Polemik Gio Reyna dan Pelatih Amerika Serikat, Gregg Berhalter

Reyna sempat akan dipulangkan dari Qatar

Amerika Serikat telah tersingkir dari ajang Piala Dunia 2022 Qatar. Padahal, The Yanks membawa beberapa pemain top mereka yang berlaga di Eropa. Di antaranya ada Weston McKennie, Gio Reyna, hingga Christian Pulisic.

Namun, tak semua pemain tersebut tampil menjanjikan di Qatar. Pelatih Amerika Serikat, Gregg Berhalter, tak bisa memaksimalkan para pemainnya tersebut. Justru, kabar mengejutkan datang setelah Amerika Serikat telah angkat koper.

Gio Reyna yang minim menit bermain ternyata memiliki perseteruan dengan sang pelatih, Berhalter. Terbaru, Gio Reyna memberikan pernyataannya melalui akun sosial media Instagram miliknya.

1. Gregg Berhalter sempat akan memulangkan Reyna

Polemik Gio Reyna dan Pelatih Amerika Serikat, Gregg BerhalterGregg Berhalter (fifa.com)

Dilansir ESPN, Gregg Berhalter sempat akan memulangkan Gio Reyna sebelum gelaran Piala Dunia 2022 Qatar. Hal tersebut tak terlepas dari sikap Reyna yang justru tak menunjukkan semangat dalam berlatih.

Dalam sebuah laga persahabatan melawan klub Qatar, Al Ghifara, Reyna dianggap hanya berlari tanpa memberikan kontribusi. Hal tersebut diungkapkan Berhalter dalam sebuah wawancara di New York. Dia menyebutkan bahwa skuadnya meliputi pemain yang gagal memenuhi harapan dalam sebuah tim dan itu merupakan sesuatu yang tidak ia inginkan.

Dia bahkan sempat berdiskusi dengan staffnya. Namun, akhirnya Berhalter memberikan kesempatan kepada pemainnya tersebut. Meski tak menyebutkan nama, ungkapan tersebut tertuju pada Reyna seperti yang dilaporkan The Athletic.

Baca Juga: 5 Pemain Andalan Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2022

2. Gio Reyna merespons melalui akun sosial medianya

Terkait berita yang beredar tentang dirinya, Gio Reyna pun memberikan pernyataan melalui akun Instagram miliknyanya. Dia menyebutkan sebenarnya tak ingin mengomentari terkait hal-hal yang terjadi di Piala Dunia. Namun, dia merasa perlu memberikan pernyataan. Dia menyebut sempat terpukul sebelum ajang ini digelar.

 “Tepat sebelum Piala Dunia, Pelatih Berhalter memberi tahu saya bahwa peran saya di turnamen akan sangat terbatas. Saya sangat terpukul. Saya adalah seseorang yang bermain dengan kebanggaan dan semangat. Sepak bola adalah hidup saya, dan saya percaya pada kemampuan saya. Saya sangat berharap dan sangat ingin berkontribusi pada permainan saat kami mencoba membuat kejutan di Piala Dunia."

Reyna juga mengakui hal tersebut sempat membuat mentalnya terganggu, khususnya saat berlatih.

“Saya juga orang yang sangat emosional, dan saya sepenuhnya mengakui bahwa saya membiarkan emosi menguasai diri saya dan memengaruhi latihan dan perilaku saya selama beberapa hari setelah mengetahui tentang peran saya yang terbatas. Saya meminta maaf kepada rekan tim dan pelatih saya untuk ini, dan saya diberitahu bahwa saya telah dimaafkan. Setelah itu, saya menepis kekecewaan saya dan memberikan semua yang saya miliki di dalam dan di luar lapangan."

Setelahnya, dia mengatakan bahwa sebenarnya kecewa dengan adanya polemik ini. Ia percaya jika masalah dalam tim harusnya tidak diumbar ke media.

3. Minim menit bermain dan kontribusi

Polemik Gio Reyna dan Pelatih Amerika Serikat, Gregg BerhalterGio Reyna (fifa.com)

Gio Reyna menjadi salah satu wonderkid dimiliki Amerika Serikat saat ini. Pemain 20 tahun itu digadang-gadang bisa berkontribusi besar untuk The Yanks di ajang empat tahunan tersebut. Namun, nyatanya Reyna memang mendapat peran yang terbatas.

Di fase grup, gelandang Borussia Dortmund itu hanya main dalam 7 menit saat melawan Inggris. Pada laga perdana melawan Wales, Berhalter sempat menyebut jika Reyna ada kendala kebugaran. Namun, hal itu langsung dibantah oleh sang pemain.

Pada babak 16 besar, Reyna sebenarnya mendapat kesempatan cukup banyak. Dalam pertandingan melawan Belanda, Reyna langsung diturunkan Berhalter saat babak kedua dimulai. Sayangnya, Reyna gagal berkontribusi banyak dan harus merasakan pahitnya tersingkir dari ajang Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terakhir Amerika Serikat di Piala Dunia, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya