10 Pemain Liga Top Eropa yang Berlabel 'Raja Penalti' Sejak Tahun 2000

Messi atau Ronaldo yang terbanyak?

Penalti bukan hanya perkara satu lawan satu dengan kiper lawan. Dalam mengeksekusi penalti dibutuhkan ketenangan dan mental yang kuat. Tak sedikit pemain yang cukup kecewa ketika gagal melakukan tendangan penalti.

Namun ada juga beberapa pemain yang dikenal sebagai "Raja Penalti". Pemain-pemain tersebut pun menjadi andalan tim yang dibelanya jika mendapat tendangan penalti. Lantas siapa saja pemain liga top Eropa yang berlabel "Raja Penalti" sejak tahun 2000? Berikut ulasannya.

10. Eden Hazard - 52 gol penalti

10 Pemain Liga Top Eropa yang Berlabel 'Raja Penalti' Sejak Tahun 2000skysports.com

Eden Hazard merupakan pemain yang kini membela Real Madrid. Penyerang asal Belgia ini tak hanya jago dalam mencetak gol melalui open play, namun juga menjadi eksekutor penalti cukup baik. Pemain 29 tahun ini mengawali karier di liga top Eropa bersama bersama Lille kemudian hijrah ke Chelsea. Hingga kini Hazard telah mencetak 52 gol penalti di semua kompetisi bersama ketiga klub tersebut.

9. Alessandro Del Piero - 52 gol penalti

10 Pemain Liga Top Eropa yang Berlabel 'Raja Penalti' Sejak Tahun 2000skysports.com

Alessandro Del Piero merupakan salah satu legenda Juventus. Pemain asal Italia ini cukup lama menjadi bagian Si Nyonya Tua. Juve menjadi satu-satunya tim top Eropa yang dibela Del Piero tepatnya sejak musim 1993/1994 hingga 2011/2012. Sejak tahun 2000, pemain yang pensiun pada tahun 2015 ini telah mencetak 52 gol penalti di semua kompetisi. 

8. Ronaldinho - 55 gol penalti

10 Pemain Liga Top Eropa yang Berlabel 'Raja Penalti' Sejak Tahun 2000sempremilan.com

Ronaldinho menjadi pemain Brasil yang malang melintang bersama tim elite Eropa. Selama berkarier di liga top Eropa, Ronaldinho membela Paris Saint-Germain, Barcelona dan AC Milan. Tak hanya memiliki skill olah bola mumpuni, ia juga dikenal sebagai penendang penalti yang andal. Sejak tahun 2000, Ronaldinho sukses menorehkan 55 gol melalui titik putih di semua kompetisi.

7. Edinson Cavani - 59 gol penalti

10 Pemain Liga Top Eropa yang Berlabel 'Raja Penalti' Sejak Tahun 2000calciomercato.it

Edinson Cavani merupakan penyerang asal Uruguay yang dikenal cukup tajam dalam mencetak gol. Selama berkarier di Eropa sejak tahun 2006, Cavani telah membela beberapa klub seperti Palermo, Napoli, Paris Saint-Germain dan kini berseragam Manchester United. Dari banyaknya gol yang ia cetak di semua kompetisi, 59 gol di antaranya dicetak melalui titik putih. 

6. Robert Lewandowski - 60 gol penalti

10 Pemain Liga Top Eropa yang Berlabel 'Raja Penalti' Sejak Tahun 2000bundesliga.com

Robert Lewandowski juga merupakan salah satu striker elite Eropa yang kini membela Bayern Munchen. Penyerang asal Polandia ini juga pernah membela Borussia Dortmund. Selama membela kedua klub Jerman tersebut, Lewandowski menjadi andalan dalam mengambil tendangan penalti. Lewandowski telah mengoleksi 60 gol dari titik putih di semua kompetisi. 

Baca Juga: 5 Pemain Berlabel "Raja Penalti" di Liga Champions, CR7 atau Messi?

5. Frank Lampard - 67 gol penalti

10 Pemain Liga Top Eropa yang Berlabel 'Raja Penalti' Sejak Tahun 2000thesefootballtimes.co

Frank Lampard merupakan sosok legenda yang dimiliki Chelsea. Pria yang kini menjadi pelatih The Blues ini membela Chelsea sejak 2001/2002 hingga musim 2013/2014. Selain Chelsea, klub Eropa lain yang dibela Lampard sejak tahun 2000 yaitu West Ham United dan Manchester City. Bersama ketiga tim tersebut, gelandang asal Inggris ini mencatatkan 67 gol penalti di semua kompetisi. 

4. Zlatan Ibrahimovic - 76 gol penalti

10 Pemain Liga Top Eropa yang Berlabel 'Raja Penalti' Sejak Tahun 2000skysports.com

Zlatan Ibrahimovic telah membela beberapa klub elite Eropa sepanjang kariernya. Pemain yang saat ini membela AC Milan tersebut juga pernah membela Juventus, Inter Milan, Barcelona, Paris Saint-Germain dan Manchester United. Dari banyaknya tim yang ia bela tersebut, Ibra juga kerap diandalkan dalam mengeksekusi penalti. Pemain asal Swedia ini telah mencetak 76 gol dari titik putih. 

3. Francesco Totti - 80 gol penalti

10 Pemain Liga Top Eropa yang Berlabel 'Raja Penalti' Sejak Tahun 2000goal.com

Sama seperti Lionel Messi, Francesco Totti juga merupakan pemain yang cukup setia bersama satu klub yakni AS Roma. Bahkan gelandang Italia ini tak pernah pindah tim hingga akhir kariernya pada tahun 2017. Memiliki jiwa kepemimpinan dan kematangan yang cukup baik, tak mengherankan jika Totti jadi andalan Roma dalam mengeksekusi penalti. Sejak tahun 2000, Totti sukses mencetak 80 gol penalti di semua kompetisi.

2. Lionel Messi - 99 gol penalti

10 Pemain Liga Top Eropa yang Berlabel 'Raja Penalti' Sejak Tahun 2000beinsports.com

Lionel Messi menjadi pemain yang hanya membela Barcelona sepanjang kariernya hingga saat ini. Pemain asal Argentina ini dikenal sebagai pemain yang memiliki skill olah bola cukup baik. Selain itu ketenangan yang dimiliki juga membuat Messi dipercaya sebagai seorang penendang penalti El Barca. Meskipun tak semuanya berhasil, Messi telah mencetak 99 gol dari titik putih di semua. 

1. Cristiano Ronaldo - 135 gol penalti

10 Pemain Liga Top Eropa yang Berlabel 'Raja Penalti' Sejak Tahun 2000calciomercato.com

Pemain liga top Eropa yang berlabel "Raja Penalti" mungkin sudah bisa ditebak. Siapa lagi kalau bukan Cristiano Ronaldo yang dikenal sebagai penendang penalti andal. Pemain asal Portugal ini trlah membela beberapa klub elite Eropa seperti Manchester United, Real Madrid dan saat ini Juventus. Hingga saat ini, CR7 telah mengoleksi 135 gol dari titik putih di semua kompetisi.

Penalti tidak selamanya merupakan hadiah dari wasit. Namun sebenarnya penalti merupakan hukuman bagi tim yang melakukan pelanggaran di kotak penalti sesuai law of the game. Jumlah tersebut termasuk saat adu penalti ya. Siapa pemain jagoanmu dalam menendang penalti?

Baca Juga: 5 Pemain Top dengan Torehan Gol Penalti Terbanyak di Premier League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya