5 Pemain Termahal yang Hijrah dari Klub Premier League ke Bundesliga

Leroy Sane teratas!

Gemerlap Premier League membuat tak sedikit pemain bermimpi bermain di kasta teratas liga Inggris tersebut. Namun ketatnya persaingan di Premier League membuat setiap pemain yang berlaga harus menunjukkan performa terbaiknya. Tak sedikit pemain yang gagal bersinar terdepak dari klub yang mereka bela. Beberapa dari mereka memutuskan hijrah dari Premier League dan bergabung dengan klub Bundesliga.

Meskipun menjadi salah satu liga top Eropa, persaingan Bundesliga tak terlalu ketat. Hal tersebut membuat beberapa pemain bisa tampil nyaman hingga permainannya berkembang. Terbaru ada Leroy Sane yang tinggalkan Manchester City dan bergabung dengan Bayern Munchen. Lalu siapa saja pemain termahal yang hijrah dari klub Premier League ke Bundesliga? Berikut ulasannya. 

1. Leroy Sane - 49 juta euro 

5 Pemain Termahal yang Hijrah dari Klub Premier League ke Bundesligatwitter.com/ChampionsLeague

Leroy Sane baru saja bergabung dengan Bayern Munchen setelah tinggalkan Manchester City. Kepindahannya tersebut membuatnya menjadi pemain termahal yang hijrah dari Premier League ke Bundesliga. Pemain Jerman tersebut baru akan bergabung dengan Munchen pada musm depan. The Citizens menjual penyerang sayap tersebut dengan harga 49 juta euro.

Pada musim 2016/2017, City merekrut Sane dari klub Bundesliga lainnya yaitu FC Schalke. Saat itu Sane baru berusia 20 tahun dan ditebus City dengan mahar 52 juta euro. Sane mencatatkan 135 penampilan dengan mencetak 39 gol dan 45 assist. Namun awal musim ini ia mengalami cedera parah dan membuatnya tersingkir dari skuat Pep Guardiola.

2. Andre Schurrle - 32 juta euro

5 Pemain Termahal yang Hijrah dari Klub Premier League ke Bundesligabeinsports.com

Sebelum Leroy Sane, Andre Schurrle juga sempat menjadi pemain termahal yang pindah dari Premier League ke Bundesliga. Pada musim 2015/2016, pemain Jerman tersebut dijual Chelsea ke Wolfsburg. Saat itu Schurrle baru berusia 24 tahun dan dilepas Chelsea dengan harga 32 juta euro. Kepindahannya tersebut tak terlepas dari penampilannya yang kurang memuaskan saat membela The Blues.

Schurrle bergabung dengan Chelsea pada musim 2013/2014 dari Bayer Leverkusen dengan harga 22 juta euro. Ia hanya bertahan dua musim bersama Chelsea dan mencatatkan 65 penampilan. Diharapkan mampu tampil apik, Schurrle yang berposisi sebagai penyerang sayap hanya mampu mengoleksi 14 gol dan 3 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Debut di Bundesliga Musim Ini, Penuh Talenta!

3. Kevin De Bruyne - 22 juta euro 

5 Pemain Termahal yang Hijrah dari Klub Premier League ke Bundesligabundesliga.com

Pemain lainnya yang dijual Chelsea ke Bundesliga adalah Kevin De Bruyne. Sama seperti Schurrle, De Bruyne juga dijual ke Wolfsburg, tepatnya pada Januari 2014. Saat itu pemain Belgia tersebut masih berusia 22 tahun dan ditebus Wolfsburg dengan harga 22 juta euro. Karier De Bruyne bersama Chelsea tak berjalan mulus sejak ia bergabung pada Januari 2012. De Bruyne dibeli The Blues dari KRC Genk dengan harga 8 juta euro.

Sebelum dijual, De Bruyne harus dipinjamkan ke dua tim berbeda yaitu KRC Genk dan Werder Bremen. Selama menjadi bagian Chelsea, De Bruyne tampil dalam 9 pertandingan dan hanya catatkan 1 assist. Namun kini, De Bruyne menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia setelah kembali ke Premier League dan bergabung dengan Manchester City.

4. Nabil Bentaleb - 19 juta euro

5 Pemain Termahal yang Hijrah dari Klub Premier League ke Bundesligagoal.com

Pemain berikutnya ada Nabil Bentaleb yang hijrah dari Premier League ke Bundesliga pada musim 2016/2017. Namun di musim pertamanya ia berstatus pinjaman dari Tottenham. Bentaleb baru resmi dipermanenkan FC Schalke pada musim 2017/2018. Untuk mengikat kontrak permanen Bentaleb, Schalke harus mengeluarkan dana sebesar 19 juta euro.

Pemain Aljazair tersebut merupakan lulusan akademi Spurs. Ia promosi ke skuat utama Spurs pada musim 2014/2015. Selama berseragam Tottenham, Bentaleb tampil dalam 66 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai gelandang tengah, ia hanya menciptakan 1 gol dan 6 assist. Saat ini Bentaleb kembali ke Premier League bersama Newcastle United dengan status pinjaman dari Schalke.

5. Ademola Lookman - 18 juta euro 

5 Pemain Termahal yang Hijrah dari Klub Premier League ke Bundesligabundesliga.com

Pada awal musim 2019/2020, Everton melepas salah satu pemainnya ke Bundesliga. Pemain tersebut yaitu Ademola Lookman yang berkebangsaan Inggris. Ademola dijual Everton ke RB Leipzig dengan harga mencapai 18 juta euro. Sebelum menjualnya, Everton merekrut penyerang sayap tersebut dari Charlton Athletic pada Januari 2017 dengan harga 8,8 juta euro.

Satu tahun di Everton, Ademola dipinjamkan ke Leipzig pada Januari 2018 hingga Juni 2018. Pemain yang kini berusia 22 tahun tersebut membela Everton hanya dalam 48 pertandingan di semua kompetisi. Ademola 4 gol dan 2 assist dari penampilannya tersebut. Pernah menjadi bagian timnas muda Inggris, Ademola belum mampu bersaing di Premier League.

Bundesliga tampaknya menjadi tempat yang cocok bagi pemain yang gagal bersaing di Premier League untuk mengembangkan performanya. Apakah Leroy Sane akan kembali ke Premier League suatu saat nanti?

Baca Juga: 9 Fakta Para Pencetak Gol Terbanyak Bundesliga Musim Ini

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya