elite ini tentu saja tak mau kalah begitu saja dengan mengandalkan kekuatan di masing-masing klub. Namun, ternyata ada cerita menarik dari Atletico dan Chelsea. Dalam sejarah, ada beberapa pemain yang ternyata pernah membela kedua klub ini.

Bahkan, beberapa dari mereka banyak yang berposisi sebagai penyerang, lho. Meskipun saat ini sudah tidak ada yang membela kedua klub tersebut, namun laga ini menjadi kenangan tersendiri bagi mereka. Berikut daftar penyerang top yang pernah berseragam Atletico Madrid dan Chelsea.

Baca Juga: 4 Catatan Menarik dari Kemenangan Chelsea Atas Atletico Madrid 

1. Jimmy Floyd Hasselbaink

6 Penyerang Top yang Pernah Berseragam Chelsea dan Atletico Madridsportscroll.com

Salah satu penyerang top yang pernah berseragam Chelsea dan Atletico Madrid adalah Jimmy Floyd Hasselbaink. Pemain berkebangsaan Belanda ini memang cukup lekat dengan The Blues. Namun, ternyata Chelsea memboyong Hasselbaink dari Atletico Madrid. Tepatnya pada musim 1999/2000, ia berseragam Atletico setelah hengkang dari Leeds United.

Ia kembali ke Inggris pada musim berikutnya setelah diboyong The Blues. Bertahan selama empat musim di Stamford Bridge, Hasselbaink mencatatkan 177 pertandingan dengan torehan 88 gol dan 24 assist. Sementara itu, saat membela Los Rojiblancos, ia tampil dalam 45 pertandingan dengan catatan 33 gol dan 2 assist.

2. Mateja Kezman

6 Penyerang Top yang Pernah Berseragam Chelsea dan Atletico Madridbleacherreport.com/ALVARO BARRIENTOS/Associated Press

Setelah Jimmy Floyd Hasselbaink hengkang, Chelsea kemudian mengandalkan Mateja Kezman di lini depan. Penyerang berkebangsaan Serbia ini hanya bertahan satu musim di Stamford Bridge, tepatnya pada musim 2004/2005. Pada musim berikutnya, ia menjadi bagian Atletico Madrid dan juga hanya bertahan semusim.

Bersama Los Rojiblancos, Kezman mencatatkan 32 pertandingan dan menggelontorkan 9 gol. Sementara itu, saat berseragam The Blues, pemain yang gantung sepatu pada tahun 2012 ini mencetak 7 gol dan 2 assist dari 41 pertandingan.

3. Fernando Torres

6 Penyerang Top yang Pernah Berseragam Chelsea dan Atletico Madridgoal.com/Getty Images

Pemain ketiga juga merupakan penyerang yang berkebangsaan Spanyol, yakni Fernando Torres. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2019 ini merupakan pemain lulusan akademi Atletico Madrid. Ia sempat membela Liverpool sebelum direkrut Chelsea pada Januari 2011.

Torres gagal memuaskan Chelsea dan membuatnya dipinjamkan ke AC Milan pada musim 2014/2015. Akhirnya Torres kembali ke Atletico sejak Januari 2015. Torres membela Chelsea dalam 172 pertandingan dengan catatan 45 gol dan 35 assist. Sementara bersama Los Rojiblancos, ia tampil dalam 351 laga dengan torehan 121 gol dan 16 assist.

4. Diego Costa

6 Penyerang Top yang Pernah Berseragam Chelsea dan Atletico Madridpremierleague.com

Setelah Fernando Torres, berikutnya adalah Diego Costa yang bergabung dengan Chelsea pada musim 2014/2015 setelah hengkang dari Atletico Madrid. Penyerang berkebangsaan Spanyol ini bertahan cukup lama di Stamford Bridge hingga 2017/2018 dan kemudian kembali ke Atletico Desember 2020 lalu.

Sebenarnya, Costa telah menjadi bagian Los Rojiblancos sejak musim 2009/2010, namun dirinya kerap dipinjamkan ke tim lain. Bersama The Blues, pemain 32 tahun ini mencatatkan 120 laga dengan torehan 58 gol dan 24 assist. Sementara bersama Atletico, ia tampil dalam 213 laga dengan catatan 82 gol dan 36 assist.

5. Alvaro Morata

6 Penyerang Top yang Pernah Berseragam Chelsea dan Atletico Madridpremierleague.com

Berikutnya ada Alvaro Morata yang saat ini menjadi andalan Juventus. Penyerang yang juga berasal dari Spanyol ini direkrut Chelsea dari Real Madrid pada musim 2017/2018. Tampil kurang memuaskan membuatnya dipinjamkan ke Atletico Madrid pada Januari 2019.

Akhirnya, sejak awal musim 2020/2021, ia dibeli permanen oleh Atletico, namun justru dipinjamkan kembali ke Juve. Bersama The Blues, Morata tampil dalam 72 pertandingan dengan catatan 24 gol dan 6 assist. Sementara bersama Los Rojiblancos, penyerang 28 tahun ini tampil dalam 61 pertandingan dengan torehan 22 gol dan 5 assist.

6. Radamel Falcao

6 Penyerang Top yang Pernah Berseragam Chelsea dan Atletico Madridatleticodemadrid.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Radamel Falcao yang saat ini juga masih aktif bermain dengan membela Galatasaray. Penyerang berkebangsaan Kolombia ini bisa dibilang cukup sukses saat berseragam Atletico Madrid. Ia berseragam Atletico selama dua musim sejak 2011/2012. Sempat membela Manchester United dan AS Monaco, Falcao akhirnya berseragam Chelsea pada musim 2015/2016.

Namun, saat itu ia hanya berstatus pinjaman dari Monaco. Ia pun hanya membela The Blues dalam 12 pertandingan dengan catatan 1 gol. Sementara saat berseragam Los Rojiblancos, pemain 35 tahun itu menorehkan 70 gol dan 9 assist dari 91 pertandingan.

 

Itulah enam penyerang yang ternyata pernah berseragam Chelsea dan Atletico Madrid. Dari pemain-pemain tersebut, siapa yang paling sukses bersama kedua klub itu?

Baca Juga: Selebrasi Gol Borussia Dortmund Tanpa Pelukan, Falcao Merasa Aneh 

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya